Sekarang Gambar Hidup Ada Dua Versi

Gambar Hidup (GH) selama 2 hari ini disibukan dengan pekerjaan baru yang cukup melelahkan . Pekerjaan yang harus segera diselesaikan adalah memikirkan cara agar blog GH bisa dikunjungi (red: dipahami) di seluruh manca negara. Persoalan GH adalah masalah bahasa yang digunakan dalam blog, yaitu Bahasa Indonesia.



Ada beberapa pengunjung GH dari beberapa negara, tetapi belum tentu mereka memahami konten GH. Ide inilah yang muncul, yaitu agar GH bukan hanya di baca sendiri, tetapi juga dapat dibaca oleh orang Eropa, Amerika, Australia, Afrika, dan Asia.


Menjalin hubungan (relationship) ke manca negara menjadi hal yang sukar dilakukan GH jika blog yang dibuat tidak menggunakan bahasa internasional.


Langkah pertama yang dikerjakan GH adalah memanfaatkan penemuan www.toggletext.com dalam melakukan penerjemahan dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Disini desediakan dua pilihan yaitu penerjemah teks atau penerjemah web. Saat GH memanfaatkan penerjemah web hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Hal inilah yang membuat GH mengambil langkah alternatif, yaitu berusaha membuat blog Gambar Hidup versi Inggris tanpa ada perbedaan interface dengan Gambar Hidup versi Indonesia.



Penyedia layanan blogger.com mengijinkan kita membuat blog lebih dari satu menggunakan satu account yang sama. Kesempatan ini dimanfaatkan GH untuk membuat blog versi inggris, hasilnya dapat Anda lihat di www.enblog-gh.blogspot.com atau klik English Version pada menu horisontal GH.



Sedikit cerita tentang nama blog GH versi inggris, masksudnya enblog adalah kependekan dari english blog sedangkan gh adalah inisial Gambar Hidup. Cita-cita GH jalan-jalan ke luar negeri dapat tewujud deh. Mulai sekarang Anda dapat memilih menu versi indonesia atau versi inggris.



GH menyadari cara ini sangat amatir dan kurang effisien. GH tidak keberatan menerima kritik, saran, apalagi tips yang bisa dibagikan ke para blogger yang kebetulan sedang membaca komentar Anda.


1 komentar: