Hidup Sehat: Tips untuk Memilih Makanan Sehat

Anda mungkin berfikir bahwa makanan favorit selain memiliki rasa yang lezat juga memiliki lebih banyak energi, dan dapat menjaga tubuh anda selalu sehat. Berhati-hatilah mungkin makanan yang Anda suka merupakan makanan yang dapat merusak tubuh.

Sebaiknya kita memilih jenis makanan yang dapat meningkatkan kesehatan dan menghindari jenis makanan yang dapat meningkatkan risiko penyakit seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Selain itu saya juga berharap Anda dapat memperluas wawasan tentang hidup sehat sebagai pilihan.

Saya sadar bahwa hidup sehat itu sangat penting jadi melalui blog ini pula saya akan berbagi pengalaman dan tips cara hidup sehat. Dengan cara memahami berbagai jenis makanan sehat dan belajar untuk menggunakan panduan dan tips yang diperoleh dari berbagai sumber yang dapat saya percaya.

Berikut adalah beberapa tips tentang cara memilih makanan yang dapat meningkatkan kesehatan dan menghindari makanan yang meningkatkan risiko penyakit:

1. Makan cukup kalori, tetapi jangan terlalu banyak. Menjaga keseimbangan antara kalori asupan kalori dan pengeluaran- tidak makan lebih banyak makanan dari kebutuhan tubuh Anda. Rata-rata harian tunjangan disarankan adalah 2000 kalori, namun hal ini tergantung pada usia, jenis kelamin, tinggi, berat, dan aktivitas fisik.

2. Makan berbagai variasi makanan sehat. Jadikan makanan sehat sebagai kesempatan untuk memperluas pilihan Anda untuk mencoba berbagai jenis makanan khususnya sayuran, biji-bijian, atau buah-buahan-yang jarang anda makan.

3. Menjaga porsi, terutama makanan tinggi kalori. Beberapa tahun terakhir ini banyak restoran, rumah makan melayani makanan dengan porsi besar. Banyak tawaran untuk dapat menikmati suatu hidangan porsi besar. Sebaiknya kita menghindari makan hidangan melebihi porsi semestinya.

4. Makan banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-makanan berkarbohidrat tinggi, serat, vitamin, dan mineral, rendah lemak, dan bebas kolesterol. Cobalah untuk mendapatkan yang fresh

5. Minum lebih banyak air. Karena tubuh kita sekitar 75% nya adalah air. Ini adalah bagian penting dari pola makan yang sehat. Minum air banyak dapat membantu sistem kerja tubuh, terutama ginjal dan kandung kemih, dan dan untuk mengurangi limbah toxin.

Apakah artikel ini bermanfaat bagi Anda?

2 komentar:

  1. INI TIPS YANG LAIN UNTUK HIDUP LEBIH SEHAT
    Sabtu, 2009 Februari 21
    Susu Kedelai Melilea

    Memperkenalkan minuman instant sehat Susu Kedelai Melilea organik bubuk kualitas terbaik.
    Susu Kedelai Melilea berasal dari Kacang kedelai yang berasal dari Heilong Jiang Cina yang telah terkenal diseluruh dunia dengan kualitas terbaik karena berasal dari lingkungan tanah yang subur dan air yang bebas dari polusi, dan selain itu karena iklim yang sesuai yang merupakan salah satu penyumbang terhadap kualitas kacang kedelai yang diproduksi dikawasan ini.

    Susu Kedelai Melilea hadir dengan rasa yang berbeda, telah mendapatkan banyak pengakuan konsumen di Indonesia. Tanpa bahan pengawet dengan proses pembuatan yang unik dan kualitas kacang kedelai yang baik, serta kupas kulit dan lepas tunas kacang yang membuat kadar purinnya pun berkurang. Namun kebaikan dan nilai gizinya tetap dijaga tanpa sedikitpun tambahan bahan pengawet. Susu Kedelai Melilea adalah minuman Instan susu kedelai bubuk dengan rasa lembut dan asli tanpa adanya rasa langu.

