Bagaimana Cara Belajar Bisnis Internet yang Salah?

Belajar dari kesalahan adalah hal terpenting jika kita ingin meraih sebuah sukses. Bagaimana mungkin seseorang dapat meraih sukses bisnis internet jika ia tidak pernah belajar dan mencoba. Apabila kita mendengar kesaksian orang-orang sukses dalam bisnis online maka telinga kita terasa panas-bukan marah tetapi penasaran-sehingga membuat pikiran dan hati kita bersatu untuk mengambil tindakan secepat mungkin untuk mengikuti langkah-langkah yang dilakukan orang sukses dalam bisnis di dunia maya.

Hanyalah sebuah pengalaman pribadi yang ingin saya bagikan pada para pembaca yang kebetulan mampir di blog ini. Saya merasa banyak kesalahan yang telah saya lakukan sebagai pelaku bisnis internet. Kesalahan yang saya lakukan tidak fatal, hanya saja membuat sukses berbisnis di dunia internet menjadi lamban. Saya percaya pada waktunya nanti saya akan meraih sukses, namun kenyataannya tidak secepat yang di bayangkan.

Langsung saja pada topik pembicaraan tentang kesalahan-kesalahan yang saya lakukan dalam bisnis internet:

1. Tidak berani mengeluarkan modal

Sampai saat ini saya belum berani mengeluarkan modal sedikitpun untuk menjalankan sebuah bisnis internet. Untuk dapat online saja saya masih mengandalkan fasilitas kantor disaat saya sedang tugas sebagai operator warnet.

Modal uang sangat penting jika kita ingin menjalankan bisnis internet. Tanpa uang maka kita tidak akan memiliki pengetahuan inti dalam menjalankan bisnis. Hanya mengandalakan informasi bisnis internet yang diperoleh secara gratis di internet, tentu pengetahuan yang kita peroleh juga sangat terbatas. Ulasan dalam sebuah e-book panduan bisnis internet gratis yang diperoleh dari download di internet pasti tidak diberikan secara utuh. Biasanya hanya berisi cuplikan sedikit materi agar Anda tertarik untuk membeli produk e-book mereka.

Saya kira untuk membeli sebuah produk e-book yang berkualitas-dan yang dapat memberikan pengetahuan/panduan bisnis internet secara lengkap-tidak akan membuat kita rugi. Apabila panduan yang diberikan kita lakukan secara serius tentu hasil yang dicapai juga akan memberikan hasil yang luar biasa.

2. Tidak membangun kredibilitas dengan baik

Kredibilitas sangat penting! Tanpa kredibilitas yang baik maka situs yang kita buat tidak akan disukai oleh pengunjung/pembaca blog. Saya belum mampu menunjukan kredibilitas yang baik dalam situs blog saya. Hal ini ditandai dengan konten artikel yang tidak konsisten, hari ini berbicara masalah bisnis internet besok membahas tentang penyakit jantung.

Seandainya saya selalu konsisten tentu pengunjung tidak akan merasa kecewa dengan isi artikel. Dalam blog yang saya kelola memang tidak menunjukan bahwa saya adalah seorang profesional. Mengapa demikian? Karena topik yang saya ulas kebanyakan berisi pengetahuan dangkal.

Sebagai lulusan informatika seharusnya saya banyak berbicara tentang ilmu komputer, Basis data, Sistem Operasi, pemrograman Java, Delphi, Foxpro, VB, C++, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan teknik informatika. Namun sayangnya pengetahuan yang seharusnya saya bagikan justru disimpan untuk dilupakan. Ah......... bukanya pelit, tapi saya hanya merasa minder dan tidak pantas untuk berbicara masalah teknik informatika

3. Kurang jam terbang

Untuk menjadi seorang profesional dalam bidang apapun tentu kita harus banyak berlatih dan belajar. Ingin profesional dalam bermain gitar tentu kita harus rajin belajar bermain gitar dan mendengarkan musik. Ingin profesinal dalam olahraga bulutangkis tentu kita juga harus rajin berlatih bulutangkis. Demikian juga jika kita ingin trampil dalam bisnis internet tentu kita juga harus banyak belajar dan mencoba metoda yang telah kita dapatkan.

Sayangnya karena keterbatasan modal, saya hanya mengandalkan jam tugas jaga warnet untuk dapat mempraktekan model bisnis internet. Sebenarnya saya ingin mempunyai jam terbang tinggi, namun sayangnya sampai saat ini belum bisa saya jalankan. Semoga dua bulan kedepan saya sudah dapat meningkatkan jam terbang di dunia online untuk meningkatkan kualitas dan penghasilan blog yang telah saya buat.

4. Saya sudah capek dan ngantuk jadi kita lanjutkan besok saja ya......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar