Cara Blog Agar Ramah Untuk Pengunjung Global

Dalam posting ini saya mencoba membagikan beberapa tips tentang bagaimana mengembangkan sebuah blog agar lebih ramah bagi orang-orang di seluruh dunia.

Anda perlu memahami bahwa dunia ini semakin terhubung, dan juga orang-orang di banyak negara semakin aktif online. Apakah Anda ingin blog untuk khalayak global?

Blog yang saya kelola selama ini sudah mempunyai pengunjung dari 69 negara yang berbeda - beberapa dari Anda mungkin memiliki lebih banyak pembaca internasional - padahal blog ini sebagian besar ditulis dalam bahasa indonesia.

Anda dapat melakukan perubahan pada bahasa web untuk meningkatkan pembaca global. Akan lebih berhasil jika Anda sunguh-sunguh mengambil langkah untuk menyesuaikan blog Anda bagi khalayak global. Jangan merasa puas dulu jika blog Anda hanya dikunjungi oleh pembaca regional/ khalayak lokal.

Berikut adalah hal-hal yang dapat anda lakukan untuk membuat blog Anda agar lebih ramah untuk orang-orang dari budaya lain:


1. Gunakan Bahasa Inggris

Kebanyakan percakapan di dunia menggunakan
Bahasa Inggris. Sebagian besar khalayak global menggunakan Bahasa inggris asli, namun banyak juga pembaca blog Anda mungkin tidak menggunakan Bahasa Inggris asli. Pikirlah apakah yang telah anda tulis sudah dapat dipahami oleh khalayak global.

Sebelum menerbitkan
postingan melalui blog, cobalah bertanya pada diri sendiri untuk setiap gagasan Anda, "Adakah cara menulis yang lebih dapat dipahami? "

Sebagai
blogger mungkin Anda menulis postingan dalam Bahasa Indonesia, tetapi agar lebih ramah bagi pengunjung global tentu saja dalam blog Anda juga tersedia postingan dalam bahasa lain juga.

2. Menawarkan pilihan terjemahan

Tersedianya bahasa lain di web Anda dapat meningkat jumlah pengunjung secara cepat. Jika Anda hanya menerbitkan dalam Bahasa Indonesia maka Anda akan kehilangan potensi jumlah pembaca yang banyak.

Ada
blogger yang menerbitkan blog dalam bahasa Inggris, Mandarin dan Jepang dalam satu situs web. Akibatnya dia adalah salah satu orang yang mempunyai banyak pengunjung dari dunia.

Kebanyakan dari kita tidak dapat
menerjemahkan postingan blog dalam berbagai bahasa. Namun ada sebuah solusi yang mudah, yaitu dengan cara meletakan alat terjemahan (seperti Google Translate atau gadget untuk terjemahan bahasa) di tempat yang menonjol.

3. Bertemu orang dengan menggunakan istilah masing-masing

Dengan
blogging dan menggunakan media sosial beberapa orang merasa lebih nyaman berbagi informasi pribadi dengan orang lain. Selain itu, share dengan budaya yang berbeda akan meningkatkan kemampuan kita dalam memberikan postingan yang sesuai istilah global - jika dilakukan dalam satu budaya maka kita hanya akan memperoleh sedikit informasi.

Bagaimana dengan Anda? Apa yang Anda lakukan untuk m
embuat blog Anda agar lebih mudah diakses pembaca internasional?

1 komentar:

  1. ini menarik nih dan harus dicoba untuk diterapkan.makasih om tipsnya

    BalasHapus