Perlukah Konsumsi Obat Saat Haid Tidak Lancar?

 Gambar 1a. Wanita Sedang Haid

Bagi wanita, jika siklus haid mereka tidak lancar maka akan menimbulkan rasa cemas. Mereka kuatir apakah ada penyakit yang mereka idap. Mereka merasa tertekan karena siklus haid yang di alami tidak teratur. Bahkan sampai ada yang depresi berat karena takut tidak bisa hamil akibat haid mereka tidak terjadwal dengan baik. 

Mereka mulai bertanya kesana kemari dan selalu membandingkan dengan wanita lain. Bagi wanita yang mengikuti teknologi, mereka akan mencari informasi melalui artikel, forum, dan konsultasi online melalui internet. Tetapi bagi wanita yang buta internet mereka sampai rela merogoh kocek untuk konsultasi ke dokter spesialis. 


Sebenarnya rasa kekuatiran ini justru akan semakin memperparah kondisi siklus haid, bahkan bisa sampai mengalami 'Kram'. Seharusnya wanita tidak perlu memiliki kekuatiran yang berlebih selama ia masih mengalami masa haid. Cemas? Boleh saja tapi tetap tenang.
Wanita, darah menstruasi terlalu banyak bingung. Darah haid terlalu sedikit juga bingung. Terlambat datang bulan cemas, terlalu cepat juga bikin kuatir. Proses pendarahan membutuhkan waktu lama degdegan, prosesnya cepat juga dagdigdug. 

Penanganan masalah haid tidak lancar tidak selalu sama. Bagi wanita A bisa berhasil tapi bagi wanita B gak ada perubahan. Tak lancar haid bisa di atasi dengan mengkonsumsi ramuan tradisional. Atau juga bisa dengan minum obat yang di jual di pasar bebas, seperti apotek, supermarket, minimarket, atau warung. Atau juga bisa minum obat khusus yang di resepkan oleh dokter spesialis. 

Gambar 2a. Wanita Kram Haid

Ada sebuah kasus, seorang perempuan sering mengalami terlambat bulan. Setelah periksa ke dokter dia didiagnosa memiliki penyakit Hiperplasia Endometrium (HE). Oleh dokter diberi obat, akhirnya berhasil. Dia bisa lancar haid, tapi sayangnya setiap obat tidak diminum lagi. Walah, haidnya bermasalah lagi. Kasihan ya? Atau mungkin anda wanita yang mengalami kondisi hampir menyerupai, yaitu harus mengkonsumsi obat pasaran agar lancar haid. 

Perlukah mengkonsumsi obat secara terus menerus agar haid lancar? Pada prinsipnya gak harus minum obat, karena mungkin saja haid tidak teratur ini bukan disebabkan oleh adanya penyakit tapi karena gangguan hormon. Kalau tidak sakit kenapa harus minum obat. Daripada kedepannya mengalami efek samping obat, lebih baik simpan saja uang Anda untuk keperluan yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar