Beberapa Pertanyaan Penting Tentang Flu Babi 2009

Dengan begitu banyak berita yang kita dengar melalui televisi, koran, majalah, dan media lainnya tentang flu babi, atau juga yang sering disebut dengan istilah virus H1N1. Maka sangat bijaksana jika kita dapat mengetahui apakah flu babi itu. Mengetahui secara gamblang tentang flu babi dapat memberikan harapan agar kita tetap hidup sehat, selain itu kita juga dapat melindungi diri sendiri dan orang-orang terkasih terhadap flu babi. Oleh karena itu, ayo kita manfaatkan pengetahuan yang ada ini untuk mengurangi rasa takut terhadap flu babi.

Flu babi merupakan virus yang seharusnya dialami oleh babi. Namun yang menarik pada tahun 2009 tentang flu babi adalah virus H1N1, yang dapat di derita manusia. Virus flu babi ini pertama kali diidentifikasi di tahun 1930. Sekarang virus H1N1 juga dapat menyebabkan penyakit pada manusia, dengan potensi mencapai tingkat pandemi.

Apa arti flu babi atau H1N1?

Secara resmi, ini adalah nama ilmiah untuk flu babi, virus ini adalah klasifikasi serologic, yaitu H1N1 influenza A. H berarti hemagglutinin dan N berarti neuraminidase dan
1s merujuk pada jenis antibodi. Influenza A adalah genus dari keluarga virus Orthomyxoviridae, dan merujuk pada kenyataan bahwa virus ini pertama kali diidentifikasi hanya untuk hewan, biasanya babi atau burung. Ketika virus flu babi dan virus flu burung digabungkan (bermutasi), virus ini merupakan virus flu babi yang sedang trend di tahun 2009.

Mengapa flu babi ini berbeda dari flu-flu lainnya?

Ada ribuan berbagai jenis virus yang dapat menyebabkan flu. Jenis flu baru seringkali merupakan pengembangan dari masing-masing flu sebelumnya. Flu musiman sebenarnya terdiri dari berbagai jenis flu yang berbeda. Sedangkan flu babi H1N1, adalah jenis flu yang berbeda, seperti penjelasan di atas.

Apakah yang perlu kita ketahui tentang tahap-tahap flu babi?

Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, sedang mengembangkan rencana untuk mengatasi bahaya kesehatan, seperti flu babi, yang memiliki potensi untuk menjadi pandemi. Setiap tahap menjelaskan tingkat respon yang berbeda. Misalnya, Tahap 4 berarti penyakit ini tak hanya di alami oleh negara tertentu, oleh karena itu pemerintah harus mengambil langkah-langkah untuk menangani penyebaran penyakit ini. Tahapan 5-6 akan menunjukkan bahwa flu babi telah menjadi pandemi. Agar dapat mengikuti perkembangan virus flu babi H1N1, Kita dapat mengikuti informasi yang di berikan oleh WHO tentang flu babi, agar kita selalu mengetahui perubahan dan pembaruan.

Bagaimana cara flu babi ditularkan?

Flu babi ditularkan hanya dengan cara - kontak secara langsung dengan babi yang terinfeksi atau kontak orang-ke-orang, atau dengan menyentuh sesuatu yang telah terkena virus flu babi H1N1, atau dari tetesan di udara yang berasal dari bersin atau batuk orang yang memiliki flu babi.

Apakah gejala-gejala flu babi?

Gejala flu babi hampir sama dengan gejala flu biasa. Gejala yang dialami antara lain demam, batuk, sakit tenggorokan, nyeri tubuh, sakit kepala, kelelahan. Beberapa pasien melaporkan gejala diare dan muntah-muntah.

2 komentar: