Kenali Jerawat Dengan Benar Agar Tidak Salah Menanganinya

 Gambar a. Jerawat di Bagian Wajah

Jerawat merupakan suatu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh karena pori-pori kulit mengalami penyumbatan sehingga dapat menimbulkan kantung nanah yang meradang. Penyumbatan yang terjadi pada pori-pori kulit ini dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya pikiran stres, masa pubertas, pemakaian Pil KB, masa menstruasi, dan masa kehamilan. Sehingga faktor-faktor ini akan menyebabkan adanyan perubahan hormon yang merangsang kelenjar minyak di kulit

Jumlah penderita jerawat cukup banyak. Saya yakin Anda pun juga pernah mengalami penyakit kulit ini. Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat mengatakan bahwa tidak ada satu orang pun di dunia ini yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.


Jerawat dapat muncul dikulit bagian tertentu tubuh kita. Bagian tubuh yang paling sering terserang jerawat biasanya adalah bagian muka, dada, bagian atas lengan dan punggung. Jika muncul jerawat disekitar dada, bagian atas lengan atau punggung mungkin saja tidak terlalu di risaukan selama tidak terjadi radang yang terlalu parah. Namun jika yang terkena jerawat adalah disekitar wajah maka secara psikologis akan membuat kita jadi stres. Karena wajah berjerawat bikin penampilan diri jadi kurang menarik. Wajah yang dulunya halus dan cantik, gara-gara jerawat muncul jadi tampak kusam dan tidak bercahaya. 

Gambar b. Jerawat di Punggung dan Lengan Atas


Bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, sebaiknya anda dapat merawat dan mengontrol gangguan kulit berminyak dengan baik dan benar. Karena jenis kulit inilah yang paling sering terkena jerawat. Produksi minyak berlebih pada kulit, ditambah debu/kotoran dan sel kulit mati yang menempel pada pori-pori kulit dapat memicu munculnya jerawat.

Lalu apakah bagi mereka yang memiliki jenis kulit normal dan kering tidak mudah terkena jerawat? Apapun jenis kulitnya jika tidak dirawat dengan baik juga mudah terkena resiko radang jerawat. Kotoran debu, sel kulit mati pada pori-pori kulit yang tidak dibersihkan secara rutin juga dapat memicu munculnya jerawat.

 Gambar c. Radang Jerawat Parah

Yang terpenting dalam menangani gangguan jerawat sebelum mengobatinya adalah mencegah dan mengurangi resiko radang jerawat dengan cara merawat kulit dengan baik agar tidak semakin parah. Berikut adalah contoh merawat kulit dengan baik dan benar: 
  • Mandi dua kali dalam sehari
  • Cuci muka dengan bersih, bisa menggunakan facial foam saat mandi dan saat sebelum tidur untuk mengangkat sel kulit mati
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin untuk menutrisi kulit
  • Gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda
  • Maskeran seminggu sekali biar pori-pori kulit tetap rapat dan kencang
  • Minum suplemen untuk kulit sehat
Saat kulit anda terkena jerawat sebaiknya jangan terlalu cemas, karena rasa kuatir yang berlebih justru akan memperparah kondisi atau akan memicu munculnya jerawat baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar