Ulasan Tentang Definisi dan Tipe Stroke

Kita sering mendengar istilah stroke, tetapi dalam benak kita masih muncul pertanyaan apakah stroke? Apa penyebabnya? dan Bagaimanakah cara mencegahnya? 
Definisi Stroke

Stroke adalah proses terjadinya kerusakan pada fungsi otak secara mendadak. Orang yang terserang stroke biasanya mempunyai ketidakmampuan untuk berbicara dengan jelas, berjalan, atau berpindah, karena darah pada orang tersebut berhenti mengalir ke daerah otak. Biasanya, hal ini disebabkan oleh penyumbatan atau perpecahan dari pembuluh darah.

Stroke meninggalkan dampak buruk pada jaringan syaraf yang lama. Parah tidaknya tergantung tergantung pada seberapa besar kerusakan otak yang terjadi, dan seberapa parah bagian otak yang terpengaruh.


Tipe Stroke

Terdapat dua kategori utama stroke, yaitu stroke ischemic dan stroke hemorrhagic

Ischemic Stroke


Jenis stroke ini disebabkan oleh penyumbatan aliran darah ke daerah otak. Bentuk ischemic stroke yang paling umum adalah:
1) Embolic Stroke
Stroke jenis ini terjadi bila terjadi pembekuan darah atau plak kolesterol ke otak hingga mencapai titik yang sempit di mana ia menjadi terperangkap. Hal ini menyebabkan satu dari artery tersumbat sehingga mencegah aliran darah yang sampai ke bagian otak.
2) Thrombotic Stroke
Pada stroke tipe ini darah di dalam pembuluh darah terjadi pebekuan yang menyebabkan gangguan aliran darah ke daerah otak. Bekuan darah seperti itu, juga dikenal sebagai thrombus, biasanya sangat mempengaruhi aliran darah di otak, terutama pada orang yang memiliki kolesterol tinggi.
Hemorrhagic Stroke
Jenis stroke terjadi bila pembuluh darah di dalam otak yang pecah, sehingga darah mengalir dalam atau di sekitar jaringan otak yang sehat. Dalam banyak kasus, penyakit ini merupakan hasil dari tekanan darah tinggi yang tak terkendalikan.

1 komentar:

  1. Penjelasan sederhana tentang stroke, yang harus diketahui oleh masyarakat awam. sungguh artikel yang sangat bermanfaat

    BalasHapus