Bagaimana Cara Menulis? Disini Rahasia Langkah Praktis dan Sukses

Bagaimana cara menjadi penulis yang baik dan benar? Mungkin anda bukan sorang jurnalis atau seorang yang tidak hoby nGeblog menulis sehingga Anda merasa sangat kesulitan untuk memulai menulis. Nah, saya akan sedikit memberikan pemahanan sederhana agar anda berani mencoba menulis. Pada pembahasan ini saya belum menguraikan manfaat dalam menulis.Tetapi hanya sebatas menguraikan tips sederhana agar anda dapat membuat sebuah karya tulis yang baik tidak berantakan seperti omong kosong bermanfaat ini.

Untuk menulis karya ilmiah memang dibutuhkan teknik penulisan yang benar, tata bahasa yang baik dan mudah dipahami, memperhatikan penggunaan struktur kalimat seperti Subyek (S) , Kata kerja (P), dan Obyek (O) dan Keterangan (K). Untuk menguasai ini dengan baik Anda harus belajar Bahasa Indonesia dan tidak perlu belajar teknik SEO seperti blogger terkenal atau seperti saya yang lagi belajar SEO. Semakin Anda menguasai materi Bahasa Indonesia dengan baik semakin baik pula karya tulis Anda.

Saya tidak bermaksud mempengaruhi Anda agar menjadi penulis yang hebat. Tetapi saya hanya mencoba agar melalui karya tulis, Anda menjadi lebih bermanfaat bagi bangsa, negara, masyarakat, keluarga, dan tentunya diri Anda sendiri.


Segeralah menulis!! Lalu apakah yang akan kita tulis? Untuk berlatih menulis ternyata tidaklah sulit seperti yang dibayangkan kebanyakan orang. Singkirkan dalam pikiran Anda perasaan malu, minder, rendah diri dan cobalah untuk memiliki kepercayaan diri dalam menulis dan ciptakanlah Pikiran Yang Selalu Terbuka Untuk Belajar. tulislah apa yang sedang terlintas dalam benak/ pikiran Anda sekarang, apa yang Anda lihat, apa yang Anda alami, atau suatu fenomena/kejadian yang berkesan hari ini. Jadikan Menulis sebagai kebiasaan, siapa tahu saat orang membaca tulisan Anda mereka mendapatkan insiprasi baru.

Gunakan media yang ada untuk menulis seperti buku, alat tulis, komputer, mesin ketik atau apapun yang dapat Anda gunakan. Kalo saya lebih senang menggunakan fasilitas dan layanan blog. Karena melalui media ini banyak orang yang akan membaca tulisan penuh arti, bermanfaat, atau berantakan yang telah dibuat. Semua artikel yang kita tulis akan disimpan dalam database penyedia layanan blog. Selain itu artikel yang kita buat bisa langsung mendapat komentar, saran, kritik, atau pujian dari pembaca. Tidak perlu malu! Karena apapun yang kita tulis pasti dapat bermanfaat, terkadang omong kosong bukan umpatan juga ada manfaatnya.

Ayo belajar menulis melalui media blog, karena melalui media ini Anda bebas bereksplorasi, berkarya, berkreatifitas, dan langsung mendapatkan umpan balik.

2 komentar:

  1. nulisnya g mna sih kak`?
    pada mulanya sihh q ga taw, ga ada ide u sekali tulisan ajah, ajarin dong

    BalasHapus