Cara Mendapatkan Pengunjung Blog dan Cara Meningkatkan Minat Pembaca

cara_blogger_suksesMungkin sudah banyak blogger yang telah menulis topik mengenai bagaimana mendapatkan pengunjung blog. Berbagai tips dan trik mendapatkan pengunjung telah Anda coba, dan hasilnya memang cukup memuaskan. Dalam dunia blogging ada banyak cara mendatangkan pengunjung blog. Ada yang melalui optimasi search engine, pasang iklan di situs/web yang mempunyai traffic pengunjung tinggi, blogwalking, bookmarking, gabung komunitas sosial-friendster, facebook, twitter-, atau mempublikasikan blog di layanan iklan gratis. Apabila kita sudah mendapatkan pengunjung, lalu pengunjung itu segera berlalu meninggalkan blog kita, tentunya dalam hati kita akan muncul perasaan tidak puas. Nah, pada postingan kali ini, saya mencoba memberikan sedikit catatan kecil yang mungkin dapat bermanfaat bagi kemajuan blogger.

Mungkin sepertinya agak terasa aneh untuk menulis tentang topik ini - tetapi kenyataannya adalah bahwa semua blog, apakah mereka yang sudah berhasil atau belum, mulai kehilangan pembaca dari waktu ke waktu. Pengunjung blog Anda mungkin masih banyak, tetapi apakah pengunjung blog Anda tertarik membaca artikel Anda.

Sepertinya, artikel-artikel blogger sudah tidak dapat dipercaya lagi, kualitas blog berkurang akibat banyak bermunculan blogger plagiator-yang hanya copy paste artikel atau berita lain, atau memang blogger sekarang hanya mampu memberikan artikel sampah/spam.

Mendapatkan pengunjung tetapi kehilangan pembaca dapat saya kategorikan sebagai blogger gagal.

Jika Anda berminat menjadi blogger sukses, yaitu blog yang mempunyai pengunjung banyak dan pembaca setia, bagaimanakah caranya? Cobalah sempatkan sebentar berkunjung ke blognya kang rohman di www.kolom-tutorial.blogspot.com, www.bayumukti.com, dan www.o-om.com. Mereka adalah orang-orang yang saya anggap sukses dan mempunyai integritas tinggi dalam dunia blogging.

Lalu bagaimanakah cara agar kita tidak lagi dikategorikan sebagai blog yang gagal. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui, sehingga Anda dapat meningkatkan kualitas artikel yang banyak diminati pembaca.
1. Beberapa pembaca meninggalkan blog Anda karena mereka tidak lagi memiliki kepentingan dalam topik yang Anda bahas
2. Beberapa pembaca meninggalkan blog Anda karena mereka sudah tidak mempunyai waktu untuk membaca artikel yang terlalu banyak basa-basi
3. Beberapa pembaca meninggalkan blog Anda karena topik telah berkembang, dan Anda tidak memberikannya

Dalam artikel ini pula, saya mencoba memberikan sedikit pengetahuan yang saya peroleh untuk meningkatkan jumlah pembaca blog Anda. Tips ini merupakan sedikit pengalaman yang perlu saya bagikan.

Tips untuk meningkatkan pembaca blog Anda:

1. Memperhatikan komentar pembaca - jika secara konsisten Anda mendapatkan komentar negatif tentang blog Anda, ini adalah pertanda yang baik untuk memperbaiki kualitas topik yang sedang Anda bahas
2. Memasukan topik yang Anda bahas ke dalam twitter/sosial media - ini bertujuan untuk memberitahu follower agar mengetahui apa yang sedang Anda bahas di blog, dan mendapat respon dari orang lain tentang Anda
3. Meminta pendapat blogger lain, melalui chat widget atau YM untuk mengetahui kualitas blog Anda
4. Memberikan data pengunjung dan penggemar blog- misal, Anda adalah pengunjung ke, menampilkan jumlah pelanggan RSS, menampilkan follower blog, twitter, mybloglog, ataupun facebook.
5. Gabung dengan komunitas Blog - saya mempunyai sekelompok kecil rekan blogger yang kadang-kadang akan saya email untuk meminta pendapat tentang blog saya - kadang-kadang saya meminta kritikan dari mereka
6. Survei pembaca - menjalankan sebuah survei pembaca juga dapat mempertajam kepekaan kita dalam memberikan artikel berkualitas.

Semoga dapat dimanfaatkan!

gambar diambil dari: http://astaqauliyah.com/wp-content/uploads/2008/11/blogger1.jpg

10 komentar:

  1. Nice posting, bisa di coba ni.. ;)

    BalasHapus
  2. jejak sijagur... 270509

    BalasHapus
  3. the moment of truth, please visit my blog :)

    BalasHapus
  4. wah wah..thank you for sharing yah..berguna u aku..

    BalasHapus
  5. wah saya kudu banyak belajar lagi nih....pengen dapet pengunjung yang banyak...
    makasih ya info nya.

    BalasHapus
  6. iya bnr tuh saya jg dah mencoba blog pertama saya berhasil menjadi nomor 2 di google meskipun turun karena tidak diupdate

    BalasHapus
  7. nice article gan .....
    thank's bisa diikutiu jejaknya ...

    BalasHapus