Blog Harus Menghasilakan Uang - Jika Demikian, Bagaimanakah Caranya?

"Seharusnya saya mencoba mendapatkan uang melalui blog?" Pertanyaan ini sering saya dengar dari beberapa blogger. Mungkin pertanyaan ini juga sedang terlintas dalam benak Anda. Sampai saat ini jawaban yang saya temukan sangat bervariasi dari blogger satu ke blogger lainnya, tergantung situasi dan fokus pada blog mereka - ada beberapa topik blog yang diciptakan khusus membahas cara menghasilkan uang melalui blog namun ada pula yang menciptakan blog hanya sebagai rekreasi.

Saya tidak bohong Bro! Bahwa tujuan saya menjadi seorang blogger adalah untuk memperoleh uang dari internet secara legal. Namun saya kira bahwa kegiatan ini mungkin merupakan salah satu bentuk keinginan yang sangat menantang bagi saya. Karena saya harus berusaha secara serius memperoleh uang di internet tanpa melakukan aksi penipuan.

Saya ingin berbagi sedikit pemikiran yang mungkin bermanfaat bagi blogger. Dan saya juga berharap semoga pemikiran ini dapat lebih diperluas oleh rekan-rekan blogger yang mempunyai pengalaman.

Saya coba membedakan cara yang digunakan oleh para blogger untuk memperoleh uang melalui blog. Cara-cara yang digunakan oleh para blogger handal untuk mendapat uang di internet, yaitu pendapatan (income) secara langsung dan pendapatan (income) secara tidak langsung.

Berikut yang termasuk dalam kategori pendapatan secara langsung:

1. Blog yang menjual jasa Anda, misalnya menawarkan konsultasi dalam situs, pengacara, pelatihan (trainning), mengadakan event, dll.
2. Menulis dan menjual sebuah ebook, buku atau sumber daya apapun yang bermanfaat.
3. Menciptakan area keanggotaan (membership) - jika Anda memiliki fokus khusus yang mungkin orang bersedia membayar untuk bergabung di komunitas.

Jika Anda tidak mempunyai kemampuan untuk memperoleh uang secara langsung maka saya akan menawarkan cara kedua yang lebih mudah dikerjakan. Anda cukup menyediakan ruang (space) iklan pada blog. Setiap iklan yang di pasang pada blog Anda di klik pengunjung maka Anda akan memperoleh bayaran.

Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk memperoleh uang di blog secara tidak langsung:

1. Afiliasi Pemasaran: Tugas Anda adalah merekomendasikan atau mempengaruhi pengunjung agar bersedia membeli produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan afiliansi. Misalnya anda merekomendasikan buku terbaru perusahaan afiliansi - amazon.com, e-bay, dll- kepada pengunjung blog.
2. Gabung dengan perusahaan advertise seperti Goolge Adsense, Bidvitser, Adbrite atau adsense lokal seperti kumpulblogger.com, adsensecamp.com, adspeedy.com, dll.

3 komentar:

  1. welehh2
    duit2 trus nih tema para blogger sekarang
    hehehehehe
    semangat dech buat ngRaih dollarnya
    amiennnn
    keep share brooo

    BalasHapus
  2. tetap semangat dan semoga lancar smuwanya...
    hebat euy...

    BalasHapus
  3. artikel yang menarik, saia akan praktekan yang penghasilan tidak langsungnya... :) makasih

    BalasHapus