Merawat Sebuah Blog Tidak Semudah Menciptakannya

Ciptakan blog Anda dalam tiga langkah mudah, merupakan tawaran yang diberikan saat Anda mengunjugi situs www.blogger.com atau www.blogspot.com . Tanggal 4 April 2008 Saya berminat menerima tawaran ini. Dalam waktu kurang dari 10 menit saya sudah mempunyai sebuah blog. Gambar Hidup (GH) adalah nama blog pertama saya.



GH bukan penulis atau jurnalis profesional yang dapat memberikan karya hebat untuk dipostingkan di blog ini. Hal ini terbukti dengan sepinya komentar pada blog sampai saat ini. Selama tiga setengah bulan GH hanya memperoleh 3 komentar pada postingan. Ah kok jadi ngelantur ya…..



Begini lo maksud GH,setelah memiliki sebuah blog apa langkah selanjutnya yang harus kita lakukan untuk mempertahankan blog tetap menarik.

Sebelumnya GH minta maaf pada blogger professional yang sudah popular. Apabila pemikiran GH ini salah tolong diluruskan yaaa. Berikut 4 kesukaran merawat blog:



Perawatan pertama adalah tampilan Blog (interface)


Mempunyai interface yang sesuai dengan konsep/visi. Mengusahakan tampilan Blog nyaman dimata dan sejuk dihati. Saran GH untuk mengatasi kesukaran ini adalah sering bereksperimen mengkombinasikan warna dan font blog. Jangan pernah puas dengan template bawaan! Cari software untuk membuat banner, ciptakan banner dengan mempertimbangkan kombinasi warna pada blog.




Perawatan kedua adalah konten (postingan)


Masalah ini tergantung pada potensi dan kemampuan kita. Semakin Anda cerdas semakin bagus konten yang Anda tampilkan. GH belum berani memberikan saran teknik dalam membuat konten yang benar, karena GH masih dalam tahap belajar. Jika Anda berminat mengikuti jejak GH, maka langkah-langkah yang dilakukan adalah memberikan konten yang berisi ide atau argumen pribadi, mencari referensi pendukung, dan selalu memiliki motivasi untuk menjadi penulis profesional.



Perawatan ketiga adalah membangun hubungan (relationship)

Blog adalah media yang digunakan untuk saling berbagi ide. Analisis GH, penelitian yang belum dapat disimpulkan setelah memasang Chat Widget adalah bergesernya fungsi blog.
Widget lebih sering dimanfaatkan untuk membangun komunikasi daripada meninggalkan sebuah komentar pada artikel postingan.
Apabila kita memanfaatkan fungsi kotak komentar, sebenarnya ini lebih powerfull untuk membangun hubungan dari pada hanya memanfaatkan pesan pendek widget dan komunikasi menggunakan widget tekesan tergesa-gesa meninggalkan blog yang dikunjungi. Komentar yang Anda berikan pada sebuah artikel postingan dapat merangsang motivasi sesorang untuk belajar dan menampilkan konten yang lebih berkualitas.



Perawatan keempat adalah efisiensi kategori (menu artikel)

Menu artikel yang terlalu luas membuat pengunjung sukar memahami konsep sebuah blog. Setelah kita menemukan topik blog sebaiknya tentukan menu artikel yang spesifik, sebagai contoh:



GH mempunyai visi ‘mengenal manusia-manusia pendahulu dan menjadikannya inspirasi’ artinya blog ini harus menampilkan kisah hidup manusia pendahulu yang dapat menginspirasi hidup pengunjung. GH mengkategorikan artikel-artikel kedalam menu INSPIRASI dan CERITA ANDA.


Visi kedua GH adalah ‘mengenal manusia-manusia sekarang dan menjadikan hidup lebih maksimal’ artinya mengajak pengunjung memahami gaya hidup masa kini, mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi yang bekembang. GH mengkategorikan artikel-artikel kedalam menu WACANA dan INFO GH.


Salam Hidup Maksimal !

9 komentar:

  1. untuk menulis blog saya rasa tidak harus intelek meski banyak sih yg menilai bahwa postingan blog bisa di jadikan gambaran akan sejauh mana intelektualitas pemilik blog. artinya gak jurnalis atau penulis saja khan?

    yang penting maju terus apalagi kalo kita udah tahu tujuan kita ngeblog. iya khan?

    BalasHapus
  2. Saya setuju mbak kristina, sudah ada berjuta-juta blog, dalam segala bentuk dan ukuran, dan tidak ada aturan atau hukum yang berlaku dalam menulis sebuah blog, sehingga kita bebas dalam berkreasi

    Yang penting adalah apa tujuan kita ngeBlog. Memanfaatkan blog sebagai buku harian pribadi, mempublikasikan kritik sosial/politik, mengulas berita/kejadian yang lagi HOT, menyumbangkan ide pribadi, atau blog untuk sebuah organisasi.

    Apapun tujuannya sebuah BLOG tetap memerlukan perawatan. sukses BLOGGER INDONESIA

    BalasHapus
  3. setuju dengan 2 komen diatas..hehehe bikin blog gampang bro, ngrawat itu bagian yang perlu waktu dan disiplin

    BalasHapus
  4. yup... what's your mind is exactly what in my mind also, I removed the shoutbox to expand the relationship with other people, not just spamming and put some simple messages...

    --------------------------
    http://www.linuxblogs.co.nr/ -> A Gate Through The Linux World for Linux Rookies.

    BalasHapus
  5. klo nyiptakannya aja tinggal beberap klik dah jadi. membangun dan membesarkannya yang sulit..

    BalasHapus
  6. tips merawat Blog...? kl Mama sih beberapa bulan sekali ganti layout.. biar gak bosen.. sering2 posting biar yang baca gak jenuh ketemu menu itu2 aja.. dan yang terpenting menjalin pertemanan dengan sesama blogger..

    BalasHapus
  7. emang iya, ngerawat blog tuw susah bgt drpada ngebikin nya

    BalasHapus
  8. bener banget yang diomonging para sesepuh semua. emang utk ngebikin itu gampang tapi utk merawatnya wah itu lebih susah. kalo sering gonta ganti layout ntr mlh jd ribet.

    BalasHapus
  9. Bagus..bagus...
    Ada juga gambar mirip hidup di:
    http://label-business.blogspot.com

    BalasHapus