    Nilai gizi, sudah sangat dikenal nilai gizi yang tinggi dari kedelai, yaitu mengandung protein lengkap dan mengandung 8 jenis asam amino penting dan diperlukan oleh tubuh manusia. Susu Kedelai tidak seperti makanan lain yang mengandung lemak jenuh dan tidak dapat dicerna khususnya pada makanan hewani, kacang kedelai tidak mengandung kolesterol, mempunyai rasio kalori yang rendah dibandingkan protein dan sebagai makanan yang tidak menggemukan. Dan kacang kedelai pun mengandung kalsium, besi, potassium, phosphorous, kaya vitamin B kompleks dan susu kedelai setara dengan ASI (air susu ibu).

    Khasiat kacang kedelai, antara lain dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit diabetes, ginjal, anemia, rematik, diare, hepatitis, hipertensi, mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang) dan menurunkan berat badan

    KANDUNGAN SUSU KEDELAI
    Adapun Beberapa Kandungan dari susu kedelai :
    1. Tidak mengandung kolesterol
    2. Mengandung protein 11 kali lebih tinggi dari daging, 3 kali lebih banyak dibanding telur & 1,5 kali dari keju.
    3. Protein sayuran lengkap yang dibutuhkan tubuh.
    4. Mengandung kalsium 3 kali lebih tinggi, menghasilkan kalsium lebih tinggi dan mempertahankan kadar kalsium untuk mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang)
    5. Untuk anak dan bayi normal termasuk yang alergi terhadap susu sapi karena mengandung isoflavones
    6. Mengandung phytoestrogens alami
    7. Mengandung lesitin.
    8. Mengandung saponin

    Melilea Susu Kedelai sangat cocok bagi bayi berjalan 3 bulan, ibu menyusui, ibu hamil. Susu Kedelai Melilea organik lebih aman, terjamin dengan kualitas terpercaya untuk produk Super Brand Bintang 5.
    Minggu, April 19, 2009
    Manfaat Susu Kedelai Organik
    Saya sekeluarga (istri dan 2 anak yg berumur 7 tahun & 2 tahun), sudah (hampir) tidak pernah lagi mengkonsumsi susu sapi. Disamping berbahaya (karena mengandung kolestrol), susu kedelai organik Melilea menurut saya jauh lebih aman, jauh lebih sehat dan rasanya enak sekali. Anak saya yang baru berumur 2 tahun suka sekali. Banyak sekali manfaat yang saya dan keluarga sudah merasakan dari susu kedelai ini, seperti bisa untuk pengobatan diare, meningkatkan daya ingat anak saya, dsb.

    Berikut saya sampaikan informasi susu kedelai organik yang biasa kami minum. Semoga bermanfaat bagi Anda yang membaca.

    Susu Kedelai Organik Melilea adalah susu kedelai bubuk yang terbuat dari kacang kedelai 100% organik, halal, serta jauh lebih enak dan bergizi daripada susu kedelai biasa. Harganya pun cukup terjangkau bila dibandingkan dengan kualitas dan manfaatnya yang luar biasa.

    Susu Kedelai Organik Melilea merupakan sumber protein & kalsium terbaik menggantikan susu sapi & produk hewani lainnya yang umumnya tinggi lemak dan kolesterol. Susu ini cocok dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan, karena susu ini tinggi protein tetapi rendah lemak.

    Keunggulan Susu Kedelai Organik Melilea
    - Terbuat dari kedelai 100% organik (bebas dari pestisida & pupuk kimia).
    - Kandungan gizinya lebih tinggi daripada susu sapi & susu kedelai biasa.
    - Tidak mengandung kolesterol & bersertifikat bebas melamin.
    - Rasanya enak, gurih, dan tidak berbau langu karena kulit kacang kedelai yang menyebabkan bau langu telah dibuang.
    - Tanpa bahan pengawet, pewarna, dan pengental sama sekali.
    - Mata tunas kacang kedelai yang mengandung purin telah dibuang sehingga aman bagi penderita asam urat yang harus menghindari makanan berkadar purin tinggi.

