10 Tips Menulis Blog Yang Baik

Mengurangi jumlah plagiator yang sedang berkembang di media online sepertinya sangat sulit. Kami sebagai blogger yang sedang berkembang menyadari akan hal ini. Plagiator ada dimana-mana, baik di dunia real maupun di dunia maya. Kalo di dunia maya, mungkin plagiator juga dapat disebut dengan istilah spammer, yaitu blog atau orang yang menulis artikel sampah.

Banyak orang rela mengorbankan harga dirinya demi menjadi
plagiator. Alasan mereka melakukan tindakan penjiplakan karena tidak adanya rasa percaya diri. Menjadi plagiator bukanya karena tidak mampu menulis sendiri, namun karena malas, malu, takut salah, dll.

Sekarang, kami akan
membagikan tips menulis yang akan membuat Anda menjadi seorang penulis blog yang lebih baik. Tujuan utamanya adalah untuk mengurangi jumlah plagiator yang beredar di dunia maya. Jadi kami mencoba membagikan sedikit tips agar para blogger dapat menulis dengan baik tanpa menjadi plagiator. Jika ada rekan-rekan mempunyai usulan atau tips lain dan ingin menambahkan dalam blog ini, silahkan menulis melalui kotak komentar.

1. Perhatikan tanda baca, terutama untuk penggunaan titik dan koma yang benar. Kedua tanda baca ini untuk mengatur aliran pemikiran Anda agar dapat dipahami oleh pembaca. Namun jika seseorang tidak dapat menempatkan tanda baca secara tepat, maka dapat membuat teks sangat membingungkan.

2. Berlatih menulis setiap hari, meskipun ada bagian kalimat yang salah dan sulit dimengerti oleh orang lain. Latihan tiap hari akan meningkatkan kemampuan kita dalam menulis. Lakukan minimal 30 menit setiap hari. Tulislah setiap ide yang muncul dalam kalimat dengan gaya tata bahasa baku.

3. Cobalah untuk tidak mengedit saat Anda sedang membuat konsep awal. Membuat dan mengedit adalah proses yang menggunakan dua pemikiran, dan jika kita mencoba melakukan keduanya sekaligus, mungkin kita akan kehilangan ide/konsep teks. Lebih baik bikin konsep dulu, setelah selesai barulah diadakan sedikit pembenahan(editing) jika ada bagian kalimat yang salah atau pilihan kata yang tidak jelas.

4. Mempelajari aturan-aturan dalam penulisan yang baik

5. Menjadi pembaca yang baik

6. Belajar untuk menerima kritikan. Blog adalah media online untuk memposting hasil tulisan kita yang dapat menerima umpan balik dari pembaca. Jadi jangan kecewa terhadap kritik tajam yang diberikan dipostingkan oleh pembaca, jangan tersinggung meskipun Anda berpikir itu menyakitkan, dan berterima kasih pada orang-orang yang selalu meluangkan waktu untuk mengkritik.

7. Menghindari perluasan konsep. Kalimat seharusnya tidak berisi kata-kata yang tidak perlu. Namun bagi blogger ini tidak berlaku, karena artikel blog yang baik menurut saya adalah menggunakan bahasa sehari-hari, meskipun ada kata-kata yang tidak perlu tetapi selama masih berhubungan dengan konsep sepertinya gak ada masalah.

8 Coba gunakan kata-kata baru untuk menghindari pengulangan kata. Dengan cara ini kita dapat mempelajari penggunaan kata-kata yang berbeda.

9. Membaca karya penulis besar untuk inspirasi. Jika Anda membacanya, ini akan sangat baik untuk meningkatkan gaya menulis yang baik. Jika ingin menjadi penulis yang baik maka Anda perlu membaca dengan baik pula.

10. Jangan malu mengadopsi kebiasaan yang baik dari penulis lain.

12 komentar:

  1. Hello my friend, thank you for the visit, end of the day with happiness and peace. Hugs Valter.
    http://flying-low17.blogspot.com

    BalasHapus
  2. $$$mile for you my friend. :) pls $$mile back. thank you!

    BalasHapus
  3. Hi! Just blogwalking. I have cool topics back at my site. See yah there! ;)

    Add Topic™E-Pera

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. makasih inponye bang . .. :d

    BalasHapus
  6. tips yang bermanfaat bagi saya yang masih pemula ini!

    BalasHapus
  7. Sepakat banget dengan 10 tips diatas... makasih tipsnya ya, semoga bisa makin banyak blog yang bisa memberi orisinalitas dibandingkan hasil copas...

    Salam Kenal by

    Oentoe_09

    BalasHapus