Memahami Perkembangan Kanker

Jika seseorang bertanya pada kita tentang penyakit kanker, apakah kita dapat menjelaskannya? Saya kira banyak yang sudah mendengar istilah kanker, namun banyak juga yang tidak memiliki pemahaman tentang penyakit ini. Kita sering mendengar kata "kanker" berkali-kali, namun sangat sedikit dari kita yang berminat mempelajari penyakit kanker dan berusaha untuk mengetahui bagaimana penyakit ini berkembang. Karena biasanya ilmu tentang penyakit, hanya dipelajari oleh orang yang sedang kuliah ilmu kedokteran. Selain itu banyak orang termasuk saya, tidak memerlukan informasi tentang penyakit kanker jika sedang tidak membutuhkan.

Namun saat saya sedang melakukan penjelajahan di dunia maya, saya sedikit tertarik dengan sebuah artikel tentang penyakit kanker. Siapa tahu dengan pemahaman yang benar dan tepat dapat mengurangi ketakutan-karena banyak yang meninggal dunia akibat serangan penyakit ini.

Sekarang melalui media blog ini, saya ingin membagikan hasil pemahaman yang saya peroleh pada para pengunjung. Siapa tahu tulisan ini dapat berguna dan mendapatkan umpan balik melalui komentar.

Apakah Kanker Itu?

Kanker adalah jenis penyakit yang sangat kompleks, ada lebih dari 100 jenis kanker. Kanker dapat menyerang hampir di setiap organ dalam tubuh manusia. Kanker dapat menyerang kulit, tulang, darah, prostat, kandung kemih, payudara, dan masih banyak lagi.

Bagaimanakah Cara Kanker Berkembang?

Organ-organ dalam tubuh kita terdiri dari sel. Sel-sel dalam tubuh membelah diri dan bermultiplikasi sesuai kebutuhan. Bila sel-sel ini terus bermultiplikasi meskipun tubuh tidak membutuhkannya, hasilnya adalah suatu ledakan pertumbuhan sel, yang disebut tumor.

Pertumbuhan sel semacam ini mempunyai dua tipe. Tipe pertama adalah tumor jinak dan tipe kedua adalah tumor ganas. Tumor jinak sering dianggap bukan kanker sedangkan tumor ganas adalah kanker.

Tumor jinak sangat jarang yang mengancam kelangsungan hidup penderita, dan tumor jinak tidak menyebar ke organ lain dari tubuh. Jika terdapat tumor pada paha, biasanya tumor ini tidak menyebar ke organ tangan atau kepala. Tumor jinak dapat dibuang dari tubuh dan tidak terlalu berbahaya. Berbeda dengan tumor ganas (kanker), jenis ini sangat sulit diatasi, apalagi jika sudah sampai pada stadium 4, penderita kanker hanya tinggal menunggu ajal.

Bagaimanakah Cara Kanker Menyebar ke Bagian Tubuh yang Lain?

Sel tumor ganas mampu mendominasi jaringan tubuh dan organ, sehingga dapat menyebarkan penyakit. Ada juga kemungkinan untuk sel-sel kanker lepas dari tumor dan memasuki aliran darah, dan menyebarkan penyakit ke organ lain. Proses penyebaran ini disebut
metastasis.

Bila kanker telah menyebar ke daerah lainnya yang terkena dampak dari tubuh, penyakit ini masih merujuk pada organ awal. Misalnya, jika terjadi kanker tulang menyebar ke paru-paru, maka penyakit ini masih disebut kanker tulang, bukan kanker paru-paru.

Meskipun sebagian besar kanker berkembang dengan cara ini, penyakit leukemia tidak. Mereka akan mempengaruhi darah dan organ-organ yang berupa darah dan kemudian menyerbu sel-sel di dekatnya.

Setiap kanker berbeda, dan membutuhkan perawatan yang berbeda pula. Mungkin perawatan untuk kanker prostat efektif, tetapi mungkin tidak efektif untuk kanker kandung kemih. Diagnosing kanker juga akan bervariasi, tergantung pada organ yang terkena.

Nah, itu sedikit tulisan yang dapat saya bagikan pada para pengunjung, setelah saya membaca artikel dari http://cancer.about.com/od/newlydiagnosed/a/whatcancer.htm, semoga berguna bagi Anda semua. Jika ada pemahaman saya yang keliru, tolong di beri jawaban yang benar, sehingga jika ada pengunjung lain yang membaca juga tidak keliru.

4 komentar:

  1. salam kenal

    http://kovermajalah.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Hi. . Beautiful and Fun Site..Have Fun. . CHEERS

    http://www.message.blog.co.in

    BalasHapus
  3. thanks gan buat info kesehatannya,,,

    slm knal ya!

    BalasHapus