Sejarah Perkembangan dan Koleksi Gambar Manusia Purba

Sejarah Perkembangan Manusia Purba yaitu: Manusia kera---> Manusia purba---> dan Manusia modern

Uraian

Yang perlu Anda ingat adalah bahwa teori ini hanya dugaan dan kurang terbukti kebenarannya, karena teori evolusi darwin telah runtuh. Fosil manusia lama yang ditemukan bisa saja bukan fosil manusia atau manusia yang memiliki bentuk ciri tubuh yang unik, atau bahkan hasil rekayasa.

Manusia Kera dari Afrika Selatan

a. Australopithecus Africanus
gambar_purba_Australopithecus+AfricanusAustralopithecus africanus ditemukan di desa Taung di sekitar Bechunaland ditemukan oleh Raymond Dart tahun 1924. Bagian tubuh yang ditemukan hanya fosil tengkorak kepala saja.

Gambar diperoleh dari : http://www.reefnet.gov.sy/Books/history_book/chapter1/humans.htm



















b. Paranthropus Robustus dan Paranthropus Transvaalensis


manusia_purba_Paranthropus_RobustusDua penemuan tersebut ditemukan di daerah Amerika Selatan dengan ciri isi volume otak sekitar 600 cm kubik, hidup di lingkungan terbuka, serta memiliki tinggi badan kurang lebih 1,5 meter. Kedua fosil menusia kera tersebut disebut australopithecus.

Gambar Paranthropus Robustus diperoleh dari http://piclib.nhm.ac.uk/piclib/www/image.php?img=47017






manusia_purba_Paranthropus_TransvaalensisGambar Paranthropus Transvaalensis diperoleh dari http://www.indonesiaindonesia.com/f/46755-sejarah-penemuan-fosil-manusia-purba/



Manusia Purba / Homo Erectus

a. Sinanthropus Pekinensis

manusia_purba_Sinanthropus_PekinensisSinanthropus pekinensis adalah manusia purba yang fosilnya ditemukan di gua naga daerah Peking negara Cina oleh Davidson Black dan Franz Weidenreich. Sinanthropus pekinensis dianggap bagian dari kelompok pithecanthropus karena memiliki ciri tubuh atau badan yang mirip serta hidup di era zaman yang bersamaan. Sinanthropus pekinensis memiliki volume isi otak sekitar kurang lebih 900 sampai 1200 cm kubik.

Gambar manusia purba Sinanthropus Pekinensis diperoleh dari http://www.dinocasts.com/prod_productDetails.asp?ProductId=456











b. Meganthropus Palaeojavanicus / Manusia Raksasa Jawa


manusia_purba_Meganthropus_PalaeojavanicusMeganthropus palaeojavanicus ditemukan di Sangiran di pulau jawa oleh Von Koningswald pada tahun 1939 - 1941.

Gambar manusia purba Meganthropus Palaeojavanicus diperoleh dari http://social4class.blogspot.com/2009_09_01_archive.html







c. Manusia Heidelberg


Manusia_HeidelbergManusia heidelberg ditemukan di Jerman

Gambar Manusia heidelberg ini diperoleh dari http://farelweb.blogspot.com/2009/09/sejarah-penemuan-fosil-manusia-purba.html


















d. Pithecanthropus Erectus


manusia_purba_Pithecanthropus_ErectusPithecanthropus erectus adalah manusia purba yang pertama kali. fosil tulang belulang ditemukan di Trinil Jawa Tengah pada tahun 1891 oleh Eugene Dubois. Pithecanthropus erectus hidup di jaman pleistosin atau kira-kira 300.000 hingga 500.000 tahun yang lalu. Volume otak Pithecanthropus erectus diperkirakan sekitar 770 - 1000 cm kubik. Bagian tulang-belulang fosil manusia purba yang ditemukan tersebut adalah tulang rahang, beberapa gigi, serta sebagian tulang tengkorak.

Gambar Pithecanthropus erectus ini diperoleh dari http://archive.kaskus.us/thread/2717113/0/siapakah-manusia









Manusia Modern
Pengertian atau arti definisi manusia modern adalah manusia yang termasuk ke dalam spesies homo sapiens dengan isi otak kira-kira 1450 cm kubik hidup sekitar 15.000 hingga 150.000 tahun yang lalu. Manusia modern disebut modern karena hampir mirip atau menyerupai manusia yang ada pada saat ini atau sekarang.

a. Manusia Swanscombe - Berasal dari Inggris

b. Manusia Neandertal - Ditemukan di lembah Neander
c. Manusia Cro-Magnon / Cromagnon / Crogmanon - Ditemukan di gua Cro-Magnon, Lascaux Prancis. Dicurigai sebagai campuran antara manusia Neandertal dengan manusia Gunung Carmel.

d. Manusia Shanidar - Fosil dijumpai di Negara Irak

e. Manusia Gunung Carmel - Ditemukan di gua-gua Tabun serta Skhul Palestina

f. Manusia Steinheim - Berasal dari Jerman

29 komentar:

  1. makasiihh nih infonya ! akhirnya nemuinn deh ! buat tugas sejarah !! thank's ! :)

    BalasHapus
  2. sbnrnya,, sy x stuju kalo dkatakan mnusia dari beruk.. kalo benar,, gi mana bahasa trcipta?? siapa yg mncipta bahasa?? gi mana mau terangkn pada beruk2 laen kalo bahsa itu hnya dia seorg saja yg paham??? saya 100% tidak stuju dengan teori ini,, buka minda anda,, jangan trpedaya dgn tipu daya orang2 barat.. makasih..

    BalasHapus
  3. lbih dulu mana manusia purba dengan nabi adam

    BalasHapus
    Balasan
    1. manusia purba karna dalam surat albaqarah lupa ayatx di jelaskan "malaikat berkata kpd Allah Ya Allah kenapa Engkau menciptakan manusia yg hanya akan meniptakan pertumpah darahan di bumi" dari ayat itu kita bisa menympulkan bahwa sebelum nabi adam diciptakan sudah ada makhluk sebelum nabi adam yg hidup di bumi dengan kata lain manusia purba karna manusia purba pada zaman itu saling membunuh untuk memenuhi kebutuhan mereka.....wassalm

      Hapus
  4. ramai yang telah tertipu dengan TEORI REVOLUSI DARWIN kafir laknatullah...sebenarnya tiada manusia purba, semua kita berasal dari nabi Adam. Manusia adalah manusia dan kera adalah kera. Wassalam.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai kacamata untuk masing2 jngn kacamata agama buat liat sejarah dan kacamata agama buat liat sejarah ga nyambung, pengetahuan akan menjafi sempurna nanti kiamat, kalau ilmu pengetahuan disempurnakan sekarang , nanti kamu2 pingin jadi Tuhan.

      Hapus
    2. berarti anda ga punya otak buat mikir, jangan di samain ilmu agama dengan ilmu sejarah. ilmu sejarah hanya sebagai pengetahuan peradaban di dunia ini

      Hapus
  5. Manusia tercipta karena memang adanya sebuah evolusi dari jaman tertua hingga sekarang. Tetapi perlu ditekankan bahwa terdapat sesuatu hal yang msh belum dapat diulas dan diselesaikan. yang disebut sebagai Missing Link. disitulah yang membedakan antara evolusi manusia dengan peradaban kera. Kalau memang ada yang mengatakan bahwa manusia merupakan hasil evolusi dari "kera" maka hal tersebut dapat terbantahkan dengan keberadaan kera pada jaman sekarang. Kalau kera tersebut telah berevolusi, maka kera pada jaman sekarang telah musnah. Tapi pada kenyataannya kera masih tetap ada hingga jaman sekarang
    - Rafel from UNAIR -

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalian semua telah tertipu oleh teori darwin kalau manusia itu uvoluasi dari'kera' berarti nabi adam kera dong ????????

      Hapus
  6. cerewet !cuma pelajaran aj loh

    BalasHapus
  7. @thenEws: terimakasih atas komentar anda, jika tak suka pelajaran ini gak papa kok. Tapi klo ampe keluar di ujian sejarah baru tahu rasa looo. Wkkkk

    BalasHapus
  8. ih gambar nya serem2 gitu yah

    BalasHapus
  9. @mustika: koleksi gambar manusia purbanya serem ya? Kalo Teori evolusi darwin benar berarti kita juga serem ya...wkkkk. Tapi untungya manusia bukan berasal dari evolsi darwin ya

    BalasHapus
  10. aduh..... jd yg mn yg bnr ya antara manusia pertama di dunia ini nabi adam atw manusia purba duh jadi bingung nih

    BalasHapus
  11. ya. ya....

    makasih ya info nya!!!

    BalasHapus
  12. waduh padahal pr ku 10 diminta 6 lagi ^_^ X_X

    BalasHapus
  13. maaf ya udh gda tuh ujian ttg mnsuia purba, negeri asal terori darwin aj udh ga dpke kurikulumnya...maripelajari agama utk mmbuka ilmu pengetahuan, bukan mnjadikan ilmu pngetahuan buta trhadap agama ;)

    BalasHapus
  14. BAGUS GIH TAPI KURANG LENGKAP .

    BalasHapus
  15. Good!!!Tugas sejarah selesai,hehe

    BalasHapus
  16. tiffany.anggreani@yahoo.com17 Oktober 2012 21.48

    Sejarah aneh

    BalasHapus
  17. makasih banget ya infonya ^^
    ini ngebantu aku bnaget buat nyelesain tugas sejarah

    BalasHapus
  18. ijin copas bro.......terima kasih.

    BalasHapus
  19. Manusia sblm nabi ada memang ada, namun memiliki akal static seperti malaikat atau jin. beda dengan nabi adam yang merupakan manusia modern memiliki akan dinamis. ini dibuktikan pada surat al baqarah ayat 30 dimana malaikan menduka nabi adam yang mau diciptakan Allah nanti kelakukannya seperti manusia sblm adam yang suka merusak dan menumpahkan darah. Itu sebabnya Allah menjawab dengan "aku lebih tau dari kalian", maksudnya malaikan tidak tau kejadian masa depan hanya melihat contoh masa lalu.

    BalasHapus
  20. Thanks ya gan blog ini membantu saya sekali .................



    bisnistiket.co.id

    BalasHapus
  21. OON SEMUA!!! AGAMA YA AGAMA ,,,, SEJARAH YA SEJARAH!!! YA BEDA DONK ILMUNYA!!! AGAMA GA BLH DI SATUKAN DGN PELAJARAN LAIN!! PASTI HASILNY BEDA LAH!!! YG COMMENT SAMA" IN SEJARAH DGN AGAMA,, NGAPAIN COMMENT COBA?! KALO GA PERCAYA ZZZZ,, OON LU CKCK

    BalasHapus