Cara-cara Kreatif Meningkatkan Pengunjung Blog (Web)

How to Build a High Traffic Web Site? Pertanyaan semacam ini sering terlintas dalam pikiran saya dan juga para blogger. Bagaimana cara meningkatkan lalu lintas pengunjung blog?

Traffic, semua orang ingin dan berusaha dengan sangat keras agar mendapatkan lebih banyak orang yang berkunjung ke situs mereka.

Ada cara-cara kreatif yang dapat saya bagikan untuk menigkatkan traffic pengunjung tanpa melakukan banyak pekerjaan, diantaranya:
  1. Social Bookmarking : Sudah cukup lama beberapa orang barat memiliki kecenderungan untuk mencari apa yang mereka inginkan melalui situs sosial semacam del.icio.us. Apakah Anda sudah terdaftar? Klo blog ini sih belum aku daftarkan, karena blog ini berbahasa indonesia. Saya kira masih sedikit yang orang indonesia yang mengenal situs sosial.
  2. Membaca dan memberikan komentar di blog orang lain : Setiap kali saya membaca dan meninggalkan komentar pada blog orang lain. Maka saya telah menambahkan URL yang saya miliki, atau dengan kata lain memberikan link di situs lain. Pada beberapa artikel saya, mungkin ada sesuatu yang terkait dengan artikel situs yang dikunjungi, jadi saya akan membuka link blog (copy paste URL) saya lalu memberikan sedikit komentar tentang topik yang sama dalam kotak komentar. Hal ini biasanya dapat memacu lalu lintas blog. Perlu diketahui, saat anda memberikan komentar dan posting, apa yang anda tulis harus sangat terkait jika tidak maka akan dianggap sebagai spam dan akhirnya dihapus.
  3. Forum : Gunakan forum untuk mempromosikan situs Anda dengan memberikan link (URL Anda) . Balas ke topik forum dengan informasi yang baik dan usahakan orang yang berkunjung ke forum tertarik mengunjungi situs Anda karena ingin membaca informasi lebih lanjuti. Sekali lagi, Anda harus yakin untuk memberikan informasi yang berharga atau orang lain akan melihat tulisan Anda sebagai spam (sampah).
  4. Kirim feed Anda : Jika Anda memiliki sebuah blog maka sebaiknya Anda ping ke berbagai direktori blog. Karena beberapa direktori tidak akan mencari anda jadi anda yang harus menyerahkan kepada mereka.
  5. Podcast : Gunakan ini untuk menjangkau mereka yang tidak suka membaca dengan memberikan mereka sebuah podcast audio atau video. Jika mereka menemukan podcast yang menarik, mungkin saja mereka akan memutuskan untuk melihat anda.
  6. Teman! Gabung dengan Komunitas : Dapatkan beberapa teman yang merasa nyaman mengunjungi situs Anda karena mereka tahu apa yang sedang dibahas dalam komunitas.
Cara-cara saya di atas mungkin tidak menghasilkan traffic (lalu lintas) yang tinggi, tetapi cara ini cukup kreatif untuk mengarahkan lalu lintas. Mungkin Anda punya ide lain? Silahkan ditambahakan pada kotak komentar.

4 komentar:

  1. Pencerahannya mantap banget.. thx dah berbagi...

    BalasHapus
  2. sebaiknya memang harus begitu, puls ditambahi konten yang serius dan tidak berupa hoax yang hanya menembak-nembak kata kunci yang tinggi, maka nanti sedikit-demi sedikit kunjungan pasti akan datang dan tidak bosan....

    BalasHapus
  3. betol mas, tips itu jitu banget buat ningkatin trafik. selain membuat postingan2 yang bermutu dan optimalkan keyword di tulisan.

    kualitas postingan juga menentukan apakah tamu kita akan kembali kunjung di lain waktu, ya to

    BalasHapus
  4. Setuju mas atas saran-sarannya. Saya juga coba ah!

    BalasHapus