2 Sumber Utama Kolesterol Tinggi

Apakah yang dimaksud kolesterol tinggi?

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan gangguan pada jantung jika tidak diobati

Kolesterol tinggi adalah suatu kondisi dimana terlalu banyak kolesterol yang beredar dalam tubuh Anda. Kolesterol memang penting dalam melaksanakan berbagai fungsi/proses biologis manusia, tetapi jika terlalu banyak kolesterol dalam tubuh dan tidak dapat dimanfaatkan secara baik, maka kolesterol dapat menyebabkan penyakit jantung.

Sudah ada banyak berita tentang
kolesterol baru-baru ini, tapi apa artinya dalam hal kesehatan kita? Masalah yang terburuk dengan kolesterol tinggi biasanya karena Anda tidak tahu bahwa anda memilikinya, kecuali jika Anda telah melakukan tes kolesterol Anda baru-baru ini. Saya kira ada banyak hal tentang kolesterol tinggi yang perlu kita ketahui, karena kondisi ini sangat berpotensi mendatangkan maut.

Apakah anda tahu semua yang anda butuhkan tentang kolesterol tinggi?

Kolesterol adalah molekul lunak dalam tubuh yang diperlukan untuk melaksanakan berbagai fungsi penting, seperti seks, hormon steroid, dan memberikan fleksibilitas untuk sel kita. Namun, bila Anda memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah, maka anda dapat berpotensi terserang berbagai penyakit- kolesterol tinggi secara diam-diam namun serius mengembangkan beberapa masalah kesehatan Anda.

Kolesterol tinggi sering disebut dengan istilah Hypercholesterolemia, yang didiagnosis bila Anda memiliki terlalu banyak kolesterol yang beredar dalam darah. Bila hal ini terjadi secara terus-menerus, kolesterol dapat menumpuk pada dinding peredaran darah dan menjadi flek tebal. Proses ini dikenal sebagai atherosclerosis, sehingga dapat mengurangi aliran darah ke jantung atau daerah lain dalam tubuh, mencegah oksigen dan gizi diserap tubuh. Jika aliran darah ke jantung atau otak diblokir oleh kolesterol tinggi, maka dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

2 Sumber Utama Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi dapat berasal dari dua sumber utama: hati Anda dan dari diet. Meskipun program diet merekomendasikan/menyarankan tidak mengkonsumsi lebih dari 200 mg kolesterol dalam sehari, namun tubuh kita telah membuat kolesterol lebih banyak dari yang diperlukan tubuh setiap hari.

Kolesterol yang dibuat oleh hati, juga dikenal sebagai kolesterol endogenous. Jumlah kolesterol endogenous tinggi, biasanya akibat dari kondisi penyakit tertentu (seperti diabetes atau hypothyroidism) atau dari gen. Terkadang, jika Anda mengobati suatu penyakit, mungkin Anda dapat menurunkan tingkat kolesterol Anda. Tetapi jika anda memiliki orang tua atau saudara kandung dengan tingkat kolesterol tinggi, ada kemungkinan bahwa Anda mungkin juga mendapatkan kolesterol tinggi di masa mendatang.

Exogenous kolesterol merujuk kepada kolesterol yang berasal dari luar tubuh. Ini biasanya disebabkan oleh diet yang meningkatkan jumlah lemak jenuh dan kolesterol. Mungkin makanan dalam program diet adalah makanan cepat saji, pastries, dan daging. Dengan mengurangi jumlah lemak dan kolesterol Anda konsumsi sehari-hari, Anda mungkin dapat menurunkan kolesterol Anda. Beberapa makanan dapat menyebabkan tingkat kolesterol tinggi - namun beberapa obat juga dapat menyebabkan kolesterol Anda meningkat.

2 komentar: