Beruang Kodiak - Beruang Coklat Terbesar

Beruang Kodiak adalah jenis beruang coklat terbesar yang terdapat di sekitar pantai dan kepulauan Alaska. Beruang Kodiak berkembang dan berlimpah di kawasan Kepulauan Kodiak di Alaska. Berat badan beruang kodiak bisa mencapai 685 kilogram. Beruang ini juga dikenal sebagai beruang coklat besar/raksasa Alaska karena ukurannya.  Beruang ini mengkonsumsi blueberry gunung, bangkai ikan paus, tapi mangsa khusus mereka adalah ikan salmon yang muncul di sungai setiap musim panas untuk bertelur. 

gambar_beruang_coklat_kodiak
Departemen Alaska menyatakan Pulau Kodiak adalah kawasan untuk melindungi Ikan dan Satwa Liar, dan di bawah perlindungan ini, populasi Beruang Kodiak telah berkembang, ada sekitar 3.500 Beruang Kodiak di seluruh Alaska.


Saat melihat Beruang Kodiak, Anda mungkin akan melihat kesamaan yang mencolok dengan Beruang Grizzly, namun jika diperhatikan dengan teliti kedua jenis beruang ini memiliki beberapa perbedaan. Beruang Kodiak lebih besar dari Beruang Grizzly dikenal karena memiliki wajah yang lebih besar dan memiliki bulu yang lebih panjang dari Beruang Grizzly.

Kisaran warna kulit Beruang Kodiak ini dari nuansa cokelat atau pirang, cokelat gelap. Dan bayi beruang cenderung memiliki cincin putih murni yang terdapat pada bagian leher mereka untuk beberapa tahun pertama.

Beruang Kodiak adalah makhluk yang sangat besar dan meskipun sulit untuk mendapatkan ukuran berat badan yang tepat pada setiap Beruang Coklat Alaska liar, namun telah dibuat estimasi dalam hal ukuran mereka. Hal ini diyakini bahwa Beruang Kodiak jantan dapat berkisar antara £ 800 sampai £ 1500. sementara beruang kodiak betina berkisar antara  £ 500 hingga £ 700. Sangat penting untuk menyadari bahwa beruang Kodiak di penangkaran ternyata memiliki berat yang sangat lebih banyak dari beruang kodiak di alam liar, bahkan mencapai bobot sebesar 2.500 lbs. 

Cara membedakan dengan fitur lainnya adalah ekor beruang kodiak yang sangat kecil, ukuranya berkisar antara 2 sampai 8 inci, dan kaki rata dengan cakar yang terus-menerus terpapar. Beruang Kodiak juga dikenal karena memiliki cakar yang sangat besar dengan kulit panjang, dan memiliki bulu shaggy. Namun sayangnya beruang Kodiak ini memiliki penglihatan yang sangat terbatas. Dan hampir secara eksklusif bergantung pada indera penciuman dan pendengarananya yang dikembangkan dengan baik. Ketinggian Beruang Kodiak dapat berkisar antara 5 ½ sampai 9 ½ Kaki. Rentang bahu beruang kodiak juga sangat lebar dan berkisar antara 3 sampai 5 meter. Ciri untuk membedakan Beruang Kodiak diidentifikasi oleh punuk, sangat terlihat menonjol di bagian pundak

Beruang Kodiaks mulai berkembang biak antara usia 4 sampai 6 tahun. Jumlah anak beruang khas ini adalah 2 dan anaknya diketahui tinggal bersama ibu mereka selama dua tahun pertama kehidupan. Makanan utama Beruang Kodiak adalah ikan, dan karena ini jumlah berlebihan protein yang dimiliki Beruang Kodiak. Kodiaks hidup rata-rata 20-40 tahun. 

Fakta Singkat Beruang Coklat
  • Nama: Beruang Kodiak (Ursus arctos middendorffi)
  • Kerajaan: Animalia
  • Filum: Chordata
  • Subphylum: Vertebrata
  • Kelas: Mamalia
  • Subclass: Theria
  • Order: Carnivora
  • Keluarga: Ursidae
  • Subfamili: Ursinae
  • Genus: Ursus
  • Predator: Manusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar