Lima Tips Fotografi Pantai Agar Hasil Gambar Lebih Baik

Pantai merupakan sumber inspirasi bagi fotografer di semua tingkatan. Baik mereka sebagai fotografer alam, fotografer pemandangan, fotografer pernikahan, fotografer hobi. Mereka tidak memiliki cukup alasan untuk tidak menyukai keindahan foto di pantai. Karena pada prinsipnya  sifat manusia adalah ingin mengambil foto dari tempat yang dapat menarik/menyentuh secara pribadi.
Pemandangan_pantai_indah_02
Gambar dari hasil fotografi pantai sangat menantang, bahkan untuk fotografer alam berpengalaman. Mengapa? Karena para fotografer sering terinspirasi oleh suara, bau, ruang terbuka, sehingga tugas fotografer bukan hanya untuk memotret tempat, tapi juga untuk menangkap perasaan. Hal ini dapat membuat fotografi pantai sebagai hal yang sangat pribadi, sehingga pendekatan lokasi itu sangat berarti bagi Anda untuk memperoleh foto-foto terbaik. 
Ada beberapa cara mudah untuk menambahkan dampak ke hasil gambar foto Anda. Berikut adalah lima tips sederhana untuk membantu Anda sebagai fotografer agar dapat lebih menikmati pantai :
  
Tip Fotografi Pantai 1 ---> Waktu. Setiap fotografer pemandangan tahu bahwa pagi-pagi dan sore hari adalah waktu terbaik untuk memotret di luar ruang. Pada saat-saat sinar matahari berwarna lembut dan hangat, dan bersinar dari sudut yang rendah untuk menerangi materi gambar yang paling indah.
Bahkan hal ini lebih penting jika pengambilan gambar dilakukan di pantai, terutama jika Anda memiliki pantai dengan pasir putih. Jika Anda mengambil foto Anda di tengah hari, silau dari pasir putih dan air laut  akan membuat mencolok, kontras foto tinggi sehingga tidak akan mendapatkan keseuaian di lokasi pantai. Namun, ketika matahari sudah rendah akan memberi seluruh adegan foto dengan warna lebih hangat. Buih-buih di tepi perairan laut seolah akan menyala seperti gelembung sampanye, dan secara keseluruhan foto akan menjadi lebih kaya dan lebih atmosfer.
Tip Fotografi Pantai 2 ---> Dapatkan Foto dengan turun ke air. Untuk mendapatkan foto pantai terbaik, bersiaplah untuk mendapatkan kaki Anda basah. Berdiri di tepi air laut di mana pasir basah, gambar foto Anda akan menjadi lebih berwarna, dan Anda juga mungkin akan menemukan refleksi yang menambah menarik bagi gambar foto biasa.
Tips Fotografi Pantai 3 ---> Cari Sebuah Fitur Pemandangan. Sebuah hamparan panjang kosong pasir putih dengan langit biru jernih sangat cocok untuk berjalan-jalan di pantai, tapi bisa terlalu kosong dan polos untuk foto. Anda harus mencoba untuk menemukan fitur untuk membangun komposisi sekitar Anda. Banyak pantai memiliki tanjung/tebing berbatu di setiap akhir menuju bebatuan untuk menemukan latar depan lebih menarik. sehingga gambar foto Anda memiliki titik fokus yang lebih kuat, ini juga akan memiliki daya tarik lebih bagi pemirsa yang dapat mengidentifikasi fitur dalam gambar.
Setelah Anda mulai mencari semua jenis fitur yang ada di pantai dapat menambah minat pada komposisi Anda, seperti kayu apung, kerang, batu, bendera penyelamat akan menjadikan Anda lebih kreatif.
Tips Fotografi Pantai 4 --->  Menemukan latar awan yang paling bagus. Langit biru jernih di pantai bisa menjadi keindahan - dan juga bisa menjadi musuh terburuk fotografer. Sebuah formasi awan besar dapat menambahkan dimensi baru ke foto Anda, terutama jika Anda tidak dapat menemukan sesuatu yang menarik di latar depan.
Bahkan jika situasinya cukup mendung, jangan putus asa. Dengan sedikit keberuntungan, Anda mungkin bisa menangkap efek megah diatas air seperti matahari terbit di balik awan. Ingat bahwa foto pantai tidak selalu harus menjadi terang dan cerah. Kita bisa membuktikan itu melalui iklan dan film yang sering kita tonton. Foto-foto yang bagus tidak hanya menonjolkan sisi keramaian orang-orang dengan pasir putih dan langit biru tetapi juga langit gelap dan suasana merenung. 
Tips Fotografi Pantai 5 ---> Gunakan Lensa sudut lebar Anda. Lensa sudut lebar dapat menjadi cara terbaik untuk menangkap rasa isolasi dan jarak yang sering Anda rasakan ketika berjalan di pantai. Lensa lebih kecil akan melebih-lebihkan perspektif, namun jika membuat latar belakang dengan meregangkan jarak obyek sejauh beberapa mil jauhnya akan dapat menciptakan rasa nyata dengan kedalaman tiga dimensi. Jika Anda mencari pantai, Anda dapat menangkap segala sesuatu mulai dari air laut bergulung-gulung tepat di depan Anda hingga ke mercusuar di kejauhan. Bahkan lebih baik, kedalaman yang lebih kuat dari bidang lensa memungkinkan Anda dapat menyimpan semuanya dalam fokus.
Jadi begitulah lima tips saya untuk fotografi pantai. Ini tidak berarti sebagai panduan yang komprehensif. Seperti semua fotografi alam, fotografi pantai adalah petualangan yang tidak pernah berakhir. Anda tidak akan pernah lelah mengambil foto, dan Anda tidak akan pernah mengambil dua foto yang sama persis. Namun, jika artikel ini sedikit mendorong Anda untuk keluar dan langsung praktek, maka Anda selangkah lebih dekat untuk menjadi seorang fotografer yang lebih baik.

Tips-tips bagus ini didasarkan pada ide kreatif ahli fotografi, Adrew Goodall

2 komentar:

  1. terima kasih banyak untuk berbagi informasi Tentang lima tips fotografi pantai... Semoga Tuhan memberikan yang terbaik buat Kita Semua

    BalasHapus