Mau Rumah Modern Minimals Murah? Ayo Beli Sekarang

 Gambar 1a. Rumah Minimalis Tipe 45


 Gambar 2a. Rumah Minimalis Tipe 36



Saat bingung cari rumah modern minimalis tipe 36 dengan 2 ruang kamar tidur,  1 kamar mandi dengan ukuran 1,5 meter x 2 meter, plus dapur sederhana dengan harga murah. Saya coba tanya kesana kemari cari informasi rumah murah yang dipasarkan. Setiap ada waktu luang Saya cari info jual beli rumah lewat iklan koran, saran teman, dan browsing di internet.

Tepatnya tanggal dan hari apa saya lupa, tapi yang jelas waku itu adalah siang hari. Ketika sedang berkendara dengan sepeda motor, saya melihat dan sangat tertarik dengan sebuah slogan yang di tempel di sebuah mobil van dengan tulisan ' Kalo beli rumah murah kenapa harus ngontrak!'.


Apa benar sih beli rumah sekarang murah? Setahu saya tambah tahun harga rumah semakin mahal. Beberapa developer yang saya hubungi juga memberikan daftar harga rumah yang gak murah (alias mahal bagi anda yang berpenghasilan kurang dari 3 juta).

Lalu apakah pernyataan pada slogan yang saya baca ngawur? Tentu tidak. Slogan ini ada benarnya bagi anda yang bersedia membeli rumah secara kredit.  Lo kok bisa? Iya ternyata membeli rumah secara kredit lebih murah dibandingkan bayar tunai.

Asumsinya adalah harga properti rumah tidak pernah turun harga. Semakin lama harga rumah semkin mahal. Dalam hal ini nilai jual rumah yang anda beli semakin lama makin melambung tinggi. Berbeda jika anda kredit mobil atau kredit motor, kedepan nilai harga jual motor yang anda jual akan turun.

Jadi jika anda bersedia membeli rumah secara kredit saat ini, meski gaji bersih yang anda peroleh setiap bulannya tidak lebih dari 3juta. Dengan syarat kredit rumah anda tidak macet, 10-15 tahun kemudian rumah kredit sudah menjadi hak milik pribadi. Lalu cek nilai harga jual rumah anda. Luar biasa bukan? Maka tidak heran jika membeli rumah adalah sebuah investasi masa depan.

1 komentar: