Pemantau Wilayah menggunakan Telepon Selular

Diawali dengan kondisi sekitar lumpur lapindo yang sering menyebabkan jalan raya macet. Setiap menuju Probolinggo, Malang, Jember atau daerah yang melalui sekitar lapindo terjadi kemacetan. Tiga anak bangsa yang sedang kuliah di ITS yang bernama Muhammad Rizky Ramadhan, Arya Nugraha Nawing, dan Mohammad Masbuchin menciptakan software untuk mengatasi masalah ini.



Aplikasi buatan Rizki dan kawan-kawan itu menjadi juara dalam kompetisi IBM Great Mind Challenge pertengahan mei lalu. Lomba membuat peranti lunak ini diikuti 126 mahasiswa dari 12 perguruan tinggi di Indonesia. (Tempo, edisi 2-8 Juni 2008). Infonya software ini akan diikutkan dalam ajang internasional di India bulan depan.

Salut buat Rizky dan team. Mereka telah memberikan sumbangan untuk perkembangan IT (Information Technologi) di Indonesia. Jerih payah selama dua minggu untuk menghasilkan aplikasi ini luar biasa bermanfaat bagi masyarakat.

Pengoperasian aplikasi ini menggunakan telepon selular. Bagi Anda yang berminat diijikan untuk mendownload aplikasi ini di http://www.Sacred-Warrior.com, sangat disayangkan selama saya mencoba mengunjungi web ini selalu error. Apa sedang di update atau bagaimana saya juga tidak tahu. Yang jelas alamat ini saya tukis berdasarkan sumber, majalah Tempo edisi 2-8 Juni 2008.

Kegunaan aplikasi ini adalah untuk memberikan informasi kepada para pemakai jalan agar menghindari kawasan macet dan disarankan melalui jalan alternatif. Selain itu pemakai juga mendapat berita terbaru, misalnya debit Lumpur Lapindo.

Aplikasi ini memberikan informasi secara utuh selama kontributor (polisi,tentara, petugas Lapindo, LSM, sukarelawan) secara aktif memberi input. Alat ini kurang bermanfaat apabila kontributor tidak dapat memberikan input terbaru.

Software ini masih dalam tahap penyempurnaan. Dirancang secara Open Source sehingga bagi anak bangsa yang menggeluti dunia programming tentu dapat mengembangkan aplikasi ini untuk tujuan positif. Rencananya akna ditambahkan fitur GPS, tayangan Video.

Berikut Langkah-langkah memasang aplikasi ini

  1. Tersedianya aplikasi Java MIDP 2.0 pada telepon selular Anda, dan GPRS harus sudah aktif.
  2. Download aplikasi dari www.sacred-warrior.com ke ponsel. Gratis versi beta
  3. Ada 2 jenis aplikasi yang dapat didownload, untuk pengguna dan untuk kontributor.
  4. Pasang /instal aplikasi pada posel
  5. Pilih menu sesuai kebutuhan Anda. Sebagai pengguna atau sebagai kontibutor
  6. Kotributor memberikan data terbaru
Aplikasi sudah dicoba menggunakan ponsel Nokia dan Sony Ericsson.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar