Tips Mengurangi Stress Akibat Gangguan Suara Bising

Hidup manusia sekarang banyak gangguan/polusi suara. Kemanapun kita pergi, di jalan raya bising kendaraan bermotor, saat jalan-jalan ke mall bising suara musik, di rumah bising suara TV/Radio/Tape, apalagi Anda yang bekerja di pabrik bising suara mesin.Gangguan Suara

Gangguan ini bukan Anda yang menciptakan. Bisa jadi teman, anak, orangtua yang suka mendengarkan musik dengan sangat keras, suara mesin bor atau pemotong keramik yang digunakan tukang bangunan atau dirumah Anda banyak anak-anak yang sedang bermain dan bercanda.

Suara bising bukan penyebab STRESS Anda. Seorang mengalami Stress karena banyak hal, pekerjaan yang menumpuk, lalu lintas macet, anak nakal, masakan istri hambar, dan lain sebagainya. Suara bising hanya pemercepat Sterss Anda, dalam istilah ilmu kimia disebut ‘katalis’. Jadi seandainya disekitar Anda tidak ada suara bising yang mengganggu bukan berarti akan terbebas dari stress.
Saat Anda STRESS ringan atau berat, dan disekitar Anda banyak suara bising apa yang bisa dilakukan?. Langkah tepat yang dapat dilakukan adalah cepat mencari tempat yang sunyi atau sepi. Tanpa suara bising motor, TV, Tape, radio, atau gaduh anak-anak. Kalau Gambar Hidup (GH) biasanya segera naik sepeda / motor menuju ke sawah. Lumayan jauh juga sih.
Kalo tips ini tidak memungkingkan Anda lakukan ambil langkah EXSTRIM. Minta TV/Radio/Tape dimatikan, mesin bor atau pemotong keramik yang digunakan tukang bangunan dimatikan. Langkah ini sangat tidak disarankan.
Lebih baik Anda yang menghindar daripada terkesan EMOSIonal dan EGOIS.
Untuk menjaga keseimbangan hidup sebaiknya kita usahakan 30 menit sehari tanpa suara bising. Hal ini dilakukan dalam kondisi sadar bukan saat tidur. Silahkan dicoba jika gagal silahkan kirim komentar balik.

3 komentar:

  1. Kebisingan biasanya memang membuat perasaan kita jadi tertekan. Terlebih jika kebisingan itu memiliki volume suara yg tidak stabil. Misalnya suara anak2 yg sedang bermain, suara yg terlalu keras dari tv atau radio. Di kota-kota besar dgn pemukiman yg padat dan hiruk-pikuk, kebisingan bakal sulit dihindari. Kecuali suasana di perumahan elit. Mungkin kita memang harus membiasakan diri dgn kebisingan. Kalau daerah tempat tinggal kita jauh dari kawasan persawahan atau perkebunan sih.

    BalasHapus
  2. makasih yah atas tipsnya, saya juga minta izin copy yah. Terima kasih

    BalasHapus
  3. mas ada tips buat ngilangin pegel2 saat habis bangun tidur gk. hehehe..

    BalasHapus