Cari Nama Domain Yang Tepat Buat Optimasi Blog

Menurut pendapat beberapa orang yang sudah lama berkecimpung dalam dunia blogging, nama domain ternyata dapat mempengaruhi traffic pengunjung. Maksudnya, nama domain yang dapat mendiskripsikan keseluruhan isi (konten) web akan mempunyai posisi yang lebih bagus di search engine. Jika blog kita memiliki posisi yang strategis di search engine tentu kita akan kebanjiran pengunjung blog.

Tidak saya sadari bahwa blog gambar hidup yang saya kelola ini ternyata memiliki posisi strategis untuk beberapa keyword, khususnya yang berhubungan dengan kata gambar. Sebagai contoh, blog ini berada di urutan kedua untuk pencarian kata 'gambar ikan'. Padahal untuk kata kunci 'gambar ikan' di google search jumlah pesaingnya udah mencapai 87 jutaan. Jadi saya beranggapan bahwa nama domain memang dapat mempengaruhi optimasi kata kunci di search engine.

Belajar dari pengalaman ini, bukankah sebaiknya artikel yang saya tulis selalu berhubungan dengan kata gambar. Karena ada kemungkinan akan lebih optimal di search engine. Namun sayangnya ide ini baru saya temukan sekarang. Padahal saya sudah terlanjur posting ratusan artikel di blog ini tanpa berhubungan dengan kata gambar.

Apakah saya perlu menghapus semua artikel yang tidak berkaitan dengan kata gambar di blog ini? dan Apakah search engine akan membenci dan mendepak blog saya gara-gara nama domain yang tidak sesuai dengan konten? Sepertinya saya tidak perlu mengadakan perubahan konten pada blog ini, yang sudah terlanjur ya biarkan aja.... yang penting selanjutnya saya tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Kesalahan ini tidak akan terjadi pada blog baru saya. Karena sebetar lagi saya akan melahirkan blog baru dengan domain dot com dan hosting sewaan yang akan saya kerjakan secara serius. Pada blog baru ini, saya berkomitmen akan memberikan artikel yang selalu berhubungan dengan nama domain. Jika saya sudah menetapkan sebuah nama domain maka konten blog tidak boleh menyimpang jauh dari nama domain tersebut. Saya tidak akan membahas tentang hukum jika ternyata nama domain saya bertema musik.

Terus terang, sampai saat ini saya masih kesulitan mencari nama domain yang tepat untuk blog baru. Karena bagi saya nama domain yang baik dan tepat akan lebih disukai search engine. Jadi saya gak mau kecewa karena salah dalam memilih nama domain. Nah, kalo ada yang mau bantu saya dengan memberikan tips atau pendapat silahkan di post di kotak komentar.

2 komentar: