Kulit Berminyak? Tips Perawatan dan Cara Mengatasinya

 Gambar 1.1. Kulit Wajah Berminyak

Kulit berminyak seringkali membuat rasa percaya diri kita berkurang. Melihat dan meraba kulit wajah diri sendiri rasannya seperti sedang  memegang bakwan goreng atau martabak telur. Kulit berminyak membuat wajah tampak kusam, kotor, seperti tidak terawat.
Gara- gara gangguan kulit berminyak, saat bertemu cewek/cowok yang ditaksir justru akan membuat kita melarikan diri karena malu. Saat kita tampil didepan panggung sebagai pembicara, mc, atau motivator. ternyata kulit berminyak juga sedikit mengganggu dalam penampilan. Beberapa orang pasti sedikit risih melihat produksi minyak yang berlebih pada wajah kita. Bahkan saat kita duduk dalam sebuah komunitas pun, seringkali kita menundukan wajah karena minder, dan beranggapan bahwa teman-teman pasti risih melihat wajah kita.

Mengalami gangguan ini seringkali membuat frustasi dan jengkel. Melihat teman yang memiliki kulit wajah mulus membuat kita tambah stres. Ingin terbebas dari gangguan ini, tapi rasanya susah banget.

Berbagai usaha mulai kita tempuh. Membeli suatu produk yang di iklankan di televisi, radio, atau majalah. Tidak berhasil ganti dengan produk yang lain. Mengikuti saran teman-teman , dengan tips perwatan secara tradisional. Juga masih belum berhasil. Akhirnya konsultasi ke dokter spesialis kulit dan kecantikan. Namun masih saja tidak kunjung sembuh.


Dulu kulit wajahku juga berminyak parah, berjerawat, dan selalu tampak kusam karena warna kulit hitam ditambah dengan kilauan minyak. Wah, bikin minder abis! Namun sekarang, kulit sudah tidak terlalu berminyak, lebih bersih, dan jerawatpun sudah lenyap. Nah, hari ini saya akan mencoba berbagi tips kesehatan kulit wajah agar dapat membantu pengunjung blog yang mengalami masalah ini.
Gambar 1.2. Contoh Merawat Kulit Wajah

Sebelum kita membahas cara perawatan dan solusi mengatasi masalah kulit berminyak, ada baiknya kita memahami faktor-faktor yang menyebabkan gangguan ini.
  • Faktor keturunan/gen, orang tua yang memiliki masalah kulit berminyak biasanya juga akan diturunkan ke anaknya.
  • Faktor ketidak seimbangan hormon. Biasanya dialami oleh remaja/pemuda yang memasuki masa pubertas.
  • Faktor pola makan yang kurang baik. Terlalu banyak mengkomsumsi makanan yang mengandung lemak dan kadar glukosa tinggi. Dapat memicu gangguan kulit yang berminyak.
  • Faktor obat-obatan, seperti pil KB juga dapat mempengaruhi timbulnya gangguan kulit berminyak
  • Faktor pemakaian produk kosmetik yang tidak cocok dengan kulit juga bisa memperparah kondisi kulit berminyak.
Untuk mengetahui cara mengatasi gangguan kulit berminyak yang baik adalah dengan menentukan faktor apa sih yang kira-kira membuat kulit anda bermasalah. Jika menurut anda, faktor pola makan maka anda harus dengan sadar mau mengurangi makanan berlemak dan makanan yang banyak mengandung gula. Jika permasalahan anda disebabkan karena gangguan hormonal tentu anda harus sedikit bersabar untuk mengatasinya, karena memperoleh keseimbangan hormon itu memerluka proses yang agak lama. Tetapi bila ternyata faktor yang membuat kulit wajah anda berminyak adalah pengaruh obat atau produk kosmetik maka anda harus mencari alternatif produk lain yang sesuai dengan kulit anda. Namun bila faktor keturunan yang mendominasi munculnya gangguan ini, maka relakan saja kulit anda tetap berminyak. Namun jangan pernah berputus asa, meski kulit wajah tetap berminyak jika dirawat dengan baik tentu gangguan ini dapat di minimalisir.

Biasanya masalah kulit beminyak tidak hanya dipengaruhi oleh satu faktor saja. Kadang dua faktor, tiga faktor atau bisa juga semua faktor diatas mempengaruhi masalah kulit berminyak

Lalu bagaimana cara merawat dan mengatasi gangguan kulit berminyak? Pada prinsipnya kulit berminyak adalah proses alamiah yang dialami semua orang. Jadi tidak ada obat atau teknik yang bisa menghentikan proses ini. Namun dengan perawatan yang baik, pemakain obat/produk kosmetik yang benar akan dapat mengontrol produksi minyak yang berkebih pada kulit wajah. 

Cara merawat dan mengatasi gangguan kulit berminyak menurut Ehow :
  1. Cuci wajah Anda tiga kali sehari dengan menggunakan sabun dan air panas. Air panas jauh lebih efektif melarutkan dan membasuh minyak di kulit daripada air dingin. Anda dapat menggunakan sabun batangan biasa atau mencoba sabun khusus untuk kulit berminyak yang ada di apotik.
  2. Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan sirkulasi, meningkatkan aliran darah serta pori-pori. Seperti yang orang banyak tahu, berkeringat itu menyehatkan  bagi kulit. Tak hanya itu, berkeringat pun dapat membantu menghentikan kulit berminyak dan mengurangi frekuensi wabah jerawat.
  3. Oleskan masker lumpur atau tanah liat beberapa kali dalam seminggu. Masker yang cenderung gelap biasanya akan menyerap minyak dengan sempurna serta mengurangi iritasi kulit sensitif
  4. Beli lah kosmetik yang berbahan air karena produk yang berbasis minyak dapat meningkatkan minyak di wajah. Anda pun dapat menggunakan bedak tabur untuk memulas wajah Anda. Bedak tabur memang tidak akan menghentikan produksi minyak, tetapi bedak jenis ini dapat meminimalkan minyak berlebih di kulit Anda
  5. Menghentikan atau mengubah jenis pil kontrasepsi yang Anda gunakan untuk membantu menghentikan kulit berminyak. Hormon memainkan peran utama dalam kulit berminyak. Itulah mengapa minyak dan jerawat meningkat selama masa pubertas dan kehamilan. Jika Anda tidak sedang menggunakan pil KB, Anda dapat meminta dokter tentang manfaat dan risiko penggunaan kontrasepsi lain untuk mengobati kulit berminyak.
  6. Hindari menstimulasi kulit Anda secara berlebih. Exfoliating terlalu sering adalah pemicu umum produksi minyak yang berlebihan. Terus menerus menggosok atau scrubbing kulit juga bisa menyebabkan overstimulasi. Makin banyak jaringan kulit yang terkelupas setiap minggu makan akan meningkatkan produksi minyak.
  7. Gunakan obat atau resep yang mengandung retinol guna mengontrol kulit berminyak serta menghindari iritasi pada kulit seperti kemerahan dan kulit mengelupas.

9 komentar:

  1. Nice blog!
    Ingin mengatasi masalah kulit/wajah anda??
    sekaligus menjadi salah satu resller kami??
    temukan kami di

    www.mcidistributor.blogspot.com

    BalasHapus
  2. risih banget emang ya kalau punya kulit berminyak..
    btw, makasih buat tipsnya.. nanti bakalan coba :)

    BalasHapus
  3. kulit yang berminyak memang menjadi masalah besar bagi setiap orang ya sist

    BalasHapus
  4. Sebelum memiliki masalah kulit berminyak sebaikan lakukan perawatan kulit wajah secara teratur sehingga kulit selalu bersih dan sehat dan terhindar dari masalah kulit seperti kusam, berminyak, dan berjerawat.

    BalasHapus
  5. Perawatan wajah alami menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah kulit kusam dan berminyak. Hasilnya lebih optimal, aman juga untuk kesehatan.

    BalasHapus
  6. Cuci wajah setiap bangun pagi hari kemudian lanjutkan pembersihan menggunakan toner. Dijamin kulit bebas kusam, berminyak, apalagi jerawat.

    BalasHapus
  7. Terbaik infonya. Terima kasih admin share info yang bagus sekali. Salam dari blogger blogwalking ya.

    Salam admin. Tumpang Iklan:-

    Sayangi dan hargai suami anda. Jangan biarkan suami cari lain atau makan luar.
    Ikuti blog kami untuk promosi istimewa sekarang.
    Hanya untuk 10 pelanggan terawal.
    Wanita cantik bermula dari diri :)

    [BESARKAN BUAH DADA, BESARKAN PUNGGUNG, RAWAT KEPUTIHAN, KETATKAN FARAJ, KEMBALI DARA]

    BalasHapus
  8. Kulit berminyak harus rajin bersihin dan perawatan aja sih sebenernya. Dan perawatan kulit itu yang pasti harus disesuaikan dengan jenis kulit kita masing-masing ya. Aku biasa baca tips2nya DISNI

    BalasHapus
  9. Tipsnya super banget. Perlu banyak belajar nih dari blog gambar hidup.

    Ada juga sih tips untuk kulit wajah bermingyak dan berikut Cara merawat kulit wajah berminyak agar tampak awet muda

    Semoga bermanfaat juga yah ky blognya suprih

    BalasHapus