Gambar Elang, Info Burung Elang Botak dan Faktanya

Elang botak dengan bulu salju dikepalanya dan ekor berwarna putih, adalah simbol burung kebanggaan nasional Amerika Serikat. Tetapi sayangnya burung elang jenis ini hampir musnah di sana. Untuk beberapa dekade, elang botak diburu dengan tujuan untuk olahraga dan untuk "perlindungan" daerah nelayan yang merasa dirugikan oleh keberadaan burung ini. Pestisida seperti DDT juga berperan mendatangkan malapetaka pada elang dan burung lainnya. Bahan kimia ini terkandung pada ikan, yang merupakan makanan sebagian besar elang. Bahan kimia ini membuat kulit telur burung jadi rapuh dan membuat kemampuan untuk bereproduksi burung elang sangat terbatas. Sejak penggunaan DDT telah dibatasi pada tahun 1972 dan dibantu oleh program reintroduksi membuat angka penyelamatan elang telah meningkat secara signifikan. Hasilnya adalah kesuksesan burung-burung satwa liar yang terancam punah dapat diselamatkan.
 
gambar_foto_elang_botak
Meskipun jumlah elang telah berkembang di banyak daerah, elang botak yang paling melimpah tetap di Alaska dan Kanada. Burung-burung pemangsa yang kuat ini menggunakan cakar mereka untuk mendapatkan ikan, tetapi banyak burung elang yang mendapatkan makanan mereka dengan mengkonsumsi bangkai atau mencuri makanan dari binatang pembunuh lainnya. Elang Botak tinggal di dekat pantai air dan danau di mana terdapat ikan yang berlimpah, Burung Elang juga menjerat dan makan mamalia kecil.

Elang botak diyakini meiliki pola perkawinan seumur hidup. Sepasang elang membangun sebuah sarang besar-salah satu burung terbesar di dunia-tinggi di atas tanah dan cenderung menghasilkan sepasang telur setiap tahun. Anak Elang tidak memiliki tanda putih yang khas sehingga membuat orang tua mereka mudah untuk mengidentifikasi. Elang muda mampu berkeliaran jarak yang jauh. Hal ini ditunjukan oleh Burung Elang Florida yang telah terlihat di Michigan, dan Elang California sudah melakukan perjalanan hingga ke Alaska.

Fakta Elang Botak
  • Jenis: Burung
  • Makanan: Karnivor
  • Rentang hidup rata-rata di alam bebas: Sampai 28 tahun
  • Ukuran: Tubuh, 34 sampai 43 (86-109 cm); Lebar sayap, 6 sampai 8 kaki (1,8 sampai 2,4 m)
  • Berat: 6,5-14 lbs (3-6,5 kg)
  • Tahukah Anda? Sarang elang botak terbesar pada catatan adalah 9,5 kaki (3 m) dan lebar 20 ft (6 m) tinggi. Beratnya lebih dari dua ton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar