Cara Mengontrol Gangguan Kulit Berminyak

Bagi anda yang mengalami gangguan kulit berminyak, jika ingin membuat kulit wajah anda jadi normal/lembab memang memerlukan perawatan yang teratur dan berkesinambungan. Karena pada prinsipnya produksi minyak dalam kulit adalah proses alamiah yang tidak bisa dihentikan namun bisa dikontrol agar tidak berlebih.

Untuk memperoleh kulit wajah yang normal tidak cukup hanya dilakukan perawatan satu hari, satu minggu, satu bulan atau bahkan satu tahun. Perawatan harus dilakukan secara terus-menerus hingga tua atau sampai keriput karena usia.

Jadikan perawatan kulit wajah sebagai kebutuhan rutin agar selalu tampak cerah. Sebaiknya dihindari perawatan wajah ala kadarnya. Buang rasa malas dalam merawat kulit wajah berminyak meski anda memiliki jadwal kerja yang melelahkan.

Gambar 1.1. Kulit Berminyak pada Wajah

Apa saja yang harus dilakukan dalam perawatan kulit berminyak? Langkah pertama adalah mengetahui faktor penyebab kulit berminyak yang anda alami. Kulit berminyak dapat dipengaruhi oleh pola makan tidak baik, obat, produk kosmetik,pengaruh diet ketat, adanya ketidak seimbangan hormon, atau faktor gen keturunan.


Langkah berikutnya adalah rajin membersihkan kulit wajah. Tidak perlu dilakukan secara berlebihan, gunakan facial wash yang cocok untuk kulit berminyak. Cukup bersihkan kulit wajah saat mandi dan saat akan tidur. Hindari susu pembersih karena akan membuat kulit makin berminyak. 


Gunakan toner setelah mencuci muka. Toner merupakan suatu produk yang berguna untuk mengurangi kadar minyak di wajah.Cari toner yang tidak mengandung alkohol.Karena alkohol justru akan membuat kulit jadi kering dan kelenjar minyak pun memproduksi minyak lebih banyak.

Selanjutnya adalah konsumsi makanan yang banyak mengadung vitamin A, E, K, C, dan B kompleks yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Hindari makanan yang banyak mengandung lemak dan gula.

Pakai produk kosmetik yang banyak mengandung vitamin untuk nutrisi kulit. Hindari produk kosmetik yang dapat memicu masalah kulit berminyak, biasanya mbak-mbak yang tugas di counter kosmetik sudah tahu jika anda bertanya produk apa yang cocok untuk kulit berminyak.

Gunakan pelembab yang bebas minyak untuk melembabkan kulit wajah Anda. Jangan sembarang memilih pelembab, sebab kebanyakan pelembab digunakan untuk mereka yang memiliki jenis kulit kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar