Dampak Buruk Jerawat Bagi Kejiwaan

Orang dapat terkena jerawat karena ia tidak bisa menjaga kebersihan kulit dengan baik. Orang bisa berjerawat karena memiliki pola makan yang sembarangan, yaitu terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak tinggi. Orang mengira sering ganti produk kosmetik juga dapat memicu munculnya jerawat pada kulit. Saya setuju dengan anggapan-anggapan ini.

Asumsi seperti ini ternyata dapat berpengaruh pada pola pikir seseorang tentang dirinya maupun orang lain. Biasanya orang menyalahkan diri sendiri saat ia terkena jerawat karena tidak mampu merawat kulit wajah dengan baik. Sedangkan bagi mereka yang sudah bebas dari jerawat  seringkali memvonis temannya yang terkena jerawat dengan anggapan-anggapan diatas. Hal inilah yang dapat memberikan dampak buruk bagi psikis seseorang.

Apa sih pengaruh jerawat  bagi kejiwaan/psikis seseorang?



 Gambar Ilustrasi Radang Jerawat

Ada seorang teman SMK  saya yang dulunya tergolong anak gaul, setelah ia mengalami gangguan jerawat yang hebat, terjadi perubahan yang sangat drastis dalam gayanya. Cara bicaranya yang menggambarkan ciri anak gaul, berangsur-angsur berubah jadi anak yang sangat tertutup dan pemalu. Penampilan yang dulunya selalu memperhatikan detail rambut, wajah dengan pakain keren jadi berubah total.Wajahnya semakin tidak terurus dan sangat tidak nyaman dipandang. Jerawat yang muncul di sekitar pipi sangat banyak dan besar-besar, hampir memenuhi seluruh bagian pipinya, di bagian dahi juga terkena jerawat yang cukup banyak.

Kisah ini memberikan sedikit pemahaman pada kita, bahwa wajah yang  terkena jerawat dapat mempengaruhi kondisi psikis seseorang. Jika seseorang dengan mental baik, saat terkena jerawat tentu psikisnya tidak akan mengalami gangguan. Namun jika yang terkena jerawat adalah seorang bermental jelek, sudah pasti akan ada gangguan psikis.

Munculnya jerawat pada wajah memang bikin malu dan frustasi. Adanya jerawat pada bagian wajah membuat penampilan jadi tidak menarik lagi. Karena jerawat juga bikin kulit wajah tampak kusam, kotor, dan tidak terawat. Maka mereka yang terkena jerawat seringkali merasa jengkel, lebih sensitif, dan menaruh curiga berlebih pada seseorang yang memandang wajah jerawtnya.

Bagimana cara mengatasi dampak buruk jerawat bagi psikis seseorang?

Kalo mau bebas jerawat ya kita harus dapat menjaga kebersihan kulit, memiliki pola makan yang baik, dan hanya menggunakan produk kosmetik yang coxok dengan jenis kulit masing-masing. Dan jika ingin terbebas dari pengaruh buruk jerawat bagi kesehatan jiwa, ya harus selalu  berfikir positif.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar