Bagaimanakah Bisnis Internet Anda? Untung ataukah Rugi?

Bisnis internet akan memberikan keuntungan apabila penghasilan yang diperoleh melebihi biaya operasional yang di keluarkan. Bisnis internet dianggap merugikan apabila pendapatan (uang) yang diperoleh kurang dari pengeluaran operasional. Yang menjadi pertanyaan adalah di posisi manakah Anda berada sekarang? Untung ataukah Rugi?

Semua orang yang menjalankan bisnis internet tentu berharap dapat meraup keuntungan sebanyak-banyaknya, namun tidak semua dapat sukses seperti yang diharapkan, mengapa? Secara pribadi saya belum berani memberikan alasan mengapa banyak diantara kita yang gagal meraup keuntungan dalam menjalankan bisnis internet. Namun sebagai wacana, saya akan memberikan sedikit argumen mengapa banyak pelaku bisnis internet mengalami kerugian.

Menurut pengalaman pribadi, banyak sedikitnya modal yang kita keluarkan sepertinya mempengaruhi penghasilan bisnis internet. Maksudnya seberapa besar biaya operasional yang kita keluarkan untuk menjalankan bisnis internet dapat memberikan dampak pada kemajuan usaha (bisnis internet). Sebagai contoh: orang yang menjalankan bisnis internet menggunakan layanan koneksi internet unlimited akan lebih maju dibandingkan dengan mereka yang menggunakan jasa warnet. Orang yang bersedia bayar hosting dan domain akan dianggap lebih bonafide dan profesional di banding mereka yang menggunakan domain dan hosting gratis. Atau mungkin juga orang yang mau membayar biaya advertise akan lebih cepat terkenal di banding kita yang hanya mengandalkan pengunjung dari search engine.

Jika ingin serius menjalankan bisnis internet ada baiknya di itung-itung dulu modal yang sanggup Anda keluarkan. Pada awal saya menjalankan bisnis internet memang tanpa modal. Saya tidak memerlukan modal sedikitpun. Untuk bisa koneksi internet saya cukup memanfaatkan fasilitas warnet kantor. Untuk domain/hosting masih menggunakan yang gratis (blogspot). Urusan cari pengunjung saya masih mengandalkan search engine.

Namun dengan berjalannya waktu, muncul rasa tidak puas dengan penghasilan yang saya peroleh dalam menjalankan bisnis internet. Sebenarnya saya tidak mengalami kerugian karena selama ini dalam sebulan saya memperoleh 2 digit dolar tanpa mengeluarkan modal sedikitpun. Tapi gara-gara saya membaca pengalaman beberapa teman, ternyata ada yang sudah bisa menghasilkan 3 digit dalam sehari, membuat darah saya jadi naik. Saya berfikir kalo mereka mampu menghasilkan banyak uang melalui internet kenapa saya tidak. Nah...rasa tidak puas inilah yang membuat saya lebih serius dalam menjalankan bisnis online. Rasa tidak puas ini pula yang memberikan kekutan luar biasa kepada saya untuk bergerak lebih ekstrim.

Terus terang saya ingin seperti mereka. Saya ingin memperoleh 3 digit dolar dalam sehari. Untuk mencapai impian ini tentu memerlukan usaha keras. Tidak cukup hanya banting tulang tetapi juga perlu peras otak. Nah, untuk mewujudkan impian ini, saya mulai mengambil langkah-langkah sederhana, yaitu:
1. Berlangganan koneksi internet unlimited
Dengan belangganan koneksi internet ini saya akan lebih fleksibel dalam mengatur waktu. Kalo sebelumnya saya sangat tergantung dengan jam kerja kantor, sekarang saya bisa menambah jam terbang di internet.
2. Sewa nama domain dan Hosting
Bagi saya, sewa nama domain perlu dilakukan untuk meringkaskan alamat url, untuk membuat blog kita lebih bonafide, dan untuk optimasi search engine.
3. Banyak berlatih dan belajar dari pengalaman teman-teman yang sukses
4. Mempraktekan teknik SEO yang baik
5. Berdoa, sabar dan tekun (Sebenarnya inilah poin yang terpenting, karena tanpa campur tangan TUHAN tentu usaha kita akan sia-sia)

2 komentar:

  1. aduh,,aku masih kesulitan nih bisnis di dunia maya
    bingungggggg

    BalasHapus
  2. Bisnis internet memang bagus. Tapi Yang gratis lebih bagus.
    coba deh kamu lihat link dibawah ini

    http://article-acmepeoplesearch.blogspot.com

    kalau berminat daftar saja di situs tsb atau klik link di bawah ini:


    http://Acme-People-Search.com/signup.php?ref=1253276751ETZY

    BalasHapus