Berbagai Penyebab Diabetes Miletus dan Cara Mengatasinya

Apakah yang menyebabkan kita dapat terserang penyakit diabetes milletus? Pada postingan artikel hari ini saya akan menjelaskan tentang penyebab diabetes secara lengkap.

Apapun jenis penyakit yang sedang kita derita pasti ada sebabnya. Saat seseorang di indikasi menderita penyakit diabetes biasanya mereka akan melakukan penelusuran tentang penyebab penyakitnya. Biasanya mereka mencari kesalahan-kesalahan yang telah dilakukannya sehingga menderita penyakit diabetes. Selain dokter, buku, artikel majalah, info koran ternyata internet juga dapat digunakan sebagai solusi penelusuran penyakit mereka.

Untuk itulah, saya sebagai blogger yang ingin share tentang gaya hidup maksimal mencoba memberikan ulasan ini kepada para pembaca gambar_hidup.


Tanda-tanda atau gejala seseorang menderita diabetes dapat diketahui dengan mengetahui perubahan yang terjadi. Beberapa perubahan yang terjadi pada seseorang saat ia terserang diabetes diantaranya, minum menjadi lebih banyak, buang air kecil menjadi lebih
sering, dan berat badan yang terus menurun, mudah lesu. Perubahan ini berlangsung cukup lama dan biasanya cenderung tidak diperhatikan oleh calon penderita diabetes. Hingga akhirnya seseorang harus pergi ke dokter dan memeriksa kadar darah (glukosa) darahnya.

Penyebab diabetes

Secara ilmiah, penyebab diabetes dapat dikarenakan kurangnya produksi zat insulin atau kurang sensitifnya jaringan tubuh terhadap zat insulin. Hal ini akan mengakibatkan kadar glukosa pada makanan tidak dapat diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh. Akibatnya kadar gula dalam darah akan terus meningkat.

Mengapa tubuh seseorang tidak dapat mengeluarkan atau tidak senseitif lagi terhadap zat insulin dan akhirnya dinyatakan positif diabetes?

Dr Kamandanu menjelasakan bahwa penyakit diabetes disebabkan oleh 2 hal yaitu, kelebihan mengonsumsi gula sehingga terjadi kenaikan gula darah dalam tubuh atau karena faktor keturunan -diabetes termasuk jenis penyakit yang menurun.

Gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang buruk dapat menjadikan pemicunya. Karena pola makan yang tidak baik menyebabkan tidak ada keseimbangan antara karbohidrat dan kandungan lain yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Akibatnya kandungan gula dalam tubuh jadi tinggi melebihi kapasitas kerja pankreas. Atau bisa juga dari konsumsi makanan dan minuman yang tidak bersih dan di masak secara sembarangan.

Diabetes juga dapat disebabkan oleh faktor keturunan (gen). Jika orang tua kita menderita diabetes, kemungkinan besar kita juga akan terkena resiko diabetes. Karena penyakit ini menurun lewat gen. Jadi jika orang tua kita ada riwayat diabetes kita harus berhati-hati agar kita tidak terkena penyakit ini- kita harus menjaga tubuh dengan pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula secukupnya.

Penyebab-penyebab diabetes diuraikan secara lebih lengkap oleh Dr. Ahani dalam blognya. Berikut sebagian tulisan Dr. Ahani yang dikutip gambar_hidup agar Anda dapat lebih memahami secara lengkap.

Penyebab diabetes mellitus sebenarnya bisa dengan berbagai macam cara misalnya:

1. Genetik atau Faktor Keturunan

Diabetes mellitus cenderung diturunkan atau diawariskan, bukan ditularkan. Anggota keluarga penderita DM (diabetisi) memiliki kemungkinan lebih besar terserang penyakit ini dibandingkan dengan anggota keluarga yang tidak menderita DM. Para ahli kesehatan juga menyebutkan DM merupakan penyakit yang terpaut kromosom seks atau kelamin. Biasanya kaum laki-laki menjadi penderita sesungguhnya, sedangkan kaum perempuan sebagai pihak yang membawa gen untuk diwariskan kepada anak-anaknya.

2.Virus dan Bakteri

Virus penyebab DM adalah rubela, mumps, dan human coxsackievirus B4. Melalui mekanisme infeksi sitolitik dalam sel beta, virus ini mengakibatkan destruksi atau perusakan sel. Bisa juga, virus ini menyerang melalui reaksi otoimunitas yang menyebabkan hilangnya otoimun dalam sel beta. Diabetes mellitus akibat bakteri masih belum bisa dideteksi. Namun, para ahli kesehatan menduga bakteri cukup berperan menyebabkan DM.

3. Bahan Toksik atau Beracun

Bahan beracun yang mampu merusak sel beta secara langsung adalah alloxan, pyrinuron (rodentisida), dan streptozoctin (produk dari sejenis jamur). Bahan lain adalah sianida yang berasal dari singkong.

4. Nutrisi

Nutrisi yang berlebihan (overnutrition) merupakan faktor resiko pertama yang diketahui menyebabkan DM. Semakin berat badan berlebih atau obesitas akibat nutrisi yang berlebihan, semakin besar kemungkinan seseorang terjangkit DM.

Cara Mengatasi Diabetes

Penyakit diabetes dapat di hindari atau dikurangi dengan cara mengetahui kadar glukosa darah dalam tubuh kita- lakukan pemeriksaan secara rutin- karena peningkatan dan penusrunan kada rgula dalam darah selalu berubah. Jika kita mampu menjaga kadar gula dalam batasan normal artinya kita dapat mencegah terjadinya komplikasi diabetes. Cara lain yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi komplikasi diabetes adalah: berhenti merokok , mengoptimalkan kadar kolestrol, menjaga berat tubuh yang stabil, mengontrol tekanan darah tinggi (tensi), dan melakukan olah raga secara teratur.

