Gajah - Gajah Afrika

Gajah Afrika adalah mamalia yang terbesar dari mahluk darat bumi. Gajah Afrika adalah hewan darat terbesar di bumi. Gajah Afrika sedikit lebih besar dibandingkan gajah di Asia dan dapat diidentifikasi dengan telinga gajah afrika yang terlihat agak yang lebih besar. (Gajah Asia memiliki telinga bulat dan lebih kecil)
 
gambar_gajah_afrika_dua
Telinga besar gajah afrika berfungsi untuk membantu mereka untuk tetap tenang dalam iklim panas Afrika. Telinga besar Gajah Afrika berfungsi untuk membantu hewan keren ini dapat mengatasi iklim panas yang sangat ekstrim. Gajah menyukai air dan menikmati saat mandi dengan menyedot air ke dalam belalai mereka dan menyemprotkan ke seluruh bagian tubuhnya sendiri. Setelah itu, mereka sering menyemprot kulit mereka dengan lapisan pelindung debu.

Belalai gajah sebenarnya adalah hidung panjang yang digunakan untuk mencium, bernapas, terompet, minum, dan juga untuk meraih hal-terutama makanan yang potensial. Batang hidungnya saja memiliki sekitar 100.000 otot-otot yang berbeda. Gajah Afrika memiliki dua fitur fingerlike di ujung batang mereka yang dapat mereka gunakan untuk mengambil barang-barang kecil. (Gajah Asia memiliki satu.)
 
Gajah Afrika jantan dan betina memiliki taring/gading yang digunakan untuk menggali makanan, air dan kulit kayu dari pohon. Gajah jantan juga menggunakan taring untuk melawan satu sama lain.
 
Karena gading sangat berharga bagi beberapa manusia, banyak gajah yang telah dibunuh untuk diambil taring/gading mereka. Sampai saat ini perdagangan gading gajah masih ilegal, tetapi sayangnya belum sepenuhnya dihilangkan, akibatnya beberapa populasi gajah Afrika tetap terancam punah.
 
Makanan Gajah adalah akar, rumput, buah, dan kulit kayu, dan mereka mampu makan dalam jumlah banyak. Seekor gajah dewasa dapat mengkonsumsi sampai 136 kilogram makanan dalam satu hari.
 
Hewan-hewan ini saat merasa lapar tidak banyak tidur, dan mereka akan menjelajah dengan jarak yang jauh saat mencari makan yang mereka butuhkan untuk mempertahankan tubuh besar mereka.
 
Gajah betina tinggal di lingkungan keluarga dengan anak mereka, tetapi gajah dewasa jantan cenderung berkeliaran sendiri.
 
Memiliki bayi gajah adalah komitmen yang serius. Gajah memiliki kehamilan lebih lama daripada mamalia yang lainnya -hampir 22 bulan. Sapi biasanya melahirkan seekor anak setiap dua sampai empat tahun. Saat lahir, gajah sudah memiliki berat sekitar 91 kilogram dan tinggi sekitar 1 meter saat berdiri.
 
Gajah Afrika, tidak seperti gajah yang ada di Asia, yaitu tidak mudah dijinakkan. Gajah Afrika berkisar di seluruh bagian Sahara Afrika, hutan tropis tengah dan Afrika Barat. Gajah benua utara tersebut ditemukan di gurun Sahel Mali. Kawanan kecil gajah Mali sering bermigrasi di rute melingkar melalui gurun untuk mencari air.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar