Jangan Mau Dianggap Blogger Plagiator (Penjiplak)

Plagiator adalah seseorang yang menjiplak karya orang lain, dan mempublikasikan ulang untuk kepentingan pribadi tanpa mencatumkan narasumbernya. Secara sederhana plagiator dapat disamakan dengan pencuri. Misalnya, ada sebuah ide/argumen yang sudah pernah ditulis oleh sesorang, namun ide tersebut dikutip (copy-paste) oleh plagiator dan dibuat seolah-olah memang ide itu adalah karyanya. Lalu ada juga sebuah karya lagu yang diciptakan seseorang, namun dengan sedikit ubahan, lagu tersebut dianggap sebagai karya baru oleh sang pencipta yang notabene adalah plagiator.

Nah, sekarang kita sebagai blogger yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia maya. Apakah Anda mau dianggap sebagai blogger plagiator? Tentunya Anda tidak mau disebut plagiator

Marah? Emosi? Malu? atau Cuek? Saya kira setiap orang akan memiliki sikap yang berbeda-beda dalam menanggapi kasus ini.

Sebenarnya sudah ada hukum yang mengatur dan membatasi ruang gerak sang plagiator, yaitu HAKI. Namun sayangnya masih banyak pula yang tidak menyadari akan hal ini. Sehingga tetap saja mereka merasa nyaman mengutip artikel sana-sini tanpa mencantumkan sumber kutipan. Buktinya, Saat saya mencoba mencari sebuah artikel melalui search engine, disitu ditampilakan banyak link dengan judul berbeda, namun setelah saya klik isi artikel sama persis.

Sangat di sayangkan! Karena sebagian besar link yang menulis artikel dengan judul berbeda namun isi tetap sama adalah para blogger plagiator.

Sebaiknya kita sebagai blogger, berhati-hati dalam membuat artikel/tulisan. Daripada kita dianggap sebagai plagiator lebih baik kita menulis sesuai kemampuan kita. Kita juga perlu berhati-hati dalam membuat artikel yang melibatkan ide orang lain, sebab jika ada yang merasa dirugikan lalu marah dan menuntut. Tentunya kita sendiri yang rugi.
kan? lalu tindakan apa yang akan Anda lakukan, jika tulisan ide, argumen, atau informasi yang telah Anda publikasikan di dalam blog ternyata dianggap sebagai karya orang lain.

8 komentar:

  1. Hello my friend, thank you for the visit, new day of happiness and peace. Hugs Valter.
    http://flying-low17.blogspot.com
    http://flying-low18.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Sependapat dengan anda bro, hanya memang agak susah mencegah plagiator di dunia blogging. Mungkin ada tipsnya bro??

    BalasHapus
  3. Spamming bukan cara aku.

    BalasHapus
  4. ho'o
    aku juga bersuaha untuk nulis yang apa ku ketahui tanpa plagiat a\dari blog lain
    mungkin blog lain jadi tambahan referensi
    hehehehehe

    BalasHapus
  5. A COOL SITE.

    www.message.blog.co.in

    BalasHapus
  6. wah menarik tuh postingannya..
    www.arofat87.co.cc

    BalasHapus