Bapak Blogger Indonesia - Enda Nasution - Dipanggil Polisi

Jangan pernah menyebar fitnah melalui media blog! Hanya pengecut saja yang berani melakukannya. Meskipun dalam menciptakan blog menggunakan nama samaran dan merahasiakan identitas Anda. Ternyata ada blogger nakal yang diperiksa polisi gara-gara dianggap telah menyebar fitnah, mempublikasaikan kata-kata yang mencemarkan nama baik sesorang atau perusahaan.

Saya akan sedikit memberikan informasi penting buat para blogger, khususnya bagi mereka yang pemula. Kita harus lebih berhati-hati dalam membuat tulisan dalam blog, karena tulisan kita dibaca oleh banyak orang. Setiap tulisan yang kita publikasikan dalam blog akan terindek di mesin pencari. Saat seseorang mengunjungi situs Anda mereka akan membaca artikel yang Anda tulis.

Usahakan artikel yang Anda buat adalah tulisan yang bermanfaat untuk kemajuan bangsa dan negara, berguna bagi orang banyak dan tentunya dapat mempertajam kemampuan Anda dalam menulis. Jangan pernah menulis materi yang merugikan pihak lain apalagi sampai mencemarkan nama baik. Jangan juga melakukan copy paste (copas) artikel tanpa mencantumkan sumbernya, karena Anda bisa dituntut sesuai hukum yang berlaku.

Jangan sembarangan menulis melalui media blog, karena apapun yang Anda tulis akan dipahami oleh orang lain. Blogger yang dengan sengaja memanfaatkan layanan gratis ini untuk mengutuk, memfitnah, membajak, dan mencemarkan nama baik pihak lain akan berhadapan dengan hukum. Jangan memanfaatkan blog untuk kepentingan atau kepuasan diri sendiri tanpa memikirkan kepentingan orang banyak.

Ada pengalaman menarik dari seorang blogger nakal yang perlu Anda baca agar Anda tidak terjerumus dalam kasus yang sama. Seorang blogger tanah air tengah tersandung kasus pencemaran nama baik. 'Bapak Blogger' Indonesia Enda Nasution pun dipanggil oleh pihak berwajib terkait kasus ini. Namun pemanggilan Enda ke unit Cybercrime Polda Metro Jaya ini bukan lantaran menjadi tersangka, melainkan hanya menjadi saksi ahli.( detikInet.com, Selasa, 23/12/2008).

Kesalahan apakah yang dibuat blogger nakal ini? Sang pelaku di indikasi mantan karyawan Trans TV yang mempunyai akar pahit dengan para petinggi Trans Corp. Untuk melampiaskan kekecewaan dia terhadap perusahaan Trans Corp dia menciptakan blog dan mempublikasikan tulisan yang mencemarkan nama baik para petinggi Trans Corp. Blog yang dia ciptakan beralamat di http://t
ranstvnews.blogspot.com, jika blog ini belum di banned silahkan baca artikel-artikel yang dia buat.

Kasus ini masih dalam tahap penyidikan, statusnya juga belum diketahui apakah sudah jadi tersangka atau belum. Yah, kita tunggu saja informasi berikutnya. . . . . .

2 komentar:

  1. Let's Bisnis online, mungin anda berpikir mana ada bisnis tanpa investasi,
    anda hanya bekerja +- 1 jam sehari dan anda tidak perlu berinvestasi uang sepeser pun.
    Tidak ada unsur menipu, Karena saya telah buktikan.
    silahkan Klik http://www.galesus.com/index.php?id=pricilia

    BalasHapus