Cara Ampuh Agar Kulit Wajah Bebas Jerawat

 
 Gambar 1a. Memecahkan Jerawat 



Adakah cara mudah dan ampuh agar wajah bebas dari jerawat?? Pertanyaan semacam inilah yang selalu terngiang di benak saat aku mengalami wajah berjerawat parah. Waktu itu aku masih remaja, masa pubertas. Berbagai cara dan tips sudah saya coba namun sayangnya hasil yang diperoleh tidak begitu memuaskan. Namun sekarang sudah bebas dari jerawat, kalupun kadang-kadang muncul paling satu dua besuk sudah hilang.

Gambar 2b. Radang Jerawat Parah


Kondisi jenis kulit berminyak ditambah jerawat yang bermunculan di sekitar dahi, pipi, dagu, kadang-kadang di bagian hidung sering membuat saya frustasi. Saat berangkat ke sekolah, wisata kuliner di resto, jalan-jalan ke mall, dan menghadiri acara ulang tahun jerawat bikin bad mood.


Untuk berpenampilan keren, jerawat memang tidak bisa diajak kompromi. Pakain sudah rapi, tubuh bau wangi, rambut juga bergaya tapi wajah berminyak dan jerawatan. Benar-benar menyebalkan!

Jika wanita berjerawat pada bagian wajah mungkin masih bisa ditutupi dengan bedak dan kosmetik. Lah bagi kaum cowok masa juga menggunakan bedak dan kosmetik untuk menutupi jerawat? Kalo cowok jerawatan pakai bedak yang tebal lalu di permak pakai kosmetik bisa dikira waria mo mejeng dong.

Jerawat bukanlah wabah penyakit, namun hampir semua orang yang menginjakan kaki di bumi ini pasti pernah terkena masalah kulit berjerawat. Jerawat memang sering menyerang bagian wajah namun ternyata juga sering menyebar di kulit punggung, lengan atas, dan sekitar dada.

Melihat kondisi bahwa hampir semua orang mengalami gangguan kulit jerawatan ini. Saya tergerak untuk  membagikan tips dalam menangani masalah jerawat.

Berikut cara-cara yang mudah dilakukan dan semoga saja ampuh dalam mengatasi jerawat anda 

 
Gambar 3a. Cuci Muka Agar Bebas Jerawat
  1. Mengatasi jerawat jangan tergesa-gesa. Perlu kesabaran dan ketekunan dalam mengatasinya. Masalah jerwat tidak bisa diselesaikan dalam waktu satu hari. Perlu waktu beberapa hari, minggu, bahkan sampai ada yang tahunan. Tergantung parah tidaknya jerawat yang dialami.
  2. Rajin membersihkan kulit wajah dan tubuh. Cara membersihkannya juga jangan berlebihan. Cukup mandi sehari dua kali dengan sabun sebaikya yang mengandung sulfur. Cuci muka dengan facial foam sehari 3 kali. Saat mandi dan sebelum tidur.
  3. Untuk cewek jangan sering gonta-ganti produk kosmetik. Karena kulit wajah sangat sensitif. Sebaiknya gunakan produk yang sudah cocok dengan kulit anda. Buat kulit wajah jangan untuk coba-coba suatu produk kosmetik yang diiklankan dengan sangat menarik.
  4. Banyak minum air putih dan mengkonsumsi sayur/buah yang banyak mengandung vitamin. Agar kulit wajah selalu dapat nutrisi.
  5. Hati-hati dalam memilih obat untuk  jerawat bagi yang terkena parah. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter spesialis kulit dan kecantikan. Kalo jerawat yang anda alami masih dalam batas normal sebaiknya tidak perlu diobati.
  6. Kurangi atau hindari makanan yang banyak mengandung lemak. Lemak yang berlebihan pada kulit dapat menjadi media yang baik bagi  bakteri acne berkembang biak.
  7. Sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan matahari disiang hari.  Gunakan payung, atau topi besar untuk menghindari sengatan matahari.
 
Gambar 4a. Merawat Kulit Wajah Pakai Produk Kosmetik

Ini dulu ya tips ampuh dalam mengatasi jerawatnya. Kalo masih ada yang kurang tolong di tambahkan lewat komentar, kalo ada yang salah saya mohon maaf dan tolong di benarkan. Kalo ingin tahu penyebab dan jenis jerawat silahkan klik link artikel ini. Akhir kata, semoga tulisan ini dapat bermanfaat.

2 komentar:

  1. kosmetik apa saja yang bisa menyembuhkan jerawat

    BalasHapus
  2. nih ada cara menghilangkan jerawat instan tapi tanpa efek samping
    caranya dengan photoshop
    hehehe.....

    BalasHapus