Makna Bunga Mawar dalam Lirik Lagu


Gambar 1a. Bunga Mawar Biru

Bunga Mawar sering dipakai dalam sebuah lirik lagu untuk menggambarkan hal-hal yang manis, indah, cantik, cinta dan romantis. Benarkah demikian? Untuk membuktikannya, cobalah kita tenggok beberapa judul lagu yang menggunakan kata mawar sebagai bagian dari baris liriknya. 

 Gambar 2a. Bunga Mawar Merah

  1. Judul lagu 'Bunga Mawar' yang di populerkan oleh Novia Kolopaking, Berikut lirik lagunya: [ Di tamanku tumbuh bunga mawar, kini sedang menyembul kuncupnya, kunantikan dengan sabar hati, bilakah kuncup mengembang, ingin hati memetik bunganya, kan kusunting sebagai hiasan,bunga mawar harum dan rupawan, hiasan putri khayangan...Reff : Oh..bunga mawar, lekaslah mengembang, kuingin memetik dikau, berapa lama kuharus menunggu, tak sabar rasa hatiku ].
  2. Judul lagu 'Setangkai Bunga Mawar' sebuah karya dari Hendri Rotinsulu. Berikut lirik lagunya : [Harum wangi dan bersinar, Setangkai mawar dijambangan, Dipuja-puja dalam jambangan, Idaman rindu sang kumbang...Tetap teguhnya ditangkai, Melambai ditiup sang bayu, Tak gugur bunga jangan dicapai,Indahnya menjadi ilhamku... Berjiwa suci dan beramal damai, Itulah ajaran yang benar, Aman dan tenang hidup yang permai, Dikeliling setangkai mawar... Tetap teguh hidup kita, Sebati membela negara, Dijunjung tinggi dipuja-puja, Harapan kita di Malaysia ]. 
  3. Judul sebuah langgam keroncong yang sering kita dengar lewat suara merdunya Om Mus Mulyadi 'Setangkai Bunga Mawar' dengan baris lirik : [Setangkai bunga mawar yang merah, Dahulu ku trima, Sebagai tanda mata berdua, Waktu saling menyinta, Setangkai bunga mawar sekarang pun layu, Karena itu hanya impian pada waktu dulu, Reff..Penuh dengan riwayat nan sedih, Menawan dalam hati, Karena kamu tinggalkan pergi, Dan tak kan kembali, Setangkai bunga mawar yang merah, Sepanjang hidupku, Karna tetesan darah musnahlah hatiku ].
  4. Judul lagu pop yang sudah tidak ngetop ditelinga anak muda jaman sekarang, 'Bunga Mawar' yang di populerkan oleh Erna Sari. Inilah liriknya: [ Oh bunga mawar yang aku puja, Wanginya menggetarkan jiwa, Oh bunga mawar bunga yang indah, Jadilah teman dalam cinta* Cuma dia hanya dia, Yang selalu kudamba didialam hidupku ** Oh bunga mawar yang aku puja, Wanginya menggetarkan jiwa, Oh bunga mawar bunga yang indah, Jadilah teman dalam cinta* Tiada bunga yang indah selain mawarku, Tiada bunga harum selain bungaku, Tiada bunga yang mempesona selain mawarku, Tiada bunga yang semerbak selain bungaku, Cuma dia hanya dia, Yang selalu kudamba didialam hikupku, Bung mawar... Bunga mawar...].
  5. Bunga Mawar karya The Mercy's dengan lirik lagu [ Oh bunga mawar…,Kau idaman hati, Yang ku puja-puja, Selalu…, Ingin hatiku, Oh… memetik dikau, Tapi apa daya, Tak sampai..., Reff:  Oh bunga nan rupawan rindu hati siang dan malam,  Hasratku ingin berdua selamanya, Kemana ku mengadu bulan bintang pun tak tahu, Cintaku hanyalan satu kekasihku…].
  6. Ada lagi, salah satu lirik lagu kepunyaan band Indonesia legendaris Koes Plus yang berjudul 'Mawar Bunga'. Ini loh liriknya : [ Ku berikan padanya setangkai mawar bunga,Tanda kasih sayangku untuknya,Namun aku tak tahu apa yang dirasakan, Hanya satu pintaku kasih sayangnya. Mengapa mengapa, Ku jatuh cinta padanya, Oh ya mengapa cinta padanya...., Andaikan diterimanya tanda kasih sayangku, Ku kan menyerahkannya semua milikku,Mengapa mengapa, Ku jatuh cinta padanya,Oh ya mengapa cinta padanya, Oh ya padanya]

Gambar 3a. Bunga Mawar Putih

Masih kurangkah? Saya kira 6 buah judul lagu yang bertema bunga mawar sudah cukup untuk mewakili. Hampir dalam setiap lirik lagu diatas menunjukan bahwa bunga mawar adalah sesuatu yang menarik, indah, dan pantas dipuja-puja.

Kebanyakan wanita menyukai bunga ini, apalagi kalo yang memberikannya adalah sang hubby dengan ratusan rayuan gombalnya. Tentu sang wanita tidak hanya melihat setangkai bunga mawar yang mekar indah, tapi hatinya yang sebelumnya merasa sedih ikut berubah jadi berbunga-bunga.

Bunga ini memang keren, selain indah dipandang juga mampu memberikan sugesti positif yang kuat. Bentuk warna, dan keharumannya membuat suasana hati jadi lebih tenang.

Pada artikel berikutnya, kita akan mengulas makna dan filosofi bunga mawar secara komplit, agar kita memperoleh gambaran yang jelas tentang bunga yang satu ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar