Cara Meningkatkan Kredibilitas Blog

Kredibilitas adalah kualitas, kapabilitas, atau kekuatan untuk menimbulkan kepercayaan (http://id.wikipedia.org/wiki/kredibilitas). Bagi blogger muda seperti saya, tentu sangat merasa bahagia manakala blog kita dianggap berkualitas atau dapat dipercaya. Sebaliknya, kita akan merasa kecewa, lemah, dan marah ketika blog yang kita ciptakan dianggap sampah dan tidak bermutu.

Meningkatkan kredibilitas adalah bagian penting dari sebuah blog. Ini adalah proses yang membutuhkan usaha tanpa henti dan memerlukan waktu beberapa bulan atau bahkan tahunan untuk meningkatkan kredibilitas . Kredibilitas merupakan aset yang penting bagi blogger-khususnya blogger muda-. Kredibilitas dapat membuat blog Anda sukses. Namun jika sebaliknya, Anda tidak dapat menunjukan kredibilitas, saya kira blog Anda rusak dan berada diambang bak sampah.

Mungkin Anda pernah mengalami kejadian ini, orang meremehkan
blog/post Anda dengan komentar-komentar pedas baik melalui shoutbox ataupun comment box pada blog Anda. Barusan saya mendapat komentar dari seseorang yang memberikan saran kasar (kritikan) melalui comment box. Komentarnya seperti ini "Dasar luw... gw kira artikel beneran.. katepu dech...".

Saya sangat bersyukur karena mendapatkan masukan yang berharga ini. Meskipun saya tidak bermaksud menipu tetapi kenyataanya ada orang yang menganggap
post saya dianggap aksi tipu -tipu dan tidak seperti yang diharapkan pengunjung. Dengan adanya kejadiannya ini, saya sadar bahwa post saya harus ditingkatkan kredibilitasnya. Saya harus lebih bekerja keras mengeluarkan ide-ide cemerlang yang dapat memberikan solusi para pembaca blog gambar hidup. Jadi bukan sekedar basa-basi yang tidak bermanfaat alias mengecewakan pengunjung blog.

Lalu bagaimana
cara meningkatkan kredibiltas blog? Meyakinkan orang bahwa blog kita berkualitas atau memiliki kredibilitas sepertinya mudah untuk dikatakan namun tidak untuk dibuktikan. Di post ini ada beberapa hal yang dapat kita pelajari untuk meningkatkan kredibilitas blog, yaitu:
  • Melihat dan belajar dari blog sukses : Berkunjung ke blog sukses adalah cara yang saya gunakan untuk belajar meningkatkan kemampuan blogging. Sedikit meniru gaya bahasa tulisan di blog sukses mungkin juga dapat dimanfaatkan untuk menarik kepercayaan bagi pengunjung blog.
  • Mengutamakan kualitas pada interface dan konten blog : Saya berpendapat, kualitas pada tampilan dan post blog dapat meningkatkan kredibilitas kita. Pengunjung akan merasa lebih nyaman dengan interface yang menarik. Pengunjung juga lebih menyukai artikel berkualitas-artikel berkualitas adalah post yang dapat membantu seseorang atau memberi mereka sesuatu yang dapat meningkatkan kehidupan mereka. Kebanyakan orang akan memberikan rasa hormat pada blogger yang mempunyai interface dan post blog berkualitas.
  • Meningkatkan kreativitas, kecakapan, atau keterampilan dalam kegiatan blogging : Jangan pernah puas dengan kemampuan yang kita miliki saat ini. Selalu mengikuti perkembangan jaman agar dapat memberikan inovasi pada blog. Karena ini adalah hal yang tidak dapat diremehkan.
  • Memberikan komentar berkualitas pada konten blog orang lain : Ini yang seringkali diabaikan oleh kebanyakan blogger. Saat mereka berkunjung di blog orang lain lalu mereka memberikan komentar hanya untuk memndapatkan kunjungan balik. Seharusnya kita memberikan komentar sesuai dengan topik pembicaraan, bukan hanya memberikan komentar 'pertamaxxxx', 'nice blog','hai.....berkunjung'. Saat orang melihat komentar Anda, Anda dianggap tidak mempunyai kredibilitas.
Akhirnya saya belajar untuk meningkatkan krebilitas blog, Andapun juga belajar!

5 komentar:

  1. blog yang udah sukses emank bener untuk dijadikan pemicu blog kita
    agar lebih berisi dan khas...

    BalasHapus
  2. mu,,mu,,muantap,stuju buanget,blogger indonesia harus baca ni artikel,,

    BalasHapus
  3. memang kita harus selalu 'melihat keatas' agar slalu terpacu untk menjadi lebih baik lg...

    artikel2nya mantapz ne...save2 dl aj dh buat bahan bacaaan besok...hehe

    BalasHapus
  4. Ada 2 hal utama yang dapat anda lakukan dalam meningkatkan kredibilitas blog anda yakni meningkatkan kualitas isi dari blog anda dan tentunya meningkatkan kredibilitas anda sebagai penulis dari blog yang anda miliki atau anda kelola. Perhatikan juga kesesuaian profesi anda, bakat anda dan minat anda terhadap blog anda. Misalkan anda adalah seorang yang memiliki keahlian di bidang informasi teknologi, maka menulislah dibidang informasi teknologi. Selain meningkatkan kredibilitas anda, kemampuan anda akan meningkatkan kredibilitas blog anda dengan sendirinya. Blog anda dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kredibilitas anda, khususnya bagi anda yang memiliki profesi pada bidang jasa. https://fakhrurrojihasan.wordpress.com/2014/12/29/bagaimana-cara-meningkatkan-kredibilitas-blog-anda/

    BalasHapus