Apakah artikel ini bermanfaat bagi Anda?

8 komentar:

  1. KHASIAT PRODUK : BLACK CUMIN (HABATUSSAUDA)
    Apa saja khasiatnya?
    Info produk sms ke 08159927152

    Satu ulasan ilmu kedokteran menampilkan bahwa Habbatussauda mengandung lebih dari 100 unsur penting yang dibutuhkan untuk kesehatan manusia antara lain :

    1. Anti inflamasi, mengobati perih dan radang tenggorokan.
    2. Anti Artritic, mengobati reumatik.
    3. Anti Analgesic, mengobati sakit gigi dan sakit kepala (migran).
    4. Aktivitas hormon mengatur haid dan meningkatkan aliran susu.
    5. Antiseptic, mengobati bau mulut.
    6. Antiphyretic, menurunkan demam
    7. Antivirus, mengobati flu dan penyakit lain yang disebabkan oleh virus (Thypus,DBD, Hepatitis, HIV/AIDS, Flu Burung, dsb.)
    8. Dematology, mengobati jerawat dan eksim.
    9. Urinary tract, mengobati saluran kemih dan batu ginjal.
    10. Sistem kekebalan, meningkatkan daya tahan tubuh (antibody) untuk menangkal penyakit.
    11. Gastro intestinal tract, mengobati mabuk, diare, kejang, konstipasi dan empedu.
    12. Mengobati penyakit asam lambung (maag).
    13. Sistem sirkulasi, meningkatkan kerja jantung.
    14. Nematocidal, membasmi cacing pita.
    15. Respiratory tract, mengobati sesak nafas (asma).

    Dan menurut pengalaman para konsumen yang secara rutin mengkonsumsi Habbatussauda ditemukan khasiatnya antara lain mengobati darah tinggi, gula darah, darah rendah, diabetes, paru-paru, sakit dada yang kronis, kanker dan tumor, menyegarkan tubuh yang lesu, mandul, keputihan, menstabilkan hormon endocrine yang menguatkan syahwat, berbagai penyakit kulit gastrik, melancarkan pencernaan, mengatasi stress, sulit tidur (insomnia), menurunkan kolestrol, stroke, lumpuh sebelah, luka di hati, pencegahan dan kimotripi kanker dan tumor, TBC asam urat, batuk menyegarkan dan menetralisir halusinasi pengaruh obat-obatan, menghancurkan lemak yang berlebihan, menghaluskan dan mengencangkan kulit, baik untuk wanita sehabis melahirkan maupun mencegah infeksi sebelum dan sesudah operasi, mengencangkan otot—otot yang lentur dari dalam, pra-monopause, jantung, bengkak-bengkak, mencegah pendarahan, sakit menjelang dan waktu haid, pegal-pegal, neurosis (sakit jiwa ringan), anemia, epilepsi, dan bawasir.

    Sebagai kesimpulan bahwa kandungan dan khasiat Habbatussauda yang sangat mengagumkan tak lepas dari Maha Kasih Sayang Allah SWT, sebagaimana diterangkan bahwa ”setiap penyakit ada obatnya“. Dengan menggali Sunnah Rasulullah SAW, lalu berikhtiar berobat dan bertawakal kepada Allah SWT, Insya Allah segala penyakit yang kita derita akan sembuh.

    Adakah Hadits yang mengulas tentang Habbatussauda ini?

    "Tetaplah kamu berobat dengan Habbatussauda, karena sesungguhnya di dalamnya mengandung bahan penyembuh bagi setiap penyakit kecuali mati". (HR Al-Bukhari)

    Terdapat sebanyak 14 Hadis Shahih tentang kehebatan dan kelebihan Habbatussauda diantaranya :

    Artinya : "Sesungguhnya, al-Habbatus al-Sawda' dapat menyembuhkan segala macam penyakit, kecuali As-sam." Saya bertanya: "Apakah as-sam itu ?" Baginda menjawab : 'As-sam yaitu maut !" ( Riwayat Bukhari )

    Didalam kitab Shahih Bukhari Muslim, Abu Hurairah r.a. berkata bahwa dia pernah mendengar Rasullah S.A.W. bersabda sebagai berikut :

    Artinya : "Tetaplah dengan al-Habbah al-Sawda" karena sesungguhnya ia mengandung obat bagi segala penyakit, kecuali as-sam atau mati."

    Artinya : "Daripada Abu Hurairah r.a katanya, Rasullah S.A.W telah bersabda : 'Pada al-Habbah al-Sawda' terdapat obat bagi segala penyakit, kecuali as-sam."

    Hadist ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Muslim, Bukhari dan Ibnu Majah. Dan hadis ini tercantum dalam himpunan hadist-hadist sahih nomer 857.

    Terima kasih
    Info lengkap sms ke 08159927152

    BalasHapus
  2. arti black cumin

    BalasHapus
  3. Bicara tentang obat diabetes melitus, web kami menjual obat herbal yang terbukti efektif. Silakan klik disini untuk penjelasan lebih lengkap Obat alami diabetes melitus
    Semoga bermanfaat

    BalasHapus
  4. makasih ya...... infonya,,,,,,

    BalasHapus
  5. Teh Hitam Blesstea sangat cocok untuk menurunkan deabet, kolesterol, asam urat, trigleserida, kegemukan, sakit gigi.buktikan...untuk pemesanan call/sms 081230601976 (Mudzakkir)

    BalasHapus
  6. Teh wati sangat cock untuk menurunkan ketegangan..

    0812563952 (wati)

    BalasHapus
  7. Terimakasih atas informasinya... :)


    http://www.jualberasorganik.net

    BalasHapus