Cara Desain Taman Rumah - Memilih Tanaman untuk Taman Kecil

Artikel ini hanya sebagai pertimbangan dalam mendesain taman dengan lahan/ruang yang kecil


rumah_kebun_kecil
Kesulitan dalam memilih tanaman untuk taman? Sebaiknya Anda mengurangi daftar tanaman yang anda sukai dan akan Anda gunakan. Karena jika tidak maka ini akan menjadi masalah sulit jika lahan taman yang anda sediakan kecil. Cobalah untuk menghindari kesulitan ini dengan menciptakan kerangka kerja dengan cara menyeleksi tanaman, sebelum memulai membuat daftar tanaman Anda.

Pikirkan, Apa yang akan mempengaruhi keputusan Anda?

1.Kendala Anggaran: Saya menempatkan ini pada posisi pertama karena ini adalah sesuatu yang sangat perlu dipertimbangkan dalam desain taman. Biaya sebuah taman dengan ruang kecil sepertinya kelihatan murah namun bisa jadi lebih mahal. Jangan lupa anggaran untuk tanah pun dapat mengubah biaya wajib Anda dalam membuat taman kecil. Belum lagi jika tanaman yang Anda inginkan termasuk dalam tanaman spesimen mahal. Meski demikian masih ada cara untuk mengatasinya, yaitu dengan membuat taman Anda secara bertahap, mungkin perlu waktu beberpa tahun.  

2. Tanaman yang sudah ada sebelumnya: Dengan pengecualian pohon, biasanya lebih mudah untuk membuang tanaman yang sudah ada daripada merancang/menata tanaman di sekitar mereka. Anda dapat menyimpan tanaman yang sudah dan memasukkan ke dalam desain Anda. Akan ada baiknya jika Anda berminat melengkapi tanaman yang sudah ada, dengan pohon favorit untuk menambah nilai keindahan. Jika itu terjadi, Anda harus sangat disiplin dengan  diri sendiri.

  • Apa jenis tanaman yang akan ditanam dapat bertahan hidup di bawah naungan pohon yang sudah ada?
  • Apakah Anda perlu membuang sebagian pohon yang ada untuk menjaga nilai keindahan dalam mebuat taman pada ruang sempit? 
3. Proporsi: taman ruang kecil masih perlu memiliki keseimbangan. Aturan praktis untuk batas taman adalah yang luasnya tidak kurang dari 1/3 panjang.

4. Dasar-dasar: Kawasan/daerah sekitar dan sinar matahari: Sebaiknya Anda berusaha untuk mengetahui semua analisis kawasan sekitar untuk suatu alasan. Tujuannya untuk mengetahui tanaman apa yang dapat berkembang baik di kebun Anda. Jika sudah, sekarang saatnya untuk membuat  daftar tanaman yang sesuai dengan kondisi kawasan Anda. Sekarang Anda harus tetap disiplin dengan diri sendiri atau akan membuat pekerjaan Anda menyesal sendiri nanti. Anda dapat mengubah pikiran tentang warna atau gaya.

5. Gaya Berkebun Anda : Gaya ini dapat berarti preferensi untuk lebih sesuai warna tema, seperti pewangi atau gaya yang sebenarnya, seperti cottage atau hutan kebun. Untuk ini Anda harus lebih banyak menanam banyak tanaman dibandingkan daerah lain, tetapi sayangnya ruang Anda terbatas. Anda mungkin mencintai bunga poppy merah, tapi mereka akan menjadi titik fokus di kebun Anda. Ketika memilih tanaman untuk gaya, ini dapat membantu dalam mengelompokkan tanaman Anda. Dengan cara ini Anda dapat melihat Pakis, Seal dan Solomen akan tampak cantik bersama-sama. Primrose mungkin sesuai dengan kondisi lokasi tapi warna tajamnya mungkin terlalu menggelegar untuk tampilan taman hutan.

6. Persyaratan Pemeliharaan: Karena ini adalah sebuah taman ruang kecil, pemeliharaan akan jadi kurang intensif. Tapi jujur ​​dengan diri sendiri tentang apa yang Anda bisa lakukan. Taman Anda mungkin terlihat baik pada awalnya, tetapi banyak tanaman berkembang biak dan perlu dibagi setiap beberapa tahun. Karena jika tidak mereka akan mulai mati atau mungkin mendesak tanaman lain.

7 komentar:

  1. waa walopun kecil keren tamannya.. makasih inspirasinya

    BalasHapus
  2. wah thanks banget boss, jd dapet inspirasi bikin taman kecil ni :D

    BalasHapus
  3. mantap share nya sob, taman dalam ruangan/rumah bisa menjadi alternatif di saat space lahan rumah kecil dan sempit, selain itu juga dapat menyegarkan suasana ruangan dan efesiensi pemanfaatan ruangan

    BalasHapus
  4. bagus banget artikelnya,
    boleh juga di coba buat bikin taman di rumah..
    makasih ya gan..

    BalasHapus
  5. terima kasih atas sharenya, sangat bermanfaat. salam kenal dan salam juga buat rekan2 gan.

    BalasHapus
  6. terimakasih banyak atas sharing infonya tips mendesaign taman impian dengan beberapa hal" yang harus diperhatikan. sangat membantu sekali jadinya ingin membuat taman sepert apa


    oya mohon maaf ya gan sebelumnya, ane mau numpang share beberapa info barangkali ada yang lagi nyari rumah, bisa cek beberapa link di bawah ini hehehe

    Perumahan Baru
    developer perumahan
    developer property
    harga perumahan

    BalasHapus
  7. info yang berguna sekali ini gan buat yang sedang bingung untuk memilih jenis tanaman apa dirumahnya

    oh iya gan, numpang share nih barangkali ada yg lagi cari rumah silahkan disimak gan

    rumah kontrakan dijual
    rumah medan
    rumah minimalis dijual
    rumah minimalis murah

    thanks

    BalasHapus