Cara Mengatasi Bau Mulut tak Sedap

Mulut bau memang sangat menjengkelkan. Gara-gara mencium bau tak sedap dari mulut teman, saya jadi tidak nyaman lagi ngobrol dekat-dekat dia. Gara-gara mulut saya bau bawang, akhirnya gagal juga cium istri.

Seorang pria umur 35 tahun memiliki masalah bau mulut. Padahal dia rajin menyikat gigi secara teratur lo, tapi tetap saja bau mulutnya tidak sedap. Apa mungkin gara2 ia mengkonsumsi makanan yang dapat memicu bau tak sedap pada mulut ya? Kalo mulut bau tak sedap tiap hari dan sepanjang waktu, kayaknya bukan dampak dari makanan deh. Klo bukan karena makanan yang memicu bau tak sedap, lalu apa penyebabnya?

drg Sri Maharani dan drg Koestanto Ph MKes menjelaskan dalam rubrik kosultasi Solopos bahwa bau mulut (halitosis) dapat di sebabkan oleh beberapa hal. Kebanyakan bau mulut tak sedap disebabkan oleh kurangnya menjaga kesehatan/kebersihan gigi dan mulut. Jika sudah rajin membersihkan gigi dan mulut, tapi mulut masih saja bau tak sedap mungkin disebabkan oleh penyakit kronis yang berhubungan dengan THT, sirosis hati, penyakit ginjal, saluran pernafasan, sinus, radang gusi atau diabetes. Bau mulut tak sedap, biasanya berpusat di bagian lidah, sela-sela gigi, pangkal lidah, gigi berlubang(rusak), dan gusi yg terinfeksi.

Banyak orang menyikat gigi tidak lebih dari satu menit. Padahal menurut literatur, idealnya di perlukan waktu minimal tiga menit. Nah jika ingin mulut dan gigi bersih, sebaiknya sikat gigi anda minimal 3 menit agar dapat mengeleminasi bakteri merugikan.

drg Sri Maharani dan drg Koestanto Ph MKes juga menyarankan agar kita merawat kebersihan gigi, berhenti merokok, dan menghubungi dokter gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut agar dapat meminimalkan bau mulut.

4 komentar: