5 Faktor Penting Penyebab Diabetes Tipe 2

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Beberapa di antaranya berasal dari keluarga dan sejarah genetika. Tetapi beberapa diantarnya juga dapat terjadi karena kemunduran gaya hidup dalam mencegah diabetes tipe 2. Faktor-faktor apa saja dan apa yang dapat kita lakukan untuk mengurangi resiko?
1. Kegemukan (obesitas)
Faktor pertama yang menyebabkan diabetes tipe 2 adalah obesity. Statistik menyatakan bahwa 30% dari orang dewasa gendut. Karena terlalu banyak menyimpan lemak dalam tubuh maka tubuh seseorang menjadi gendut. Padahal lemak menghentikan kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin, jadi orang gendut lebih beresiko terserang diabetes tipe 2.


2. Hidup Tidak Berubah
Orang yang tak mau merubah diri ke gaya hidup sehat dan dan tidak mempedulikan masalah kegemukan, lebih mudah terserang diabetes tipe 2. Terlalu banyak diam dan kurang aktivitas (gerak) akan menjadikan obesitas, selanjutnya obesitas akan menyebabkan kita terserang diabetes tipe 2. Kita sebaiknya meningkatkan aktifitas untuk menurunkan tingkat gula darah dan membantu insulin agar bekerja lebih efektif.
3. Kebiasaan Makan tidak sehat
Sembilan puluh% dari orang-orang yang telah didiagnosis dengan diabetes tipe 2 adalah kegemukan. Makan tidak sehat merupakan kontribusi besar untuk obesitas. Terlalu banyak lemak, tidak cukup serat, dan terlalu banyak karbohidrat adalah kontribusi pada penyakit diabetes (kencing manis). Makan yang sehat dapat mencegah diabates tipe 2.
4. Sejarah Keluarga dan Genetika
Nampaknya orang-orang yang memiliki anggota keluarga yang telah didiagnosis dengan diabetes tipe 2 juga merupakan peluang besar bagi diabetes untuk menyerang tubuh seseorang .
5. Usia Bertambah
Semakin tua usia seseorang artinya semakin besar pula seseorang mengalami risiko diabetes tipe 2. Kemampuan organ tubuh orang tua akan banyak mengalami kemunduran funsional, jadi ada kemungkinan kemampuan pankreas untuk memproses insulin juga berkurang. Jika insulin tidak dihasilkan atau tidak dimanfaatkan oleh tubuh, artinya diabetes sedang terjadi. . . .

1 komentar: