Tenses Bahasa Inggris Jangan Berantakan

Menurut Anda apakah untuk menjadi seorang ahli bahasa inggris itu sulit? Menurut saya sangat mudah! Dengan catatan jika kita belajar di kota atau negara yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa nasional. Lalu bagaimana dengan kita yang tinggal di negara yang menggunakan bahasa inggris hanya sebagai bahasa sekunder.

Tempat kita tinggal bukan menjadi masalah utama untuk kita belajar bahasa inggris.Yang menjadi penghabat utama kita belajar adalah kemauan! Selama kita mencoba, membiasakan, berusaha, atau berjuang untuk belajar, tidak ada kata sulit. Jika sampai saat ini Bahasa Inggris Berantakan itu karena kita malas belajar.

Hari ini saya mendapat pengalaman menarik saat membuka blog versi bahasa inggris. Ada komentar dari Thomas, seorang amerika berusia 42 tahun. Komentarnya membuat aku sedikit malu namun juga memberi semangat baru dalam belajar.


Komentarnya seperti ini

"reading the english translation of your blog is interesting and I find it humorous". Perasaanku saat membaca pesan itu adalah malu mempunyai blog versi bahasa inggris. Pikiran ku saat itu adalah "Kenapa aku nekat membuat blog versi bahasa inggris dengan kemampuan bahasa asing yang berantakan!". Kemudian saya berencana menghapus blog gambar hidup versi inggris.


Beberapa menit saat saya merenungkan dengan keputusan menghapus blog atau tidak, muncul pikiran kenapa harus menghapus blog yang cool ini (heee he! narsis = memuji blog sendiri) hanya gara-gara masalah bahasa. Bukankah di amerika, inggris, australia atau negara manapun yang mengenal bahasa inggris juga ada "orang-orang bodoh" dalam berbahasa. Maksud saya, bukankah disana juga ada orang yang hanya lulus sekolah setingkat SD, atau hanya lulusan setingkat SMP, atau bisa jadi disana ada orang yang sudah puas hanya dengan menyelesaikan pendidikan di tingkat SMA.


Orang-orang yang seperti inilah yang kemungkinan mempunyai tata bahasa inggris yang buruk. Gak usah jauh-jauh membicarakan orang amerika, di tempat kita pun ada orang-orang yang hanya lulus sekolah SD, SMP, dan SMA. Sehingga kemampuan mereka dalam tata bahasa, menulis, berbicara bahasa indonesia juga kurang baik.


Alasan inilah yang membuat blog ini harus saya pertahankan. Sebaiknya blog ini jangan dihapus karena mungkin suatu saat dapat bermanfaat. Meskipun sekarang penguasaan bahasa inggrisku masih berantakan namun tahun depan saya berharap kemampuan ku semakin meningkat. Masalah bahasa yang berantakan?!?! Sekarang belum terlambat untuk saya belajar lagi. Karena bagiku belajar tidak akan pernah berhenti hanya sampai pada satu titik.


Kembali pada masalah komentar yang saya terima. Setelah saya diam dan mencoba menenangkan diri (emang masalah besar ?!?!?). Saya mengirim komentar balik ke Thomas bahwa saya minta maaf karena kemampuan bahasa inggris ku yang tidak baik.


Beberapa jam kemudian saat dia Online dia membuka pesan ku dan memberi respon balik dengan mengatakan "The english translation is fine. It is a little awkward at times, but I am able to understand your meaning."


O.... Begitu ya jadi dia mengerti apa yang saya tulis (postingkan), cuma sedikit masalah dalam hal penggunaan tenses. Nah teman-teman inilah akibat dari tidak mau mengerjakan tugas bahasa inggris, membolos saat pelajaran, malas menghapal pola tenses.


Kenapa ya? Dulu saat guru mengajar saya tidak begitu perhatian dan justru asyik ngobrol sendiri ama temen-temen. Sekarang baru tahu akibatnya nih..... Dasar Anak Kurang Belajar Tetapi Bukan Anak Kurang Ajar!. Tahu begini dulu pasti saya rajin belajar deh. wekekek....... Jadi ingin kursus bahasa inggris lagi nih friend!

10 komentar:

  1. satu masukan yang bagus om.nyesel deh dulu waktu pelajaran bahasa inggris sering bolos

    BalasHapus
  2. iya, agak bermasalah dengn english..

    BalasHapus
  3. kalau menurut saya, sukses itu adalah jika kita mampu keluar dari masalah kita dengan jalan keluar yang terbaik. Karena kesulitan yg bisa diselesaikan sendiri dengan cara yang baik adalah menunjukkan pribadi kita yang sukses. aku pernah baca, kesuksesan seseorang itu sangat ditentukan sekali oleh kecerdasannya mengelola emosi dan masalahnya. Gitu..............

    BalasHapus
  4. sama nih inggrisku parah banget hanya ngerti dikit2 :D

    BalasHapus
  5. info plus motivasi yang sangat berharga, membiasakan diri dengan sesuatu, bhs inggris contohnya... dengan sendirinya kita akan terbiasa... (xixixii.. padahal mah ane ancur2 englishnya....)

    BalasHapus
  6. em... pengalaman yang menarik.

    BalasHapus
  7. wah siip juga niih pembahasanya

    BalasHapus
  8. aku jg pengen skli bs berbahasa inggris yg bgs tp bhs inggris ku msh ancur bgt,heheh ku msh hrs bnyak belajar lg..jd malu..hehe
    tp kdang2 ku pede aja pake english yg agak ancur2an yg penting coba dulu.yooo
    tp kata guru bhsa inggris ku: wajar aja klo orang indonesia bcra english agak lucu didngar native speaker krna tenses yg berantakan,sebalik jg orang barat bicara indonesia jg lucu kan didengar,krna tata bhsa yg berantakan jg..tp kita paham mksud nya bgimana.

    BalasHapus
  9. it's better late than never ......

    BalasHapus
  10. i hope with ur blog i have soulmate 4 give me spirit. thx

    BalasHapus