    Khasiat Susu Kedelai Melilea
    1. Bagi Pria/Wanita Dewasa & Lanjut Usia
    - Melindungi jantung.
    - Mengurangi kolesterol ‘jahat’.
    - Mencegah osteoporosis.
    - Menstabilkan gula darah.
    - Memperbaiki sistem pencernaan dan ke-kebalan tubuh.
    - Meningkatkan stamina & daya ingat.
    - Membantu mencegah pembentukan sel-sel kanker payudara, kanker rahim, dan kanker prostat.
    - Membantu meringankan berbagai gangguan kesehatan, seperti: Diabetes, Nyeri sendi, Sembelit, Hipertensi, Kolesterol tinggi, Diare, Osteoporosis, Penuaan dini, Penyakit maag, Mudah lelah, Insomnia (sulit tidur), Mudah lupa (pikun)

    2. Bagi Ibu Hamil & Menyusui
    - Memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil dan menyusui, khususnya protein dan kalsium, sehingga janin/bayi tumbuh lebih sehat dan cerdas.
    - Memberikan energi tambahan yang diperlukan ibu hamil & menyusui sehingga tidak mudah lesu dan lelah.

    3. Bagi Bayi (>3 bulan), Anak-anak, dan Remaja
    - Meningkatkan daya ingat sehingga membantu proses belajar anak.
    - Meningkatkan pertumbuhan anak.
    - Memperkuat sistem kekebalan tubuh.
    - Sangat baik sebagai pelengkap ASI karena kandungannya menyerupai ASI.
    - Cocok untuk dikonsumsi semua bayi/anak-anak, baik yang mempunyai gangguan pencernaan dan alergi susu sapi maupun bayi/anak normal.

    Umumnya peningkatan daya ingat dan tumbuh kembang anak akan terlihat setelah mengkonsumsi susu ini secara teratur 2-3x sehari selama 2-3 bulan. Jangan ragu mengganti konsumsi susu sapi dengan Susu Kedelai Melilea karena Susu Kedelai Melilea mengandung protein & kalsium yang jauh lebih baik daripada susu sapi.
    Tip pemberian Susu Kedelai Organik Melilea.
    Bila sebelumnya anak terbiasa dengan susu sapi, perkenalkan Susu Kedelai Organik Melilea secara bertahap. Mula-mula dicampur dengan susu sapi bubuk atau susu kental manis, selanjutnya takaran susu sapi dikurangi sedikit demi sedikit sampai anak terbiasa dengan Susu Kedelai Organik Melilea. Untuk menambah rasa, boleh dicampur dengan cokelat bubuk atau madu.
    Untuk bayi (>3 bulan), Susu Kedelai Organik Melilea dapat diminumkan langsung atau dicampur dengan bubur bayi.

    Info produk lainnya dan distribusi lebih lanjut dapat dihubungi melalui pesan singkat (sms) kepada :
    1. Rudy 021 91719495
    2. Anto ` 0852 87067584
    3. Amal 021 98017986
    4. Petrus 021 32282719
    5. Bayu 085691987845

    CIPTAKAN SENDIRI UNTUK HIDUP LEBIH SEHAT BAGI KITA, DAN KELUARGA KITA DENGAN SELALU MENGKONSUMSI BERBAGAI PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN ORGANIK YANG TERBEBAS DARI SEGALA ZAT-ZAT KIMIA BERBAHAYA SEPERTI PENGGUNAAN PUPUK KIMIA, PESTISIDA, ZAT PERASA PEWARNA DAN PENGAWET SERTA POLUSI UDARA YANG BERLEBIHAN.

    BalasHapus