Tips Membeli Rumah Dari Sebuah Pengalaman

Akhir tahun ini mungkin anda sudah mulai berfikir dan merencanakan akan membeli rumah baru tahun depan. Berikut saya akan sedikit memberikan tips sederhana yang sangat bermanfaat bagi anda yang ingin mengetahui bagaimanan cara membeli rumah. Tips ini saya peroleh dari pengalaman seseorang yang sedang berjalan-jalan di sebuah pameran produk propery bertajuk Solo REI Expo 2008 yang diselenggarakan oleh Real Estate Indonesia (REI) Solo. Pameran ini diadakan di Atrium Solo Square. Event semacam ini memang sangat cocok diadakan akhir tahun. Karena ada kemungkinan banyak orang akan segera memulai menyusun program untuk tahun 2009.

Tips apa dan bagaimana cara dia membeli rumah mungkin juga dapat Anda manfaatkan sebagai bahan pertimbangan sebelum anda mengambil keputusan untuk membeli rumah baru. Berikut cara dia membeli rumah:

  • Mengunjungi pameran-pameran produk property atau langsung berkunjung ke beberapa Agent Property dengan tujuan agar dapat memperoleh informasi yang tepat. Jangan lupa pada saat Anda mencari informasi disini minta brosur yang dapat dibawa pulang untuk Anda pelajari. Usahakan jangan terpaku hanya pada satu Agent Property yang paling terkenal di kota Anda. Semakin banyak brosur dan informasi yang Anda dapatkan semakin tepat pula keputusan yang akan Anda ambil.
  • Tentukan target produk sesuai dengan budget Anda. Jangan terlalu dipaksa jika rumah yang Anda minati dan idam-idamkan ternyata diluar batas kemampuan keuangan Anda.
  • Setelah mendapatkan brosur-brosur atau informasi yang banyak segara lakukan penyeleksian produk-produk yang ditawarkan. Pada tahap ini mungkin yang paling sulit dan cukup membuat bingung dalam menentukan pilihan. Mengapa? Karena produk-produk yang ditawarkan sangat 'kompetitif'.
  • Sebagai bahan pertimbangan agar Anda tidak salah dalam melakukan seleksi produk sebaiknya Anda mulai memikirkan variabel tempat, model bangunan, keamanan, dan fasilitas air/listrik apakah sudah sesuai dengan kenyamanan yang Anda harapkan. Sebaiknya Anda juga membandingkan harga masing-masing produk berdasarkan kelebihan dan kelemahan variabel yang ditawarkan.
  • Langkah selanjutnya adalah memikirkan cara pembayaran. Apakah secara cash atau secara kredit, masalah ini hanya diri Anda sendiri lah yang dapat menentukan cara pembayarannya.

1 komentar: