Efek Makan Buah Kurma dan Minum Jus Kurma

Saat berbuka puasa enaknya minum yang segar-segar bukan? Minum kolak, es buah, jus buaah, dan makan buah kurma adalah menu yang cocok untuk berbuka puasa. Tapi jika kamu berasa ingin makan buah kurma dan mencoba minum jus kurma, sebaiknya kamu perlu tengok 8 hal penting berikut sebelum meminumnya.

 

Gambar_kurma_2012
Gambar Kurma
Gambar_buah_kurma_2012
Gambar Buah Kurma

  1. Kurma Merupakan Sumber Energi : Dalam buah kurma terkandung gula alami glukosa, sukrosa, dan fruktosa tinggi yang dapat meningkatkan energi. Untuk itu, kurma sangat bagus dikonsumsi saat berbuka puasa karena dapat menggantikan kalori kita yang berkurang sesudah puasa. Kurma juga kaya akan mineral dan mengandung fitonutriwn, zat yang berkhasiat meningkatkan stamina dalam tubuh. 
  2. Kurma dapat Mencegah Anemia : Kurma kering mengandung zat besi yang tinggi sehingga membantu meningkatkan kadar hemoglobin dan mencegah anemia. Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Zat besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah. 
  3. Kurma dapat Mencegah Kanker Usus Besar : Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar. Kurma yang berserat tinggi juga mampu mencegah terjadinya kanker usus besar. 
  4. Kurma dapat Mengatasi Masalah Sembelit : Sebagai makanan laksatif (laxative food), kurma bermanfaat melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi. Kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu membersihkan usus besar dan melancarkan pencernaan. 
  5. Kurma Dapat Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke : Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.Selain itu, kurma juga mengandung mineral potasium 260 persen lebih tinggi daripada jeruk dan 64 persen lebih tinggi dibanding pisang. Dalam terapi hipertensi, kurma membuat dinding pembuluh darah tetap elastis serta mengikat karbon dioksida dalam darah. Kaum Arab Badui, yang makan kurma secara teratur, menunjukkan tingkat kejadian yang sangat rendah dari kanker dan penyakit jantung. 
  6. Kurma Dapat Mencegah Kanker Paru-paru dan Kanker Rongga Mulut : Kurma kaya akan zat antioksidan flavonoid sepeti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin. Zat-zat antioksidan ini memiliki kemampuan melindungi sel-sel tubuh terhadap radikal bebas sehingga melindungi tubuh terhadapn kanker paru-paru dan rongga mulut. Kurma juga merupakan sumber vitamin A yang diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut. 
  7. Kurma Dapat Menjaga Kesehatan Mata : Kurma mengandung Vitamin A yang diketahui memiliki sifat antioksidan dan merupakan mikronutrien yang penting bagi kesehatan mata. Kurma juga mengandung zeaxanthin yang penting untuk kesehatan mata dan melindungi mata terhadap degenerasi makula. 
  8. Kurma Dapat Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang : Kurma kaya akan kalsium dan mineral penting lainnya seperti magnesium, fosfor, kalium, tembaga, mangan, dan selenium yang berkhasiat dalam pembentukan tulang serta sendi. Kurma juga mengandung flour yang memperlambat proses kerusakan gigi. Fluor juga diketahui mencegah pembentukan plak gigi karena memperkuat enamel gigi. Enamel gigi terdiri dari hidroksiapatit (hydoxyapatite), yang jika kontak dengan fluor membentuk hidroksifluorapatit (hydroxyfluorapatite) yang tahan terhadap kerusakan gigi. Fluor tidak dapat mengembalikan kerusakan gigi, namun dapat mencegah kerusakan gigi lebih lanjut.

Sekarang kamu sudah tahu kan efek baik atau khasiat buah kurma? Jadi gak usah berlama-lama, ambil buah kurma yang kamu miliki, atau jika belum ada segera beli lalu coba tips membuat jus kurma berikut ini:

Gambar_Jus_kurma
Gambar Jus Kurma
Bahan dan Resep Jus Kurma
  • 100 g pepaya
  • 100 g apel
  • 100 g nanas
  • 2 sdm jeruk nipis
  • 2 sdm selai Kurma Mariza
  • 200 g es batu
Cara membuat jus Kurma
  • Campurlah pepaya, apel, nanas, jeruk nipis, selai Kurma Mariza dan es batu
  • Semua bahan dimasukkan kedalam juicer.
  • Minumlah sebelum makan pagi

9 komentar:

  1. wah ternayata kurma mengandung banyak manfaat .

    BalasHapus
  2. wah ane juga belum nyoba nih jus kurma .

    BalasHapus
  3. waaaaaaahhhh,., enak tu kayanya gan,.,.

    BalasHapus
  4. haus setelh berbuka puasa kayanya sger juga tu minum jus yang sger",., hehehehehe,.,.,.

    BalasHapus
  5. makanan org islaam yg paling sehat krn itu semua seizin Allah swt

    BalasHapus
  6. Wah hebat sekali ya ......saya sebenarnya sdh sangat yakin sekali, kalau begitu saya mau jualan jus kurmalah

    BalasHapus
  7. Halo saudara2 saya sdh siapkan jus kurma bagi yg minat segera hubungi kami atau datang langsung ke alamat kami depan Lap Merdeka Bangkinang Kab Kampar Riau.

    BalasHapus