Bagaimana Cara Mengatasi Traffic Visitor yang Datar pada Blog Anda

Banyak blogger yang sharing melalui chatwidget, content artikel maupun melalui komentar box. dan mengeluh karena blog mereka mempunyai lalu lintas (traffic) yang datar bahkan cenderung menurun setelah sekitar 6 bulan melakukan kegiatan blogging.

Awalnya mereka memulai dengan semangat, memaksimalkan konten artikel, secara teratur menginvestasikan waktunya untuk selalu memperbaharui blog mereka, bergabung ke dalam network dengan blogger lainnya dan memang hasilnya mempunyai pertumbuhan lalu lintas yang stabil.

Namun dengan berjalannya waktu rasa antusiasme sedikit pudar, kehidupan akan membuat mereka sibuk, sehingga mereka memutuskan keluar dari network antar blogger yang sudah dibangun selama ini.

Hal ini akan menjamin bahwa blog Anda telah berhenti berkembang.

Jika hal ini juga menggambarkan blog Anda - maka mungkin perlu ada waktu beberapa kali bagi Anda untuk mengupayakan dan mencoba beberapa cara-cara baru untuk meningkatkan traffic blog. Saatnya bagi Anda untuk mencari peluang agar pengunjung blog Anda lebih banyak.

Tentu saja meningkatkan jumlah pengunjung/pembaca adalah tugas semua blogger yang perlu dikembangkan. Tetapi sebagai sebuah blog baru kesempatan yang ada untuk melakukan terobosan terasa sangat sulit.

Saya hanya memberikan saran sederhana agar traffic blog Anda lebih baik dari saat ini. Jangan menjadi blogger yang egois, terlalu bangga dengan kemampuan SEO sehingga merasa tidak perlu membangun dan berhubungan dengan masyarakat/komunitas blog.

Tingkatkan hubungan dan kemitraan dengan blog lain. Melihat sesuatu yang menarik dari blog lain dan bekerja sama jika ada kesempatan untuk melakukan promosi saling silang.

Saya tidak hanya berbicara tentang 'memperkenalkan' blogger lainnya melalui blog Anda dengan harapan bahwa mereka mungkin link ke anda juga pada suatu hari - sebenarnya lebih strategis untuk membangun kemitraan dengan blog lainnya - kemitraan yang saling menguntungkan untuk Anda berdua. Sebagai contoh:
  • Menawarkan space yang kosong untuk memasang iklan banner di blog Anda. Demikian sebaliknya mereka juga melakukan hal yang sama untuk Anda
  • Melakukan promosi blog teman sebulan sekali - di mana Anda menulis artikel di blog untuk blog mereka sehari dan mereka menulis tentang Anda juga
  • Mempromosikan saling silang dengan RSS feed atau newsletter di posting
Dengan kreativitas Anda maka jenis hubungan ini adalah benar-benar dapat meningkatkan kualitas blog teman. Awalnya mereka mungkin merasa sedikit aneh karena Anda mempromosikan blog mereka.

Saya kira teman anda akan lebih menghargai keberadaan blog anda sehingga mereka juga akan memberikan perhatian yang lebih pada setiap tulisan pada blog milik anda. Sedikit demi sedikit hubungan anda akan lebih akrab. Akhirnya akan saling melakukan kegiatan yang sama-sama menguntungkan untuk blog masing-masing.

1 komentar: