Belajar dan Berusaha Menciptakan Manusia Jenius

Apakah arti jenius itu? Apakah jenius merupakan sebuah bakat ataukah sebuah kemapuan yang dapat diperoleh dengan usaha? Jika jenius adalah sesuatu yang dapat dilatih, Bagaimanakah caranya? Setelah mencari sana sini akhirnya saya sedikit paham pengertian istilah jenius dan siapakah orang yang berhak memperoleh julukan jenius.

Jenius adalah istilah untuk menyebut seseorang dengan kapasitas mental di atas rata-rata di bidang intelektual, terutama yang ditunjukkan dalam hasil kerja yang kreatif dan orisinal. Seorang yang jenius selalu menunjukkan individualitas dan imajinasi yang kuat, tidak hanya cerdas, tapi juga unik dan inovatif. Kata ini juga digunakan untuk orang yang memiliki kepandaian di banyak bidang, seperti Ghote atau Da Vinci Sementara Einstein, jenius dalam fisika, tapi tidak dalam bidang lain seperti seni dan literatur.

Walaupun istilah jenius terkadang digunakan untuk menunjukkan kepemilikan bakat istimewa dalam bidang apapun, tapi dalam kebanyakan kasus, istilah ini diterapkan dengan salah dan seharusnya secara khusus ditunjukkan kemampuan alami yang istimewa dalam bidang seni, literatur, musik, atau matematika. (http://id.wikipedia.org/wiki/Jenius)

Saya sagat tertarik dengan definisi kata jenius yang ditulis oleh seorang ilmuwan yang bernama Thomas Alfa Edison. Thomas mengatakan bahwa “Jenius adalah: 1% inspirasi dan 99% usaha keras”. Artinya setiap orang mempunyai kesempatan untuk menjadi jenius, jika demikian apakah usaha yang perlu dilakukan agar kita dapat menjadi seorang jenius?

Rafki RS dalam situsnya mengatakan bahwa ada beberapa petunjuk yang dapat menjadikan seseorang menjadi jenius, sekaligus dengan prestasi-prestasinya yang luar biasa. Seperti telah banyak diterima oleh publik bahwa jenius tidak murni berasal dari intelegensi. Tidak diperlukan memiliki IQ yang luar biasa, untuk dapat berbicara dalam 15 bahasa pada anak umur delapan tahun, atau untuk menguasai kerumitan dari mekanika kuantum. Meski demikian, jenius biasanya melibatkan faktor inteligensi dan pemikiran kreatif, dan kombinasi dari keduanya, dalam kombinasi apa pun, dapat menciptakan apa yang dikatakan sebagai jenius.

2 komentar:

  1. yang jelas jenius itu harus diatas 135 ...
    kekeke...

    BalasHapus
  2. kalo daku termasuk jenius ga yap?hehehe kayanya ngga deh

    BalasHapus