1. Datangi konsumen dengan senyum ( meskipun wajah kita mungkin tidak terlalu cakep tapi kalau senyum dilakukan dengan tulus niscaya para pelanggan akan merasa senang. baru tanyakan apa yang ingin dipesan atau kebanyakan para konsumen diberi daftar menu dan kertas untuk mencatat apa yang ingin dipesan. Jika konsumen sudah selesai mencatat apa yang dipesan, ulangi baca semua daftar yang dipesan agar jelas dan tidak terjadi kesalahan menu waktu penyajian
2. Jika daftar pesanan yang dipesan ad yang tidak tersedia atau sudah habis datangi konsumen tersebut sambil mengucapkan minta maaf karena menu yang dipesan sudah habis. kemudian tanyakan menu tersebut mau diganti apa, jika sudah seperti yang nomor 1 ulangi daftar ganti pesanan yang ditulis konsumen agar jelas dan tidak terjadi kesalahan.(& tetap jangan lupa untuk selalu pasang muka senyum)
3. Untuk kasir, waktu konsumen membayar ucapkan terima kasih dan jangan lupa tersenyum.
Intinya jika pelayanan dilakukan dengan keramahtamahan maka konsumen akan merasa nyaman dan tidak menutup kemungkinan akan kembali dan menjadi pelanggan.
wah ternyata di posting juga hehehe
BalasHapusmakasih ya atas tips nya..
slalu dan slalu senyum..heheh hihihi hohoho
makasih tipsnya,
BalasHapusnih baru ada faedahnya,..
BalasHapusSetuju....
BalasHapusKadang saya suka bete jg kalau lg belanja atau pesan makan tp pelayan ama kasir senyumnya mahal.
Tp saya punya pengalaman menarik, dulu ada warung makan yg masakannya enak banget di lidah. Tp ibu pemiliknya ga pernah senyum. Tiap ke sana saya berusaha tersenyum dan selalu tersenyum. Eh malah skrg si ibu dah jadi murah senyum sama saya. Ga tahu sama yg lain. *kog malah curhat*
Smile dong yg penting..he..he..he..he..
BalasHapusseharusnya semua usaha mraktekin kaya gini. nice post pak :)
BalasHapusbisa dipraktekkan untuk toko komputer juga tips ini
BalasHapus