Cara Menunda Mawar Potong Cepat Layu

Mawar potong menjadi layu adalah hal yang ingin kita hindari bukan? Ini memang tidak dapat dihindari namun dapat ditunda dengan persiapan dan perawatan yang tepat.

gambar_mawar_potong
Mawar dalam vas akan menambah keindahan ruang rumah, ruang kantor, lobi, atau kamar rumah sakit. Mawar potong dalam vas merupakan dekorasi sederhana namun terlihat cantik ditambah aroma wangi mawar akan menambah suasana terasa lebih sejuk. Banyak wanita suka menerima mawar dan pria suka memberi mawar kepada wanita yang dicintai. Sayangnya, setelah beberapa hari dekorasi mawar potong yang cantik ini mulai layu. 


Mawar layu dini tidak selalu merupakan tanda bahwa mawar sudah tua. Biasanya ini menunjukkan bahwa ada gelembung udara di dalam batang sehingga batang perlu pangkas lagi. Rendam seluruh bagian mawar termasuk batang dan daun dalam wadah berisi air hangat, kemudian pangkas sedikit batang mawar. Dengan kata lain letakan mawar di bawah air dan potong bagian bawah batang, sekitar satu setengah inci. Dalam waktu satu jam biasanya mawar dapat hidup kembali dan dapat disegarkan kemabali dengan cara tersebut. Jika mawar banyak menyerap udara maka dapat menyebabkan mawar potong layu.
 
Vas bunga yang tidak bersih juga dapat membuat pori-pori batang mawar tidak bisa mendapatkan cukup air untuk mekar sehingga bunga mawar potong milik anda akan menjadi layu. Jika Anda menggunakan pemutih untuk membersihkan  vas bunga sebainya Anda hati-hati. Bilas vas sepenuhnya dengan air hangat untuk membuang kandungan pemutih.
 
Buang daun yang terendam di bawah permukaan air pada vas. Karena daun ini akan mudah busuk sehingga dapat menyebabkan penyakit.  

Setelah menerima mawar potong segera letakan dalam air pada suhu kamar untuk menghindari gelembung udara.
 
Mengganti air untuk vas bunga mawar sehari sekali dan tambahakan juga makanan mawar.

Ingatlah untuk menghidarkan mawar Anda dari sinar matahari langsung, ventilasi pemanas dan jauhkan dari angin. Gantilah air seperti yang dijabarkan sebelumnya.

Yang perlu dihindari: 
 
  • Proses pematangan sayuran dan buah-buahan mengeluarkan gas etilen yang dapat mempercepat penuaan dari mawar. Ketika memajang mawar disuatu tempat sebaiknya menjauhkannya dari buah-buahan dan sayuran. 
  • Asap dari rokok juga akan memperpendek umur mawar.

Beberapa mawar yang telah layu di bagian leher (batang tepat di bawah bunga) tidak dapat dihidupkan kembali. 

Penyebab utama kematian mawar atau mawar potong layu adalah perubahan suhu yang ekstrim. 

Beberapa masalah khas yang terjadi adalah:
 
  1. Bunga layu dalam sehari dan leher batang jadi lemas karena leher dibengkokkan. Bunga itu mungkin mengering terlalu lama. Sehingga anda  perlu untuk memotong batang kembali. 
  2. Mawar tidak merekah. Bunga itu mungkin dipanen terlalu awal atau bisa juga mawar sudah terlalu tua. Pertimbangkan untuk menempatkan mawar ini dalam vas mawar. 
  3. Mawar jadi cepat merekah. Penyebabya mungkin karena penggunaan air yang terlalu hangat.
  4. Kelopak bunga yang layu dalam sehari. Hal ini mungkin karena usia mawar, gara-gara masalah air atau karena efek paparan etilen (Dari buah segar dan sayuran) 
  5. Gelembung udara dan bakteri adalah penyebab utama mawar potong layu. Untuk mencegah ba

3 komentar:

  1. Terimakasih atas artikel yang menjelaskan tentang cara mengatasi mawar potong agar tidak mudah layu ini, sangat bermanfaat bagi para pembaca dan dapat dicoba langkah- langkahnya.

    BalasHapus
  2. terima kasih atas tips yang telah diberikan

    BalasHapus
  3. Tips yang sangat bagus sekali, makasih sudah berbagi ilmunya dan tips cara mengatasi mawar potong agar tidak cepat layu, bermanfaat sekali bagi para yang suka bunga mawar dan patut untuk di contoh..

    BalasHapus