Adaptasi Hidup Dengan Diabetes Tipe 1

Bagi penderita diabetes yang ingin memelihara hidup secara baik dengan diabetes tipe 1, memang tidak bisa diremehkan. Pasti penderita diabet menemui lebih banyak komplikasi penyakit, apabila penderita diabet tidak mengelolanya secara serius. Penyelesain dengan cara mengatur gula darah saja, sepertinya tidak cukup membantu penderita diabetes agar tetap sehat dan kuat.

Kabar baiknya adalah bahwa
penderita diabetes tipe 1, dapat belajar untuk mengelola diabetes sehingga dapat mengurangi risiko komplikasi kesehatan jangka panjang. Jika diabetes tidak dikelola secara sunguh-sunguh, akibatnya bisa fatal, banyak penyakit keras yang sangat berhubungan dengan diabetes.

Bagaimana cara melakukannya?Berikut adalah cara penting untuk menjaga diri sendiri dan agar tetap termotivasi untuk hidup baik meskipun mempunyai
diabetes:

1. Selalu mencari informasi terkini tentang diabetes


Pada saat seseorang
diagnosis menderita diabetes, kebanyakan orang akan segera mencari informasi tentang diabetes dan mencoba belajar cara mengelola diabetes dengan baik. Tapi sayangnya, banyak penderita diabetes berhenti belajar setelah beberapa bulan pertama, karena mereka menganggap sudah cukup. Sebaiknya penderita diabet jangan melakukan kesalahan itu. Semakin banyak informasi yang diperoleh tentang diabetes semakin yakin pula penderita diabetes dalam mengelola diabetes itu. Sangat banyak sumber daya yang tersedia dalam situs internet, untuk membantu penderita diabetes dalam meningkatkan pengetahuan tentang diabetes.
2. Mengelola Diabetes Setiap Hari

Empat
cara penting dalam pengelolaan diabetes adalah insulin, pola makan, latihan dan cek kadar glukosa. Keseimbangan glukosa penderita diabetes adalah tantangan utama harian. Melakukan pengecekan darah secara teratur adalah satu-satunya cara untuk mengetahui perkembangan diabetes. Perlu diingat bahwa sembuh total dari diabetes tipe 1 bukan tujuan utama dalam pengelolaan diabetes, karena tidak ada orang dengan diabetes tipe 1 dapat menjaga tingkat kadar gula darah mereka dalam rentang normal setiap saat. Bila penderita diabetes merasa gagal dalam mengelola diabetes pada hari ini, cobalah untuk memahami kesalahan itu secara jujur, dan lakukan upaya untuk memperbaiki hari berikutnya.
3. Berkonsultasi dengan orang yang profesional
Manajemen diabetes tipe 1 membutuhkan keseriusan penderita diabetes dalam mencegah terjadinya komplikasi kesehatan. Penderita diabet adalah orang yang paling dominan dalam mengelola diabetes karena mereka yang harus melakukan sebagian besar pekerjaan. Namun penderita diabetes juga memerlukan bantuan dari para ahli yang dapat memberikan bimbingan.

Berikut para ahli(profesional)
yang dapat membantu penderita diabetes:
a. Endocrinologist : Merupakan pakar dalam diabetes.
b. Educator Diabetes : orang yang terlatih untuk membantu penderita belajar tentang diabetes dan melakukan penyesuaian yang diperlukan untuk perawatan diabetes.
c. Ahli Diet : untuk membantu penderita diabet mengembangkan dan membuat rencana makan sehat yang disesuaikan dengan kebutuhan pribadi. Penderita diabet sebaiknya berkonsultasi dengan ahli diet minimal setahun sekali. Kunjungan tahunan ini sangat penting untuk memastikan kebutuhan gizi.
d. Pharmacist : Apoteker dapat membantu penderita diabet dalam memberikan informasi tentang obat yang dapat menyebabkan meningkatkan kadar gula.

source : http://type1diabetes.about.com/od/type1diabetesbasics/a/livingwithtype1.htm

2 komentar:

  1. yup benar dan slalu cari tau cara kelola diabetes dengan baik dan disiplin dari diri sendiri, makasih infonya

    BalasHapus
  2. alat cek gula darah dengan cara hembusan nafas temuan mahasiswa USU kok belum juga dipasarkan secara komersial? untuk penderita DM-1 sangat vital sekali karena selama ini tiap hari (minimal 2x) harus menusukan jarum ke jarinya. Mohon informasinya bila sudah ada ke bayoe2009@gmail.com, tq

    BalasHapus