Bunga Mawar Biru Ternyata Hasil Rekayasa Genetika

Tahukah Anda bahwa ternyata warna bunga mawar biru adalah hasil rekayasa. Bunga mawar biru ini tidak tumbuh alami seperti mawar merah atau mawar putih yang sering dijual di pasar atau toko-toko bunga. Warna biru pada mawar diperoleh melalui proses genetika, yaitu dengan cara mensintesis pigmen yang ditemukan pada bunga biru bernama Petunia

Dari Bunga Petunia diperoleh gen delphinidin, yaitu gen penghasil warna biru. Kemudian gen ini dimasukkan ke dalam bunga mawar berwarna ungu pucat. Percampuran ini akhirnya menghasilkan kelopak mawar berwarna merah anggur tua akibat dari kelebihan pigmen biru. Agar mendapatkan warna bunga mawar biru seperti yang diharapkan, para peneliti memanfaatkan teknologi RNAi untuk mengurangi hasil pewarnaannya.

gambar_mawar_biru_dalam_pot
 Gambar 1a. Mawar Biru

gambar_mawar_biru_indah
 Gambar 2a. Mawar Biru Indah

Siapakah yang melakukan rekayasa genetika mawar biru pertama kali? 

Mawar biru merupakan hasil temuan para peneliti dari perusahaan Jepang bernama Suntory yang bekerjasama dengan perusahaan Australia bernama Florigene. Sebelum bunga mawar di rekayasa menggunakan delphinidin, usaha pengembangan yang dilakukan para peneliti melalui berbagai penyilangan selalu gagal.

Berapa lama rekayasa genetika mawar biru dilakukan? 

Uji coba untuk mendapatkan warna biru pada bunga mawar seperti ini ternyata memerlukan waktu yang cukup lama. Penelitian ini telah memawakan waktu lebih dari 13 tahun.

gambar_setangkai_mawar_biru
Gambar 3a. Mawar Biru Asli 

Berapa harga bunga mawar biru?

Karena tanaman bunga mawar biru ini masih sangat jarang, jika Anda tertarik untuk memilikinya tentu harus bersedia membayar cukup mahal. Tahukah Anda berapa harga tiap tangkainya? Bunga ini dijual seharga Rp200-300 ribu pada bulan november 2011 dan tidak semua pelanggan bisa memperolehnya, karena penggunaan bunga mawar biru ini masih sangat ketat. Digunakan hanya untuk acara tertentu saja.

Jika Anda ingin mendapatkan bunga mawar biru yang murah kayakanya ada yang jual sih. Tapi jangan berharap warna biru mawarnya asli. Karena ada juga di pasaran bunga mawar biru yang palsu atau diberi pewarna.

Jadi jika ingin membeli produk bunga mawar biru asli, Anda harus jeli dan teliti.

5 komentar:

  1. dimana bisa dapatkan mawar biru yg asli gan...tlg ksh tau

    BalasHapus
  2. Wah . .Warna birunya bagus sekali

    BalasHapus
  3. cantik bunga n warana biru nya y.....
    pengen rasanya memiliki...

    BalasHapus