Tips Mengelola Diabetes Tipe 1 Sementara Anda Travelling

Traveling bisa menjadi sangat tidak menyenangkan jika Anda menderita diabetes tipe 1. Mungkin saat ini Anda sedang melakukan perjalanan bisnis atau sekedar traveling untuk kesenangan, dan Anda justru mendapatkan masalah serius jika tidak memiliki kontrol diabetes yang baik manakala Anda sedang melakukan traveling. Karena kontrol diabetes yang buruk dapat mengakibatkan gangguan pada jadwal reguler yang sudah direncanakan, maka saya ingin berbagi sedikit tips untuk meminimalkan masalah yang akan muncul jika Anda menderita diabetes tipe 1. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu traveling anda agar diabetes tipe 1 tetap dalam kontrol.

1. Selalu membawa dokumen-dukumen penting

Kapan saja Anda keluar dari rumah, anda harus selalu membawa surat keterangan dari dokter dan cadangan insulin atau obat lain yang diberikan oleh dokter untuk mengantisipasi jika mungkin diperlukan. Surat dari dokter harus dapat memberikan informasi atau menjelaskan bahwa Anda memiliki diabetes tipe 1 dan berisi daftar obat (insulin, syringes, lancets, dll) yang Anda butuhkan untuk mengelola kesehatan. Anda harus selalu memiliki cukup insulin disaat traveling Anda, atau mungkin juga Anda memerlukan cadangan resep agar dapat digunakan apabila mengalami kasus darurat.

2. Mengepak secara bijak

Langkah kedua adalah dengan mengemas semua perlengkapan yang berhubungan dengan diabetes tipe 1, diantaranya:
  • Ekstra glucose meter
  • Syringes
  • Strip Test
  • Lancets
  • Insulin
Akan lebih baik jika Anda mempunyai lebih banyak cadangan daripada kurang. Jika traveling Anda memalui udara (menggunakan pesawat), kemas setengah dari perlengkapan diabetes tipe 1 dalam kabin dan separuhnya di kopor anda. Dan jangan lupa untuk membawa makanan kecil yang mengandung karbohidrat cukup untuk merawat reaksi hypoglycemic, hal ini perlu dilakukan.

3. Mempertimbangkan Waktu

Anda juga harus memperhatikan lintas zona waktu Anda, apakah waktu mempengaruhi perubahan pada insulin rutin. Apakah traveling anda ke timur atau barat? Dalam hal ini, Anda harus mampu memperkirakan apakah traveling Anda menjadi lebih lama atau cepat, dan ini mungkin akan memaksa Anda untuk mempersiapkan lebih banyak insulin normal daripada nanti kekurangan. Sebaiknya Anda mengkonsultasikan hal ini dulu dengan dokter Anda sebelum berangkat.

4. Memeriksa Akses

Jika Anda merencanakan sebuah traveling yang lama, disarankan agar Anda memeriksa akses ke farmasi, dokter spesialis diabetes atau pusat layanan diabetes di daerah yang Anda tuju. Hal ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan bantuan yang Anda butuhkan tanpa harus mengurangi perjalanan Anda.

5. Faktor Peningkatan Aktivitas

alat_pengukur_gula_darahTravelling lebih sering melibatkan kegiatan berjalan-jalan, pendakian dan berdiri dari kebiasaan rutin Anda. Pastikan untuk sering memeriksa gula darah Anda untuk memastikan bahwa kegiatan tambahan tidak menyebabkan Anda memiliki reaksi hypoglycemic.

referensi : Travel Tips. Diabetes Teaching Center at the University of California, San Francisco. Accessed September 17, 2008. http://ucsf.mightyminnow.com/type1/health-management/tips-for-daily-living/travel-tips.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar