White Hat SEO Versus Black Hat SEO

Teknik SEO dapat diklasifikasikan ke dalam dua jenis:
  1. White Hat SEO : Teknik ini di rekomendasikan oleh mesin pencari sebagai bagian dari desain yang baik.White Hat merupakan pahlawan atau orang yang baik. Dalam komputasi, merujuk kepada sebuah etika hacker yang berfokus pada pengamanan dan melindungi sistem TI. Jadi white hat selalu berusaha mengoptimalkan situsnya sesuai dengan aturan.
  2. Black Hat SEO : Orang-orang yang menggunakan teknik ini sangat tidak disetujui oleh mesin pencari. Black hat adalah penjahat atau bad guy. Seperti dalam sebuah film barat, Mereka memakai topi hitam kontras dengan pahlawan dari topi putih. Dalam komputasi, merujuk kepada hacker yang menghentikan jaringan atau merusak komputer, atau membuat virus komputer. Jadi black hat berusaha mengoptimalakan situsnya dengan cara curang.
Search engine mencoba untuk meminimalkan dampak black hat,
salah satu cara di antaranya adalah spamdexing yaitu mencari spam yang disebar oleh black hat. Metoda yang digunakan perusahaan mesin pencari adalah mengklasifikasikan komentar dengan mempekerjakan praktisi ahli.

Ada perbedaan yang perlu diketahui dalam optimasi situs di mesin pencari. White hat SEO cenderung memerlukan waktu lebih lama daripada black hat SEO.Namun black hat SEO mengoptimasi situs di mesin pencari dengan cara yang mereka gunakan akhirnya akan dilarang, baik sementara atau selamanya setelah search engine menemukan apa yang mereka lakukan.

Teknik SEO yang dianggap white hat adalah jika optimasi yang mereka gunakan di mesin pencari tidak melibatkan penipuan. White hat SEO memastikan bahwa konten situs sama dengan indeks mesin pencari. White hat biasanya ikut menciptakan konten untuk pengguna, bukan untuk mesin pencari, dan kemudian membuat konten yang dapat diakses dengan mudah ke spider, daripada mencoba untuk mengelabui dengan algoritma dari tujuan. White hat SEO mirip dengan web yang mempromosikan pembangunan aksesibilitas, meskipun keduanya tidak identik.

Black hat SEO adalah upaya untuk meningkatkan peringkat (pagerank) dengan cara yang ditolak oleh search engine, karena melibatkan kecurangan. Salah satu contoh black hat SEO adalah menggunakan teknik teks yang tersembunyi, sebagai teks berwarna mirip dengan latar belakang sehingga tidak terlihat oleh pengunjung namun nampak di mesin pencari. teknik ini disebut sebagai teknik cloaking.

Suatu saat pasti mesin pencari akan menemukan situs mereka yang menggunakan metode black hat. Hukuman yang diberikan oleh perusahaan mesin pencari adalah dengan mengurangi atau menghilangkan peringkat (pagerank) mereka dari daftar database. Hukuman seperti itu dapat diterapkan baik secara otomatis oleh mesin pencari 'algoritma, atau secara manual saat situs mereka diperiksa.

13 komentar:

  1. kalo awalnya hitam, terus di bersihkan jadi putih, boleh to mas?

    BalasHapus
  2. Kalo menurut mas blog sy white ato black?? hehehe.. salam kenal mas

    BalasHapus
  3. wah..tks ya mas..info mengenai black magicnya..eh salah..black hat SEO-nya..bermanfaat nih..

    BalasHapus
  4. Gabung sekarang juga di KitaBlogger.com komunitas blogger indonesia ^_^

    BalasHapus
  5. Mantab om penjelasannya jadi makin paham ttg SEO.. :)

    Oya, dari semalem kok blognya gk bisa diakses yah.. apa koneksi saya yang lemot?

    BalasHapus
  6. Yah memang benar Om Benny, kemarin malam load blog aku sangat lambat. Setelah saya telusuri ternyata Adsensecamp kemarin lagi bermasalah. Karena saya memasang iklan Adsensecamp maka saat blog gambarhidup dibuka jadi ikut bermasalah.

    Kemarin saat blog terbuka penuh, iklan Adsensecamp nya selalu gak muncul. Setelah iklan Adsensecamp saya hapus sementara, load blog sudah normal kembali.

    Jadi yang menyebabkan load lama bukan dari saya deh, tetapi pihak ketiga (Adsensecamp).

    BalasHapus
  7. hehehe semakin keren nih om dan tante

    BalasHapus
  8. wah bingung ngebedainnya om

    BalasHapus
  9. white hat baik, black hat buruk..!!, adakah yang benar-benar baik. adakah yang benar-benar buruk..
    entahlah..??

    BalasHapus
  10. wah,,tips2nya jitu bgt nih,,
    makasih ya mas udah sharing ke kita2,,

    BalasHapus
  11. mampir sekalian baca"...
    :)

    BalasHapus
  12. Thanks ya MAS... Info yang aneh tapi oke banget :)

    BalasHapus