Belajar SEO Tanpa Bayar! Apakah SEO itu baik untuk Blogger?

Banyak webmaster dan blogger sukses mempublikasikan situs mereka dengan melancarkan aksi SEO (Search Engine Optimation). Dengan teknik SEO yang digunakan oleh mereka ternyata sangat bermanfaat mendatangkan pengunjung yang banyak, dalam sehari ada ratusan bahkan ribuan yang berkunjung ke situs mereka. Namun yang menarik dari artikel ini adalah meskipun anda tidak melakukan Teknik SEO ini namun tetap mempunyai traffic pengunjung banyak. Bagaimana caranya? saya akan mencoba mengulasnya secara singkat!

Banyak juga tips dan trik yang membahas dan memberikan teknik dasarnya pada artikel mereka. Ada yang menganjurkan hindari Black SEO karena teknik ini sangat dibenci oleh situs mesin pencari. Ada banyak yang menyarankan White SEO, Ciao . . . . . apa lagi nih? Kata mereka teknik ini yang paling disukai oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan MSN.

Menciptakan sebuah blog memang mudah tetapi merawat itu yang sangat sulit (mau baca tips praktis merawatnya). Selain membuat artikel, memikirkan interface (penampilan) blog agar menarik, ternyata masih ada satu tugas penting lagi yang cukup membuat pusing kepala, yaitu usaha agar blog kita popular sehingga kita perlu melakukan aksi yang disebut optimasi pada mesin pencari. Teknik SEO ini bertujuan agar website kita berada di peringkat teratas saat orang mengetikkan kata kunci di Search Engine. Intinya SEO adalah suatu bentuk usaha yang dilakukan oleh pemilik blog atau web agar situs mereka mempunyai posisi yang strategis.

Nah, ngomongin masalah strategis memang harus di bahas secara spesifik ya. Orang-orang lama dalam dunia maya baik posisi mereka sebagai blogger ataupun webmaster. Tentu mereka sudah paham tempat paling strategis di mesin pencari. Tetapi untuk pemula dalam dunia blogging ternyata untuk mendapatkan posisi strategis sangat sulit.

Pada postingan kali ini saya belum membahas masalah teknisnya, tetapi hanya sebatas memperkenalkan Anda apakah yang dimaksud dengan SEO itu dan apa manfaatnya bagi blogger pemula. Jadi jika Anda sudah mengenal istilah META TAG, ADD URL, SITE MAP, teknik CSS maka Anda jangan perlu merasa bangga dulu karena sudah dapat melakukannya.

Tahukah Anda bahwa SEO itu identik dengan Kata Kunci (Keyword) yang di kombinasikan dalam kalimat-kalimat pada sebuah content web. Sehingga menjadi sebuah frase atau kalimat yang dipakai pengguna search engines pada saat melakukan pencarian. Jadi pastikan bahwa topik yang Anda Angkat adalah topik yang paling banyak dicari dan diminati.

Jika kita sudah mulai mendapatkan topik yang bagus ada masalah kecil yang harus Anda atasi. Masalah yang saya maksud adalah persaingan dengan banyak blogger atau bahkan webmaster yang sudah mempunyai Pagerank tinggi. Solusi yang saya berikan untuk masalah ini hanya satu yaitu, buatlah artikel atau content blog yang benar-benar bermanfaat bagi pengunjung dengan kalimat yang unik (bukan copy-paste).Pasti jumlah pengunjung situs Anda akan bertambah banyak.

1 komentar: